Sponsors Link

9 Akibat Kurang Tidur Bagi Mata Paling Tidak Nyaman

Sponsors Link

Setiap orang sebenarnya diwajibkan untuk tidur selama kurang lebih 7 sampai 8 jam per hari. Terutama waktu tidur ini untuk malam hari dimana menjadi waktu tidur yang paling baik untuk kesehatan. Tidur sangat penting untuk tubuh karena menjadi waktu untuk mengisi tenaga tubuh dan membuang semua racun dalam organ tubuh.

ads

Sayangnya ada beberapa orang yang mengalami kekurangan tidur. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gaya hidup, tekanan pekerjaan, pekerjaan dengan tipe shift, kebiasaan begadang dan penyakit gangguan tidur seperti insomnia. Masalah yang sangat serius ternyata bisa terjadi pada mata akibat kurangnya waktu tidur. Mungkin masalah ini sering diabaikan dan banyak orang tidak terlalu perduli. Karena itu kami berikan beberapa akibat kurang tidur bagi mata paling tidak nyaman.

1. Mata Lelah

Salah satu kondisi yang sering terjadi karena kurang tidur adalah mata yang terasa sangat lelah. Tentu saja sistem syaraf mata memang akan bekerja terus menerus sepanjang hari ketika tidak tidur. Inilah yang menyebabkan syaraf menjadi sangat tegang dan mata menjadi lelah. Gejala yang bisa diamati seperti pandangan mata kabur, mata berair, mata sakit untuk melibat objek benda dengan berbagai jarak dan sakit di sekitar bola mata. Terkadang juga disertai dengan sakit kepala yang berpusat antara pelipis.

Karena itu ada beberapa cara mengatasi mata lelah karena kurang tidur dengan beberapa hal seperti masker wajah dengan masker biasa atau air mawar, melakukan totok wajah, pijat wajah, dan kompres mata dengan mentimun sambil menutup mata. Rasa dingin dengan beberapa langkah ini akan mengurangi ketegangan pada syaraf mata.

2. Mata Kering

Kurang tidur ternyata juga bisa menyebabkan mata kering dan tidak nyaman. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat tidak nyaman. Ketika mata menjadi lelah maka produksi air mata dari kelenjar air mata akan berkurang banyak. Akibatnya mata menjadi sangat kering dan merah. Beberapa orang juga mengalami gejala tambahan seperti mata gatal dan pandangan kabur.

Nah ada beberapa cara mengatasi mata kering dan perih seperti dengan menggunakan obat tetes mata khusus untuk mata kering, memejamkan mata sambil mengompres dengan mentimun, mengedipkan mata berulang kali, dan jika masih belum sembuh maka segera pergi ke dokter.

3. Mulai Terbentuk Kantung Mata

Kurang tidur selain menjadi penyebab mata cepat lelah juga akan menyebabkan mata menjadi kurang segar dan kurang cantik. Tanda yang sering dijumpai adalah mata mulai membentuk kantung mata. Kantung mata akan terlihat mulai dari bagian kelopak mata dekat bulu mata lalu menyebar ke bawah. Jika dilihat dari jauh maka bagian mata akan terlihat tebal dan sipit karena tekanan kantung mata. Terkadang jika sudah cukup buruk maka kantung mata menjadi hitam. Beberapa orang menyebutnya dengan mata panda.

Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan memulihkah waktu tidur secara rutin, minum cukup air, konsumsi buah dan sayuran yang kaya dengan vitamin C, kompres mata dengan sendok dingin dan kantung teh celup.

4. Kurang Fokus

Kurang tidur menyebabkan konsentrasi otak akan menurun dan sulit untuk bekerja secara fokus. Kondisi ini ternyata juga bisa menjalar sampai mata. Orang yang kurang tidur biasanya merasa tidak bisa melihat benda secara jelas. Saat kurang tidur maka biasanya pandangan mata cenderung melayang. Inilah yang menyebabkan kecelakaan pada pengendara mobil atau motor yang kurang tidur.

Karena itu saat kurang tidur memang disarankan untuk istirahat sementara waktu. Pengendara harus tidur walau hanya 60 menit. Cara ini dianggap yang paling efektif untuk mengembalikan fokus mata.

5. Mata Merah

Ada beberapa penyebab iritasi mata merah yang tidak berhubungan dengan penyakit mata atau penyakit organ tertentu. Beberapa diantaranya adalah mata merah yang tidak nyaman. Mata merah sering disertai dengan sakit kepala, mata perih, berair dan terus mengeluarkan kotoran. Dalam beberapa kondisi mata merah juga sangat berbahaya. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencoba untuk tidur sebentar.

6. Efek Radiasi untuk Mata

Penyebab kurang tidur yang paling sering terjadi adalah kebiasaan yang menggundakan ponsel berlebihan setiap hari. Ternyata kebiasaan ini memang tidak baik karena bisa menyebabkan  efek radiasi hp terhadap mata. Gejala yang paling sering terjadi seperti mata berat, mata tidak nyaman, mata mengeluarkan serabut kotoran. Jika sudah muncul gejala ini maka sebaiknya segera berhenti dari menggunakan ponsel dan cobalah untuk keluar dari rumah. Memandang jarak yang jauh akan membantu mata menjadi tajam kembali.

7. Sakit Kepala Dekat Mata

Orang yang kurang tidur maka biasanya juga merasakan sakit pada bagian mata. Rasa sakit pada mata ini berkembang mulai dari kelopak atas mata, dahi dan masuk ke dalam kepala dekat pelipis. Inilah yang terkadang menyebabkan mata menjadi sangat pedih, sangat mengantuk, dan selalu ingin memejamkan mata.

Jika terjadi kondisi ini maka tidak perlu panik. Anda cukup membuat mata istirahat. Jika Anda tidak bisa tidur maka cobalah untuk banyak berlari atau mencoba membuat tubuh bergerak.  Setelah itu biasanya Anda ingin tidur nyaman.

8. Mata Mengganjal

Efek lain dari kurang tidur adalah mata terasa seperti mengganjal. Kondisi ini yang menyebabkan tidak nyaman. Selain itu kantung mata yang sulit untuk menutup sempurna ke mata juga membuat mata mengganjal. Orang lebih sering mengabaikan kondisi ini padahal sangat berbahaya. Segera pejamkan mata dan cobalah melihat kondiri sekitar.  

9. Mata Mengeluarkan Kotoran Terus

Kurang tidur bisa menyebabkan kondisi yang berbeda, salah satunya adalah kantung mata yang terasa sangat kotor. Cairan akan keluar terus dan menumpuk pada ujung mata. Kondisi ini cukup berbahaya untuk penderita glacaoma. Untuk itu segera lap mata dan sekitar mata Anda.

Begitulah akibat kurang tidur bagi mata paling tidak nyaman. Karena dampak yang tidak baik untuk kesehatan maka sebaiknya segera dapatkan istirahat yang tepat.

, ,



Oleh :