Sponsors Link

Bahaya Ptosis dan Cara Pengobatannya

Sponsors Link

Ptosis merupakan salah satu istilah medis yang disematkan pada  jenis penyakit mata kondisi gangguan kesehatan mata, yaitu menurunnya bagian kelopak mata atas sehingga biasanya penderita tidak bisa membuka mata sepenuhnya atau dalam bahasa umumnya bisa dikatakan sipit. Walaupun sipit sebenarnya adalah kondisi normal, namun berbeda dengan ptosis. Lantas, apa sih bahaya ptosis?

ads

Bahaya Kondisi Ptosis Pada Seseorang

Sebenarnya untuk mengetahui pada bahaya ptosis ini bisa dilihat pada apa yang menjadi penyebab seseorang mengalami penurunan mata tersebut. Kondisi ptosis sendiri bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Namun, bisa dikategorikan menjadi penyebab tidak berbahaya dan penyebab berbahaya.  Salah satu gejala berbahayanya adalah diikuti dengan sindrom mata kering.

Untuk penyebab yang tidak berbahaya terjadi karena kondisi normal dan faktor usia. Ya, seseorang yang sudah memasuki usia lanjut dengan alami kelopak matanya akan mengalami penurunan. Otot yang memungkinkan untuk bisa menggerakan kelopak mata ke atas dan ke bawah mulai melemah, otot ini dinamakan levator.

Namun, kondisi lain yang tidak membahayakan juga bisa saja disebabkan karena otot mata sejak lahir memang mengalami kelainan sehingga anak tersebut sampai besar akan mengalami bentuk mata seperti mata malas, namun bukan penyakit mata yang menular.

Sementara itu, 4ntuk penyebab berbahaya ini bisa disebabkan karena gangguan kesehatan seperti trauma atau gangguan kesehatan yang memberikan efek samping kelopak mata turun. Seperti, tumor yang terjadi dibagian belakang mata Anda, stroke parah dan juga diabetes. Beberapa hal di atas tidak bisa di atas dengan mudah sehingga membutuhkan penanganan dokter ahli dalam bidangnya.

Beberapa kondisi ada yang harus di atasi dengan mengatasi akar masalahnya terlebih dahulu atau bisa juga dengan melakukan pengobatan pada bagian matanya langsung. Seperti stroke, Anda tidak bisa kalau mendahulukan mengatasi masalah matanya karena Anda harus mengatasi masalah stroke terlebih dahulu. Jika memang kondisinya membaik biasanya mata juga akan semakin membaik, namun jika belum normal juga Anda bisa berkonsultasi pada dokter apakah boleh melakukan operasi plasti2 guna menormalkan kembali mata atau tidak.

Cara Pengobatan

Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai cara pengobatan ptosis sebenarnya Anda bisa berkonsultasi pada dokter bukan asal memakai obat sakit mata di apotik tanpa resep. Namun, sedikit informasi saja saat Anda menyampaikan keluhan pada dokter, kemungkinan mereka akan menjalankan beberapa tes atau pemeriksaan yang berguna untuk menguji dan menemukan apa yang menyebabkan mata Anda mengalami kondisi tersebut.

Pemeriksaannya sendiri bisa dilakukan menggunakan slit lamp, ters darah, uji suntik sampai menggunakan sinar X untk bisa melihat apakah ada kelainan secara structural yang terjadi pada sekitar mata Anda, atau tidak?

Atau jika kondisi Anda disebabkan karena faktor kelelahan, cara mengobati paling mudahnya yaitu dengan beristirahat, bisa juga dengan mengompreskan irisan mentimun ke atas mata Anda.

Sponsors Link

Cara-cara tersebut dapat membuat mata Anda terasa sangat segar kembali. Sementara itu, jika memang kondisinya karena penuaan, hal tersebut hanya dapat di atasi dengan melakukan operasi, namun sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir karena semua orang bisa mengalaminya seiring berjalannya waktu. Dan untuk ptosis yang disebabkan karena penyakit berbaya, yang lebih baik didahulukan adalah penyakitnya bukan matanya. Kalau ingin menggunakan  obat tetes mata cendo xitro sebaiknya konsultasikan pada dokter ya.

Itulah bahaya ptosis dan cara pengobatannya. Jika Anda mengalami hal tersebut dan terasa ada gejala lain yang tidak beres, sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter, karena ditakutkan itu adalah kondisi yang tidak normal dan dapat mempengaruhi pada penglihatan Anda, bisa saja menjadi buta kalau penyebabnya adalah tumor.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan