Sponsors Link

4 Bahaya Sinar Hp Untuk Mata yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Pemakaian hp sekarang ini sudah menjadi gaya hidup umum yang sering dilakukan bahkan sangat dibutuhkan. Ya, manfaat hp memang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dari mulai mengirim pesan hingga berbelanja pun sekarang sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan hp. Namun, tahukah Anda bahaya sinar hp untuk mata bisa membuat mata Anda rusak? Bila belum mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan karena sinar hp untuk mata.

ads

1. Kerusakan pada bagian retina

Paparan langsung dari sinar biru ke mata  bisa mengakibatkan kerusakan pada retina. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Macular Degeneration Foundation menyatakan bahwa ternyata kerusakan retina yang disebabkan sinar biru juga bisa mengakibatkan degenerasi pada makula. Hal ini bisa mengakibatkan penderita kehilangan penglihatannya. Namun, penting untuk diketahui juga bahwa kondisi kerusakan pada retina sebenarnya tidak akan terjadi bila pencahayaan handphone bisa diatur dan waktu menggunakan handphone juga tidak terlalu lama.

2. Menyebabkan terjadinya katarak

Selain kerusakan pada retina, jenis penyakit mata katarak juga bisa saja terjadi diakibatkan sinar biru yang berasal dari hp. Meskipun sebenarnya penelitian lebih lanjut juga sangatlah diperlukan. Anda juga perlu tahu bahwa penyakit katarak ini adalah salah satu penyakit katarak yang bisa menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Bila Anda mengalami penyakit ini karena hp, kemungkinan sembuhnya hanya bisa dengan dilakukan operasi. Salah satu ciri katarak bisa  mata berbayang bintik hitam.

3. Mata lelah

Terlalu lama menatap hp juga bisa menyebabkan mata Anda menjadi terlihat lelah. Hal ini biasa dialami oleh anak muda jaman sekarang yang terlalu banyak menggunakan hp. Apalagi, sinar biru dari hp bisa mengganggu produksi metatonin atau salah satu hormone yang membantu dalam mengatur siklus tidur. Otak seseorang akan memproduksi hormone tersebut ketidak hendak tidur, namun ketika menggunakan hp maka proses produksinya akan terganggu. Itulah, kenapa kebanyakan orang juga akan mengalami kerusakan pada siklus tidur alaminya. Gangguan tidur juga bisa memicu terjadinya masalah yang lebih buruk seperti obesitas dan gangguan genetika. Tapi Anda tenang saja, mata lelah bukan penyakit mata yang menular

4. Gangguan mata minus atau plus semakin bertambah

Bahaya sinar biru hp juga bisa menyebabkan mata minus dan plus semakin bertambah parah. Apalagi bila pengaturan pencahayaannya tidak diatur. Sebaiknya bila memang Anda sudah mendapatkan kondisi mata minus atau plus, kontrolan pemakaian hp, agar kondisi mata minus atau plus Anda tidak semakin parah.

Selain 4 penyakit mata yang bisa didapatkan para pengguna hp dalam waktu lama, resiko kanker juga bisa saja menjadi lebih tinggi. Ini karena melatonin juga memiliki fungsi sebagai zat anti oksidan. Sementara itu, menurut sebuah penelitian seseorang yang sedang memproduksi melatonin alami kemudian ditekan seperti karena sinar biru dari hp maka akan beresiko tinggi terserang kanker.

Khususnya adalah kanker payudara dan juga prostat. Penggunaan hp juga sebenarnya akan sangat rentan terserang depresi. Ini juga sudah dilakukan penelitian, karena melatonin yang diproduksi benar-benar dikacaukan oleh sinar biru dari hp. Apalagi bila anda baru saja melakukan operasi katarak sebaiknya hindari penggunakan hp, karena efek samping operasi katarak akibat hp akan sangat buruk.

Betapa tingginya bahaya sinar hp untuk mata. Sebaiknya Anda segera mengantisipasinya sejak dini agar tidak mendapatkan gejalanya yang semakin buruk dan memperburuk kesehatan Anda juga secara umum. Karena bagaimanapun juga sinar hp tidak  hanya mempengaruhi mata saja. Buatlah jadwal kapan Anda boleh menggunakan hp dan berapa lama Anda bisa menggunakan hp dalam sehari. Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

, , , , ,