Sponsors Link

Apakah Katarak Bawaan Lahir Bisa Disembuhkan?

Sponsors Link

Tidak hanya muncul ketika seseorang telah memasuki usia dewasa dan lanjut, masalah pada mata bisa pula muncul sejak manusia lahir. Ada banyak jenis masalah mata bawaan. Hal ini tidak terlepas dari adanya gangguan pada proses perkembangan janin semasa dalam kandungan. Banyaknya jenis masalah mata bawaan tegak lurus dengan banyaknya penyebab gangguan yang mungkin terjadi. Dengan kata lain, Ibu memiliki pengaruh yang besar terhadap masalah tersebut.

ads

Salah satu masalah mata bawaan yang bisa diderita oleh bayi adalah katarak, selain mata bayi kuning dan belekan. Tidak seperti yang diketahui umum bahwa katarak adalah masalah mata yang kerap diderita oleh orang dewasa dan manula, katarak nyatanya bisa diderita oleh seorang bayi sebagai penyakit bawaan. Katarak bawaan lahir dikenal dengan istilah medis bernama katarak kongenital. Meski tidak begitu berpengaruh pada penglihatan bayi, namun jika dibiarkan katarak ini bisa menyebabkan kebutaan. Lantas, apakah katarak bawaan lahir bisa disembuhkan?

Karena seorang bayi tidak mampu mengutarakan segala permasalahan yang barangkali terjadi di dalam tubuhnya, maka orang tua memiliki peran yang besar dalam mengidentifikasi munculnya katarak mata pada bayi mereka. Katarak bisa muncul sejak lahir maupun ketika bayi menginjak usia beberapa bulan.

Ada banyak penyebab katarak pada bayi atau mengapa seorang bayi bisa menderita katarak kongenital, namun umumnya karena gangguan perkembangan selama janin. Gangguan-gangguan tersebut bisa berupa infeksi rubella pada 3 bulan kehamilan, atau terpapar toxoplasma dan cytomegalovirus. Di sisi lain, katarak kengenital yang menyerang bayi bisa pula disebabkan karena trauma yang dialami ibu, diabetes, masalah metabolisme, reaksi obat, serta faktor keturunan.

Agar bayi Anda terbebas dari kemungkinan menderita katarak bawaan atau katarak kongenital tentu saja Anda harus sepenuhnya memperhatikan kondisi kesehatan janin Anda. Namun jika Anda sudah melewati masa persalinan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah bayi Anda menderita katarak bawaan lahir atau tidak dengan cara yang sederhana.

Bayi dengan kondisi mata normal akan memberikan reaksi pada apapun yang terdapat di hadapan mereka. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan rangsangan indera penglihatan dengan menyodorinya mainan berwarna-warni untuk menemukan ciri-ciri mata katarak pada bayi. Anda bisa menggerakkan mainan tersebut ke berbagai arah lantas perhatikan respons dari bayi Anda. Jika Anda tidak mendapatkan respons apa pun, ada baiknya Anda segera memeriksakan kesehatan mata Anda pada dokter.

Pemeriksaan dokter terhadap kesehatan mata bayi Anda akan dilakukan secara intensif. Dari pemeriksaan itu, Anda akan mendapatkan gambaran kesehatan mata bayi Anda dan mengetahui kemungkinan apakah katarak bawaan lahir bisa disembuhkan atau tidak. Ada beberapa jenis katarak bawaan lahir atau kongenital yang mungkin diderita oleh bayi Anda yakni sebagai berikut.

  • Katarak nuklear adalah katarak yang lebih umum muncul. Letak katarak nuklear berada di bagian tengah lensa mata.
  • Berbeda dengan katarak nuklear, katarak posterir memiliki masalah di bagian belakang lensa mata. Perlu pengobatan yang intensif untuk mengatasinya.
  • Adapun jenis carulean cataracis adalah jenis katarak yang menyerang dua bola mata bayi. Jenis katarak ini umumnya disebabkan oleh faktor keturunan.
  • Seperti halnya carulean cataracis yang disebabkan oleh faktor keturunan, begitu juga dengan katarak polar anterior. Katarak polar anterior kerap proses penyembuhannya tidak perlu melewati tindakan operasi. Ada pun katarak muncul di bagian depan lensa mata.

Jika bayi Anda terkena katarak bawaan atau katarak konginetal, maka Anda tidak perlu begitu risau. Katarak jenis ini bisa disembuhkan secara medis sehingga tidak akan memengaruhi kesehatan mata bayi Anda atau memicu kebutaan. Namun, Anda disarankan untuk mengatasi katarak bawaan lahir tersebut sejak bayi berusia 6 minggu sampai 3 bulan.

Salah satu jenis pengobatan medis untuk menjawab pertanyaan apakah katarak bawaan lahir bisa disembuhkan adalah tindakan operasi. Tindakan operasi dilakukan dengan melakukan pengangkatan lensa bayi yang menderita katarak. Lantas, mata yang kehilangan lensanya tersebut akan dipasang  lensa buatan. Ada banyak pro dan kontra mengenai tindakan operasi mata pada bayi, termasuk pada keefektifan dan risikonya. Meski demikian, ada beberapa jenis katarak bawaan lahir yang bisa disembuhkan tanpa operasi yakni katarak yang menyerang tepian lensa mata bayi.

Mengingat begitu pentingnya peran mata bagi manusia, sudah sepatutnya Anda menjaga kesehatan mata Anda. Ada berbagai jenis masalah mata yang bisa Anda derita yang memunculkan berbegai pertanyaan seperti apakah mata silinder bisa sembuh atau tidak serta cara mengobati mata silinder tanpa operasi. Namun, hal terbaik yang sepatutnya Anda lakukan adalah melakukan pencegahan dan perawatan. Niscaya, kemungkinan terkena permasalahan mata yang buruk bisa dihindari. Kendati demikian, jangan lupa untuk rajin mengonsumsi makanan yang dapat mendorong kesehatan mata Anda.

, , , ,



Oleh :