Sponsors Link

5 Bahaya Mata Silinder Yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Kesehatan mata merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang karena memang mata merupakan organ penting dalam tubuh. Mata bertindak sebagai salah satu indera tubuh yang bertanggung jawab dalam fungsi penglihatan. Peran penting penglihatan tersebut sangat beguna bagi setiap aktivitas yang dijalani oleh manusia. Menjaga kesehatan bagian bagian mata dan fungsinya dapat dilakukan dengan berbagai macam usaha seperti menghindari kontak fisik atau trauma pada mata, memenuhi nutrisi untuk mata, menjaga kebersihan mata, dan lain sebagainya.

ads

Berbagai macam usaha yang dicontohkan diatas tersebut dilakukan untuk menghindari beberapa jenis jenis penyakit mata yang dapat mempengaruhi kesehatan maupun fungsinya secara langsung. Selain penyakit, permasalahan lain yang dapat muncul pada mata adalah kondisi kondisi kelainan yang muncul baik karena faktor genetik maupun faktor lainya. Salah satu kondisi kelainan yang dapat muncul pada sebagaian orang adalah keadaan mata yang disebut sebagai mata silinder.

Mata silinder atau yang biasa disebut dalam istilah medis sebagai penyakit mata astigmatisma merupakan keadaan permasalahan mata yang terjadi karena kornea atau bagian lensa mata di dalam bola mata tidak melengkung dengan sempurna. Kondisi mata yang silinder tersebut tentu akan menimbulkan kelainan dalam fungsi dan kerja mata. Selain kelainan pada mata, kondisi mata silinder dapat juga menyebabkan beberapa bahaya lainnya. Berikut ini beberapa bahaya mata silinder yang perlu diketahui dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Menimbulkan gangguan penglihatan

Kondisi mata silinder sebenarnya tidak akan membahayakan kesehatan penderitanya secara langsung namun tetap saja dapat memberikan beberapa dapat yang tentu perlu diperhatikan dengan baik. Salah satu dampak yang dapat terjadi akibat adanya kondisi mata silinder sebagai salah satu bahaya mata silinder yang paling pasti akan dirasakan adalah kedaaan dimana akan muncul penglihatan yang kabur. Kondisi penglihatan ganda dan kabur tersebut tentu akan menyebabkan gangguan dalam beraktivitas.

  1. Menyebabkan sakit kepala

Mata silinder merupakan salah satu kondisi permasalahan mata yang dapat muncul akibat beberap faktor diantaranya seperti faktor genetik, adanya infeksi yang mempengaruhi kornea mata, dan beberapa kondisi yang mempengaruhi kelopak mata sehingga berpengaruh juga pada kornea. Penderita mata silinder tentu akan merasakan beberapa bentuk gejala yang pastinya menyebabkan keadaan yang menganggu serta berdampak negatif bagi kesehatan seseorang yang salah satunya adalah sakit kepala. Meskipun tidak membahayakan secara langsung, sakit kepala tentu menyebabkan gangguan pada aktivitas sehari hari dan menyebabkan keadaan penurunan kesehatan.

  1. Mata mudah lelah dan cepat mengantuk

Salah satu bentuk bahaya mata silinder lain yang dapat muncul secara tidak langsung adalah gejala dimana mata akan menjadi sangat lelah dan cepat mengantuk. Kondisi mata yang mudah lelah tersebut tentu dapat menjadikan seseorang akan mendapatkan ganggunan dalam aktivitasnya. Mata yang mudah lelah dapat menyebabkan penderita silinder cepat mengantuk sehingga sangat berbahaya ketika dalam perjalanan gejala tersebut terjadi yang menyebabkan resiko kecelakaan. Mata yang mudah mengantuk juga menjadikan penderita yang masih sekolah sering mengalami gangguan dalam belajar.

  1. Peradangan pada mata

Kondisi bahaya lain yang juga dapat muncul pada para penderita mata silinder adalah keadaan yang disebut sebagai abasio retina atau peradangan pada mata bagian retina. Kebiasaan buruk seperti terlalu sering melihat tv, laptop atau hp, membaca dalam keadaan tidur dan berbagai kondisi lain tentu menjadi faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya peradangan pada mata tersebut.

  1. Kebutaan

Bahaya pada kondisi mata silinder yang paling ekstrim dan akan berdampak sangat buruk bagi penderitanya adalah kebutaan. Kebutaan menjadikan seseorang tidak dapat lagi memfungsikan organ matanya sama sekali dalam melihat. Kebutaan merupakan bahaya yang sebenarnya sangat kecil resikonya terjadi pada mata silinder namun tetap perlu untuk diwaspadai. Kondisi kebutaan tersebut dapat meningkat resiko terjadinya ketika mata silinder tidak diatasi dengan baik dan terkesan dibiarkan hingga semakin parah. Resiko kebutaan bukan hanya dapat muncul pada para penderita mata silinder melainkan juga pada penderita permasalahan mata lain seperti rabun jauh atau mata minus.

Itulah beberapa bentuk bahaya mata silinder yang dapat muncul meskipun secara umum resikonya cukup kecil dan memang mata silinder tidak secara langsung dapat berbahaya bagi kesehatan seseoarang. Untuk menghindari bahaya bahaya yang disebutkan diatas maka mata silinder harus dapat segera diketahui melalui gejala yang ada sehingga proses pengatasannya dapat berlangsung dengan cepat dan tepat. Penderita mata silinder harus pakai kacamata untuk menghindari bahaya yang ada.

Kacamata dengan lensa silinder tersebut bukan hanya membantu memperjelas penglihatan penderita mata silinder yang memang kabur namun juga dapat mencegah terjadinya bahaya dan peningkatan keparahan permasalahan mata tersebut. Selain penggunaan kacarmata silinder, mata silinder dapat juga diatasi melalui operasi lasik yang akan merubah bentuk kornea dengan laser.

, , , , ,