Sponsors Link

6 Bahaya Eyelash Extension yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Memimpikan bulu mata lentik, tebal, dan mempesona adalah impian setiap perempuan. Beruntung jika Anda sudah memilikinya secara alami, bagaimana jika tidak? Tentu akan berbeda ceritanya.

ads

Dengan maskara, bulu mata yang awalnya tipis, kurang lentik, dan lesu berubah menjadi lebih menarik. Ditambah lagi dengan bulu mata palsu, bulu mata menjadi lebih cetar membahana bukan? Namun, Anda butuh waktu dan kesabaran ekstra dalam pemakaiannya. Karena itu, kehadiran eyelash extension sangat membantu para perempuan untuk menunjang penampilannya. Eyelash extension yang bisa dibilang cukup menguras dana para perempuan pun, tetap dilakoni demi penampilan tahan lama sepanjang hari.

Belakangan ini, eyelash extension pun tenar sampai menjadi solusi alternatif bagi perempuan yang ingin bulu matanya lebih menarik. Meski demikian, bagaimana dengan bahaya eyelash extension? Berikut ulasannya.

1. Bulu Mata Tipis

Secara garis besar, bulu mata tipis disebabkan banyak faktor. Misalnya, bulu mata tipis yang merupakan bawaan alami dari seseorang. Dalam arti, pengaruh genetiklah yang menentukan bulu mata tipis, tebal, lentik, atau kombinasi.

Tidak hanya itu, bulu mata tipis bisa disebabkan karena kekurangan kadar asam amino lisin dalam tubuh. Senyawa kimia ini berperan terhadap pertumbuhan rambut, khususnya bulu mata alami. Agar bulu mata alami mendapat nutrisi yang baik, maka diperlukan konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata seperti daging, kacang, telur, biji-bijian, ikan kod, unggas, dan tahu jepang.

Selain itu, dengan menggosok mata secara berlebih, tidak membersihkan makeup bagian mata, dan eyelash extension tidak cocok menjadi potensi membuat bulu mata tipis. Ini justru akan melemahkan sistem perlindungan mata terhadap debu, kotoran, dan angin.

2. Bulu Mata Rontok

Bahaya eyelash extension yang paling sering dirasakan perempuan adalah bulu mata rontok. Karena, penggunaan eyelash extension terlalu lama menyebabkan ketegangan pada bulu mata alami. Eyelash extension itu sendiri terbuat dari bulu mata sintetis dan lebih berat dibanding bulu mata alami. Sehingga, bulu mata alami mengalami tekanan dan akhirnya rontok.

Ada pula bahaya eyelash extension bagi yang memiliki akar bulu mata alami yang tidak begitu kuat. Jika diberi eyelash extension, maka akan terjadi kerontokan permanen. Dalam istilah medis, kondisi ini dinamakan traction alopecia. Dikutip dari HelloSehat, bulu mata mungkin terlihat lebih tebal, namun bulu mata alami justru menipis.

3. Iritasi dan Alergi

Jika Anda memiliki kulit sensitif, tentu ini akan bermasalah ketika memasang eyelash extension yang bisa menjadi penyebab iritasi mata merah. Perekat bulu mata yang biasa digunakan eyelash extension mampu menimbulkan ruam pada mata, mata merah, bahkan timbul gelembung seperti terisi air pada kulit wajah. Sejumlah penelitian melaporkan, bahwa ada perekat pada eyelash extension mengandung senyawa kimia formaldehida. Senyawa tersebut dapat menyebabkan bahaya seperti kanker. Kombinasi ini pula justru meningkatkan potensi alergi terhadap perekat eyelash extension.

4. Mata Luka

Selain iritasi dan alergi, efek samping extension bulu mata yang mengintai adalah mata luka. Mata luka merupakan efek dari iritasi dan alergi. Dapat dikatakan, penggunaan perekat yang langsung ke bulu mata alami Anda berpotensi menimbulkan infeksi, luka, bahkan terpapar keberadaan bakteri atau virus. Mata terluka akan terjadi jika bulu mata palsu tidak sengaja masuk ke dalam mata. Mata akan memerah, bahkan mengalami peradangan atau konjungtivitis.

Sponsors Link

5. Terinfeksi Demodex

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, eyelash extension dapat menyebabkan mata luka dan memungkinkan bakteri dan virus mengiritasi mata. Dalam bulu mata asli, sebenarnya ada makhluk kecil sejenis tungau yang dapat menyebabkan gatal di mata. Tungau tersebut disebut demodex. Selain debu atau angin, tungau ini bisa hilang jika Anda menjaga kebersihan mata. Demodex akan memakan bahan-bahan sintetis yang ada pada eyelash extension. Demodex akan menyebabkan infeksi parah jika populasi mereka berlebihan dan peralatan eyelash extension tidak higienis.

6. Mata Kering

Pada akhirnya, eyelash extension berujung pada sindrom mata kering yang berbahaya bagi mata. Secara umum, eyelash extension bersifat temporer dan terkadang belum tentu cocok bagi perempuan yang mencobanya. Reaksi bagi mata yang tidak cocok dengan eyelash extension berupa mata kering, pembengkakan, alergi, bahkan infeksi. Ditambah lagi dengan penggunaan maskara untuk menyempurnakan hasil eyelash extension. Maka, bulu mata alami cenderung tidak mempunyai perlindungan terhadap debu, angin, atau cahaya matahari. Sehingga, mata mudah kering dan gatal.

Eyelash extension nyatanya memang memberikan efek sempurna terhadap penampilan, bahkan mungkin akan menunjang karir dan popularitas Anda. Namun, itulah beberapa bahaya eyelash extension terhadap kesehatan Anda. Mari peduli terhadap kesehatan! Karena mata adalah jendela untuk melihat dunia, sedangkan bulu mata justru menjadi peneduhnya.

, , ,



Oleh :
Kategori : Gaya Hidup