Sponsors Link

Ametropia : Penyebab – Gejala – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

Kesehatan adalah satu hal yang sangat penting dan kesehatan adalah sebuah hal yang sangat mahal. Cara hidup sehat adalah salah satu pencegah utama untuk mendapatkan kesehatan di seluruh organ tubuh dan bagian mata adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran sangat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Mata adalah indera penglihatan yang sangat penting karena dengan mata manusia dapat membaca dan melihat dengan jelas hal-hal yang ada disekitar.

ads

Kondisi kesehatan seseorang ternyata tergantung juga dengan pola hidup yang dilakukan, semakin baik pola hidup yang dilakukan maka kondisi kesehatannya pun akan baik dan sebaliknya bila pola hidup yang dilakukan kurang baik maka kesehatan pun akan sangat terancam. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan beberapa hal simpel seperti makan teratur secara tiga kali sekali, selalu minum air putih, konsumsi makanan bergizi, kurangi makanan yang banyak mengandung gula dan selalu olahraga secara rutin minimal lari pagi.

Kebiasaanpun bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kerusakan pada mata dan kebiasaan yang biasanya dilakukan adalah menatap komputer dalam waktu yang lama, hal ini sangatlah berbahaya karena sinar pantulan yang disebabkan oleh komputer dapat merusak kondisi mata dan dapat merusak keadaan kornea mata. Setiap menatap komputer secara lama maka seringlah meminum air putih agar fokus mata terhadap komputer sedikit berkurang dan akan membuat mata menjadi lebih sehat.

Merokok juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata karena dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula dan kerusakan pada saraf optik yang dapat menyebabkan akan terjadi kebutaan dan akan merusak retina mata. Tak hanya itu merokok juga bisa menjadi pemicu penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung.

Banyak sekali orang yang tidak bersyukur akan kesehatan padahal kesehatan adalah hal paling penting dalam hidup, karena apabila salah satu organ tubuh tidak berfungsi sebagai mana mestinya akan menyebabkan ketidaknyamanan yang terjadi. Apalagi bila mata mengalami gangguan tentunya sangatlah merepotkan dan sangat membuat ketidaknyamanan yang begitu besar. Salah satu kerusakan pada mata yang sangat mengganggu adalah Ametropia.

Ametropia adalah sebuah keadaan dimana pembiasan yang terjadi di mata tidak seimbang karena perbedaan pada panjang bola mata yang menyebabkan ketidakseimbangan. Ametropia terjadi karena perbedaan pada bagian bentuk bola mata. Ada dua bentuk dari Ametropia yaitu Ametropia aksial dan Ametropia refraktif. Ametropia aksial terjadi akibat adanya perbedaan pada sumbu optic yang bisa lebih panjang ataupun lebih pendek dan menjadikan fokus bayangan benda terletak di belakang dan di depan retina mata. Sedangkan Ametropia refraktif terjadi akibat kelainan pada sistem pembiasan sinar pada mata, apabila daya biasnya kuat maka bayangan suatu benda akan terlihat di depan retina sedangkan apabila bayangan suatu benda kurang kuat maka bayangan suatu benda akan terlihat di belakang retina.

Ametropia adalah kelainan pada mata yang terbagi menjadi Miopia, Hypermetropia dan Astigmatisma:

1. Miopia

Jenis penyakit mata Miopia adalah sebuah kelainan yang sering disebut rabun jauh dan kondisi ini terjadi akibat adanya suatu keadaan dari mata yang tidak bisa untuk melihat suatu objek dengan jelas apabila objeknya berada jauh sedangkan bila objek dekat maka objekpun akan terlihat jelas. Kondisi rabun jauh lama kelamaan akan semakin memburuk dan kondisi memburuknya bisa secara perlahan atau secara cepat.

2. Hypermetropia

Hypermetropia adalah sebuah kelainan yang sering disebut rabun dekat dan kondisi ini terjadi akibat adanya suatu keadaan dari mata yang tidak bisa untuk melihat suatu objek dengan jelas apabila objeknya berada dekat sedangkan bila objek jauh maka objekpun akan terlihat jelas. Seseorang yang mederita rabun dekat harus menjauhkan tulisan dengan pandangan saat akan membaca. Orang yang mengalami rabun dekat biasanya tidak akan bisa mengerjakan sesuatu yang memiliki tingkat ketelitian yang tinggi.

3. Astigmatisma

Astigmatisma merupakan suatu keadaan dimana mata mengalami gejala penyimpangan yang disebabkan karena adanya kecacatan lensa yang tidak mampu memberikan sebuah gambaran mengenai sebuah bayangan yang timbul secara vertikal maupun horizontal secara bersama-sama. Astigmatisma yaitu suatu keadaan cacat optik yang menyebabkan penglihatan kabur dan matapun tidak memiliki titik fokus yang baik. Cara mengatasi astigmatisma biasanya dengan menggunakan kacamata.

