Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Bengkak di Kelopak Mata Atas

Sponsors Link

Beberapa orang mungkin pernah mendapatkan gejala bengkak di kelopak mata, dan sedikit merasa tidak nyaman karenanya. Apakah Anda pernah mengalaminya juga? Kondisi kelopak mata yang membengkak sebenarnya tidak diindikasikan pada penyakit yang berbahaya, namun tidak menutup kemungkinan juga Anda mengalami hal membahayakan karena beberapa hal. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan nya.

ads

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Berikut ini adalah alasan mengapa kelopak mata Anda bisa bengkak, diantaranya ada yang membahayakan ada juga yang tidak:

1. Bengkak karena terlalu kelelahan

Saat seseorang merasa kelelahan dan sebelumnya sangat kurang tidur, kemudian ia mencoba beristirahat, bisa dipastikan saat terbangun kelopak matanya akan mengalami pembengkakan. Kondisi ini dikarenakan adanya tumpukan air pada mata sehingga saat pagi hari atau setelah bangun tidur mata menjadi terlihat sangat bengkak.

2. Mata mengalami bintitan

Bintitan merupakan kondisi umum yang bisa terjadi pada siapa saja, ini juga merupakan  jenis penyakit mata yang tidak membahayakan. Saat bintitan akan ada benjolan kecil seperti jerawat di bagian kelopak mata atas. penyebab mata bintitan pada anak ini disebabkan karena adanya infeksi staphylococcus aureus yang menyerang bagian kelenjar mata. Selain mengalami pembengkakan, bisa dipastikan penderita bintitan juga akan mengalami mata yang merah dan tidak nyaman sekali.

3. Gejala alergi

Pembengkakan pada bagian kelopak mata atas jika disertai dengan adanya gejala lain seperti mata yang berair dan juga merah kemungkinan itu merupakan gejala alergi. Sementara untuk pemicu alerginya bisa disebabkan karena berbagai macam hal, bisa karena serbuk sari yang masuk ke dalam mata atau karena adanya debu. Alergi juga bisa menjadi penyebab iritasi mata merah.

4. Gejala konjungtiva

Saat seseorang mengalami gangguan pada konjungtiva mata yang diakibatkan infeksi bakteri, kondisi mata akan membengkak, tepatnya dibagian kelopak mata. Selain bengkak, penderita juga bisa saja mengalami mata merah.

5. Saluran air mata yang mengalami penyumbatan

Penyumbatan air mata biasanya akan dialami oleh bayi yang baru saja di lahirkan dan juga anak di bawah lima tahun. Penyumbatan biasanya akan disebabkan karena infeksi, rasa nyeri juga sering kali menyerang sehingga membuat anak menjadi rewel.

6. Kangker mata

Ada kondisi yang membahayakan ketika kelopak mata mengalami pembengkakan yaitu kangker mata. Jika bengkak yang timbul dalam waktu lama bahkan setelah melakukan pengobatan tidak kunjung membaik sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mengatasi

Saat Anda mengalami pembengkakan pada kelopa mata atas jangan panik, berikut ini adalah cara mengatasi yang bisa Anda lakukan:

  • Mengompres mata Anda menggunkana handuk yang sudah direndam menggunakan air dingin
  • Melepaskan lensa kontak jika Anda sedang memakainya
  • Beristirahat
  • Saat sedang tidur sebaiknya tinggikan kepala Anda, tujuannya adalah agar tidak ada penumpukan air di dalam mata.
  • Sementara untuk yang disebabkan karena bintintan bisa dengan cara mengobati mata bintitan dengan bawang putih.
Sponsors Link

Jika ternyata Anda mengalami bengkak kemudian dibarengi dengan rasa nyeri bisa dipastikan itu adalah gejala infeksi. Pengobatan yang dilakukan akan tergantung pada jenis infeksi yang sedang Anda alami, oleh sebab itu akan lebih baik jika Anda bisa memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bengkak di kelopak mata atas. Pada umumnya, kondisi bengkak kelopak mata Anda adalah kondisi ringan bukan   penyebab kebutaan mata dan bisa diatasi dengan cara sederhana seperti tetes obat mata atau pengompresan dan beristirahat, namun tentunya saran mengunjungi dokter juga sangat dianjurkan ya.

, ,