Sponsors Link

3 Akibat Memakai Kacamata Minus Pada Mata Normal

Sponsors Link

Kacamata minus adalah salah satu kacamata dengan lensa yang dibuat khusus untuk mereka yang memiliki gangguan rabun jauh pada matanya. Rabun jauh adalah jenis-jenis penyakit mata atau kelainan yang terjadi pada mata yang mengakibatkan penderita tidak bisa melihat benda dalam jarak jauh dengan normal.

ads

Penyebab mata minus bisa saja disebabkan karena terkena radiasi yang sangat berlebihan pada mata, misalnya terkena radiasi saat menonton tv, atau pun saat sedang bermain komputer. Itulah mengapa mereka yang sering berdiam diri di depan laptop rata-rata menggunakan kacamata dan memiliki gangguan pada penglihatannya. Ciri-ciri mata minus pada anak  bisa juga terjadi sejak masih sangat kecil karena mereka terlalu sering menonton tv.

Bagi para penderita mata minus, penggunaan kacamata adalah salah satu alat yang sangat membantu untuk bisa memperjelas penglihatan. Karena dengan kacamata penglihatan bisa terlihat normal kembali, dan objek yang berjarak jauh bisa terlihat dekat.

Selain itu kondisi juga bisa sangat membaik. Namun jika memakai kacamata secara terus menerus bahkan ketergantungan ini bisa saja menjadi salah satu penyebab tingkatan mata minus minus pada mata semakin bertambah, apalagi saat sering melakukan kegiatan dalam jarak yang sangat dekat seperti pekerjaan yang menggunakan laptop.

Beberapa cara yang bisa mengurangi atau setidaknya mencegah terjadinya penambahan minus pada mata, adalah seperti:

  • Melepaskan kacamata pada kondisi mata tertentu

Saat menggunakan kacamata biasanya beberapa orang akan mengalami kondisi mata yang panas dan juga berair. Jika Anda juga mengalami kondisi ini sebaiknya segera melepaskan kacamata agar tidak menambah minus pada mata.

  • Coba untuk mengedipkan mata

Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk mengedipkan mata dengan normal, namun jangan terlalu lambat dan juga jangan terlalu cepat.

  • Istirahatkan mata

Jika Anda memiliki aktivitas yang selalu berhubungan dengan penggunaan alat elektronik, sebaiknya istirahatakan mata untuk beberapa saat. Anda juga bisa coba memberikan pijatan yang ringan agar otot mata menjadi rileks.

Lalu apa akibat memakai kacamata minus pada mata normal?

Jika ternyata Anda memiliki mata normal, namun terbiasa meminjam kacamata dan menggunakan kacamata dengan lensa minus. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Karena bisa saja Anda juga malah ikut terkena memiliki mata minus. Selain itu, Anda juga bisa saja merasakan beberapa hal berikut ini saat terlalu sering menggunakan kacamata minus:

  • Kepala terasa pusing

Ketika Anda terlalu terbiasa meminjam kacamata milik teman yang mempunyai mata minus. Itu bisa saja menyebabkan kepala Anda menjadi pusing. Ini karena pengaruh dari lensa kacamata yang harus menyesuaikan dengan mata Anda namun tidak sesuai.

Sponsors Link

  • Mata yang menjadi berat

Segeralah berhenti untuk menggunakan kacamata minus sembarangan, sebab selain bisa membuat Anda terasa pusing, mata juga akan terasa sangat berat. Seperti mengantuk namun tidak mengantuk. Lambat laun mata Anda juga bisa saja jadi terlihat sayu.

  • Penglihatan buram dan mata menjadi lelah

Terlalu sering menggunakan kacamata minus pada mata normal tentu saja akan memberikan efek samping pada penglihatan yang semakin buram, itu tandanya lensa sangat tidak cocok dengan mata Anda. Karena buram tersebut, Anda akan coba dengan sekuat tenaga untuk melihat objek dengan benar, namun hal tersebut malah semakin membuat mata Anda menjadi lelah.

Itulah 3 akibat memakai kacamata minus pada normal. Sudah sangat jelas, akibat memakai kacamata tidak sesuai tersebut akan sangat buruk dampaknya pada penglihatan. Sehingga akan sangat baik jika Anda tidak menggunakan mata sembarangan, kalaupun ingin menggunakan kacamata, Anda bisa coba menggunakan kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari radiasi barang elektronik yang sering digunakan. Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata seperti wortel, jeruk, buah bit dan yang lainnya bisa membuat kesehatan mata Anda meningkat.

, ,