Sponsors Link

Penyebab Ametropia

Ametropia terjadi akibat adanya perbedaan pada bagian bentuk bola mata yang bisa berupa sebuah lengkungan kornea dan sebuah lensa yang  bentuknya tidak normal. Kelainan yang terjadi pada refraksi adalah penyebab utama adanya serangan Ametropia dan Kelainan refraksi pada mata juga menjadi salah satu penyebab kebutaan yang sering terjadi di seluruh dunia.

Kelainan refraksi yang diakibatkan karena adanya cacat pada kelengkungan organ mata yaitu antara kornea dan lensa mata dan hal inilah yang menyebabkan sebuah perubahan pada indeks dari bias mata. Hal lain yang dapat menyebabkan Ametropia adalah faktor gen atau keturunan dan faktor ini sangat sulit untuk dihindari.

Gejala Ametropia

Saat seseorang mengalami Ametropia maka gejala yang terjadi seperti tidak dapat melihat benda dari jauh atau rabun jauh, tidak dapat melihat benda dari dekat atau rabun dekat dan tidak dapat melihat benda dengan jelas baik jauh ataupun dekat. Apabila anda mengalami gajala-gejala seperti yang tadi disebutkan maka segeralah untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan mata anda ke dokter ahli agar segera ada tindakan medis.

Tidak hanya itu kelainan refraksi juga sering terjadi dan diawali dengan gejala sakit kepala utamanya pada bagian dahi. Orang yang mengalami kelainan refraksi juga cenderung memiliki mata yang selalu berair, seing ngantuk, mata akan terasa pedas atau panas, pegal pada bagian bola mata dan penglihatannyapun sering kabur.  Anda tidak perlu khawatir, Ametropia juga bukan merupakan penyakit mata yang menular

Pengobatan Ametropia

Saat gejala-gejala Ametropia sudah mulai terasa dan tentunya sangat mengganggu kenyamanan segeralah untuk pergi ke dokter memeriksakan kondisi mata yang tentunya harus pada dokter yang ahli atau spesialis mata, meskipun begitu dengan menggunakan kacamata tidak akan membuat Ametropia sembuh karena kacamata hanya berperan sebagai alat bantu saja untuk dapat melihat dengan jelas. Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, dan C akan sangat membantu pada kesehatan mata.

Sponsors Link

Ada juga cara yang biasanya dilakukan oleh tim dokter sebagai langkah pengobatan yaitu melakukan operasi lasik dan operasi ini memiliki tingkat keberhasilan 90% dan tingkat kegagalannya hanya 10% walaupun begitu tak jarang yang gagal operasi dan menyebabkan kebutaan. Ada juga cara lain yang sering dilakukan tim dokter diantaranya adalah dengan melakukan penanaman lensa buatan yang diletakan di depan lensa mata, dilakukan pengangkatan lensa, melakukan radilak keratomi dan melakukan terapi yang hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli saja.

Pencegahan Ametropia

Untuk melakukan pencegahan terhadap Ametropia haruslah dilakukan secara disiplin dan apabila sudah mulai terasa gejala-gejala kecil segeralah memeriksakan kesehatan mata ke dokter dan hal ini dapat secepat mungkin mencegah terjadinya kelainan pada mata. Langkah pencegahan tentunya akan lebih baik dari pada mengobati dan janganlah membiarkan kondisi mata tetap dalam kondisi tidak sehat. Tanyakan pada dokter apa saja hal-hal yang dapat mencegah memburuknya kondisi mata dan selalu periksa mata secara rutin agar kondisi matapun terjamin.

Janganlah mengabaikan segala keluhan yang terjadi pada mata karena kalo sudah terjadi sebuah kelainan akan menyebabkan kerusakan pada mata. Keluhan pada mata biasanya tidak terjadi pada usia tertentu melainkan akan menyerang dan mengancam siapapun dan kapanpun. Jadi kesehatan mata haruslah terus dijaga agar kondisi mata tetap prima sampai pada usia senja.

Mata umumnya rusak pada usia-usia yang sudah melewati dewasa atau usia tua, namun hal ini kini tak berlaku karena ancaman gangguan pada mata sudah banyak menyerang anak-anak dan remaja, hal ini disebabkan karena penggunaan hp yang terus menerus dan dilakukan tiap hari maka tak heran kini banyak anak-anak dan remaja yang sudah mengeluhkan sakit mata. Padahal seringkali apa yang dilakukan bukanlah kegiatan positif tapi hanya kegiatan yang sifatnya hiburan seperti main games.

Itulah ulasan lengkap mengenai Ametropia yang berhubungan dengan gejala, penyebab, pengobatan dan cara pencegahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik untuk mencari informasi yang berkaitan dengan sesuatu yang terjadi pada mata.  Untuk menunjang kesehatan mata, jangan lupa mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan agar mata Anda bisa sehat setiap saa 

, , , ,