Sponsors Link

Penyebab Bangun Tidur Mata Bengkak dan Sakit

Sponsors Link

Saat bangun tidur mata bengkak dan sakit secara tiba-tiba, kerap kali disertai dengan kotoran mata yang menumpuk, pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Ini merupakan kondisi yang cukup sering terjadi dan bisa dialami siapa saja. Kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu bahkan biasanya bengkak tidak akan bisa sembuh pada hari itu juga, biasanya mencapai 1 minggu baru bisa sembuh. Jenis penyakit mata ini pada umumnya tidak membahayakan. Berikut ini adalah penyebab bangun tidur mata bengkak dan sakit.

ads

1. Terlalu lelah

Kelelahan atau terlalu lelah juga bisa menjadi faktor mengapa Anda mengalami bengkak dan sakit pada bagian mata, khususnya pada area kelopak mata. Kondisi ini disebabkan karena adanya penumpukan air pada area mata Anda, sehingga saat pagi hari, mata akan terasa bengkak dan sedikit nyeri. Bila Anda mengalami kondisi ini biasanya hari itu juga akan segera sembuh.

2. Bintitan

Mata bengkak disertai rasa nyeri dan mata anak belekan setiap bangun tidur juga bisa saja karena Anda sedang mengalami bintitan. Kondisi bintitan akan membuat bagian sudut kelopa mata menjadi besar bahkan mengeluarkan cairan nanah. Bintitan di kelopak mata pada umumnya disebabkan karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang menyerang bagian kelenjar mata. Lama kelamaan mata juga akan semakin memerah, kondisi ini pada umumnya bisa sembuh maksimal dalam waktu 1 minggu.

3. Alergi

Efek alergi akan sangat bermacam-macam, termasuk salah satunya mata bengkak dan sakit. Bila bagian bengkak di kelopak mata atas Anda terasa bengkak dan diiringi dengan beberapa gejala lain seperti berair dan memera maka bisa saja hal tersebut disebabkan karena Anda sedang mengalami kondisi alergi. Penyebabnya bisa karena debu atu sari bunga yang masuk ke dalam mata.

4. Infeksi konjungtiva

Bangun tidur mata bengkak dan sakit juga kemungkinan bisa disebabkan karena Anda mengalami infeksi konjungtiva. Infeksi ini sering terjadi pada bagian konjungtiva dan disebabkan karena bakteri. Tidak hanya akan membuat kelopak mata Anda menjadi bengkak, infeksi ini juga akan menyebabkan mata menjadi merah dan mengeluarkan kotoran mata cukup banyak.

5. Penyumbatan saluran air mata

Tersumbatnya saluran air mata juga bisa menyebabkan mata Anda membengkak. Kondisi ini kerap kali di alami bayi yang baru saja dilahirkan serta anak balita. Kondisi tersumbatnya saluran air mata bisa diakibatkan karena infeksi dan dapat mengakibatkan rasa nyeri. Terkadang anak juga akan menjadi rewel karena kondisinya sangat tidak nyaman atau karena kelopak mata bayi merah dan gatal .

6. Kanker mata

Bila sebelumnya Anda sudah diberikan informasi mengenai penyebab bengkak dan sakit pada mata karena kondisi yang tidak membahayakan, maka berbeda halnya dengan kanker mata. Bila mata Anda tiba-tiba saja mengalami pembengkakan bahkan dalam waktu cukup lama sebaiknya Anda jangan meremehkannya karena bisa saja itu merupakan tanda gejala kanker. Sehingga bila Anda sudah merasa ada yang tidak baik dengan mata bahkan dalam waktu lebih dari seminggu disertai dengan gejala lainnya sebaiknya segeralah memeriksakan diri pada dokter.

Sponsors Link

Sementara itu, bila Anda mengalami pembengkakan ringan pada mata, cara mengatasinya bisa dengan mengompres mata atau bisa juga dengan menempelkan mentimun pada kelopak mata Anda.

Itulah 6 penyebab bangun tidur mata bengkak dan sakit, sebaiknya Anda harus selalu berhati-hati, terutama dalam menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata juga sangatlah dianjurkan agar bisa memiliki mata sehat sepanjang waktu.

, ,