Sponsors Link

Air Mata : Kandungan – Jenis – Fungsi

Sponsors Link

Diantara kalian pasti pernah mengeluarkan air mata apalagi jika hati anda merasa sedih secara tidak segaja air mata menetes terutama kaum hawa yang memiliki sensitifitas perasaan yang cukup tinggi dibanding pria, namun bagi pria juga mungkin pernah mengeluarkan air mata saat bergadang saat bermain game dan perlu anda ketahui bahaya begadang bagi kesehatan mata yang sering anda lakukan.

ads

Air mata yang dihasilkan berasal dari kelenjar air mata yakni lacrimal gland yang terletak di ujung luar atas mata tepatnya di daerah pelipis. Pada setiap mata memiliki kelenjar masing – masing kemudian air mata akan keluar melalui konjungtiva yakni bagian merah yang berada dibalik kelopak mata dan setelah itu air mata akan membasahi bola mata saat mata melakukan kedipan.

Pada kondisi orang yang sedang menangis sebagian air mata akan jatuh dan pula yang masuk ke lubang kecil ke arah menuju hidung yakni punctum lakrimale yang letaknya di ujung atas dan bawah mata dekat sebelah hidung dari lubang itulah air mata jatuh ke hidung melewati lacrima canaliculus. Hal ini yang mengakibatkan saat kita menangis hidung kita akan terasa tersumbat seperti sedang flu atau ingusan sebenarnya air itu bukan ingus tapi lebih tepatnya air mata.

Menurut para psikoterapis menangis adalah aktivitas yang menyehatkan karena dapat mengeluarkan zat negatif dan menggantikan zat tersebut menjadi zat yang lebih positif. Jadi bagi anda yang sedang menangis atau mudah menangis teruskanlah karena menahan air mata saja dengan menahan zat negatif dalam tubuh.

Pastinya anda pernah mengeluarkan air mata padahal anda sedang tidak sedih bahkan saat anda bahagia anda mengeluarkan air mata. Nah apa mungkin air mata tersebut sama dengan air mata saat kita menangis dan pastinya anda menanyakan apa sih kandungan air mata yang sudah kita keluarkan.

  1. Lemak

Pernahkah terlintas di benak anda bahwa air mata memiliki kandungan lemak di dalamnya artinya mengeluarkan air mata sama saja dengan anda mengeluarkan sebagian lemak dalam tubuh. Lapisan terluar air mata yang merupakan lapisan pertama didalamnya terkandung minyak atau lemak yang biasa dikenal dalam dunia medis oily atau lipid layer. Tebal dari lapisan ini sekitar 0,1 mikron yang dihasilkan oleh glandula meibomian, sebase dan glandula keringat yang berada di tepi kelopak mata.

Lapisan lemak ini terdiri dari kolesterol, cholesteryl ester, trigliserida, dan fossolipid. Fungsi utama lapisan ini seperti halnya jika anda menyalakan lilin kemudian menaruhnya dengan sedikit tetesan kecil di bagian dasar maka bagian bawah lilin akan sulit menguap seperti halnya lapisan minyak ini dengan sifatnya yang berupa hidrofobik untuk mencegah penguapan air mata terlalu cepat dan lapisan air mata lebih stabil.

  1. Protein

Air mata yang keluar dari hasil emosi atau saat kita menangis akibat sensitifaitas perasaan mengandung 24 % protein albumin yang tinggi untuk meregulasi sistem metabolisme dalam tubuh. Dari penjelasan sebelumnya menyebutkan bahwa air mata di hasilkan oleh kelenjar air mata yang berada di bagian atas pelupuk mata. Protein yang penting dalam air mata adalah lisozim yang memilki laktoferim, aksi anti bakteri, sekresi anty body imunoglobin A dan tentunya protein yang dapat mengikat lemak

  1. Elektrolit

Air mata memiliki kandungan komposisi elektrolit, kandungan air, dan molekul – molekul kecil berupa karbohidrat, enzim – enzim serta lemak. Selain itu juga air mata memiliki kandungan adrenokortikotropik, leusinenkefalin dan proktalin serta beberapa elektrolit protein pengikat imunoglobulin A dan pengikat lemak. Dari beberapa elektrolit itulah penyebab air mata memiliki rasa asin.

Ternyata air mata memiliki kandungan yang cukup banyak tidak heran jika menangis bukan hanya melegakan tetapi juga menyehatkan.

Berikut ini beberapa jenis air mata:

  1. Air mata refleksi

Pernahkah anda mengeluarkan air mata saat mengupas bawang merah, nah itulah yang disebut air mata refleks. Air mata refleks berguna untuk memproteksi mata dari adanya iritasi, hal ini yang menyebabkan anda mengeluarkan air mata pada saat terkena debu, asap dan juga bawang merah.

  1. Air mata emosi

Air mata ini mengandung ACTH yang memiliki zat pembuat orang memiliki stres yang tinggi sehingga kondisi ini mungkin anda sering mengalaminya pada saat anda sedih atau merasa kesal terhadap seseorang.

  1. Air mata basal

Mungkin sebagian dari anda kurang familiar dengan istilah ini namun sebenarnya anda sering kali mengalaminya. Kondisi air mata basal ini biasanya terjadi saat anda berkedip, air mata basal ini memiliki fungsi untuk melembabkan, menutrisi serta melindungi mata terutama pada bola mata agar mata anda tidak kering.

Sedangkan fungsi air mata itu sendiri, diantaranya:

  1. Membunuh bakteri

Dalam sebuah studi yang di terbitkan dalam jurnal food microbiology menunjukan bahwa air mata memiliki kandungan properti antimikroba yang mampu melindungi tubuh. Selain itu air mata juga mengandung cairan lysozyme yang dapat membunuh bakteri dengan kisaran 95 % dalam kurung waktu 5 – 10 menit dengan cara menghancurkan dinding sel pada bakteri.

  1. Mampu mengeluarkan toksin

Sebuah riset menunjukan bahwa berkeringat, membuang air kecil dan juga air mata mampu mengeluarkan toksin dan endrofin dalam tubuh yang biasa dikenal dengan enkephalin berfungsi untuk meringankan rasa sakit. Selain itu air mata yang keluar akibat emosi atau stress dapat menurunkan hormon stres pada tubuh yang biasa disebut dengan kortisol.

  1. Menjernihkan pengelihatan

Bagi kalian terutama kaum hawa,  anda perlu tau bahwa mengeluarkan air mata dapat memperbaiki pengelihatan karena air mata dapat berfungsi sebagai lubrikan untuk bola mata dan kelopak mata sehingga pengelihatan semakin jernih. Menurut National Eye Institute, air mata yang keluar mampu membasahi permukaan mata dapat berfungsi untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran.

  1. Menghilangkan stress dan meningkatkan mood

Anda pasti setuju dengan pernyataan diatas bahwa air mata dapat menghilangkan stres dan juga menaikan mood. Ini dikarenakan dengan mengeluarkan air mata terutama air mata yang keluar akibat emosi dapat membuat seseorang lebih ringan dan sedikit plong sehingga mood anda untuk menjalankan aktifitas kembali normal. Seperti yang disebutkan diatas air mata mengandung zat negatif sehingga dengan mengeluarkannya anda sedikit lega.

Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi