Sponsors Link

Benjolan Kecil Di Kelopak Mata Anak tapi Tidak Sakit dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pernahkah Anda tiba-tiba melihat pada anak terlihat benjolan tepatnya di sekitar kelopak mata? Bahkan anak beberapa kali mengeluh kalau disekitar matanya sakit dan terlihat memerah. Itu mungkin merupakan gejala dari bintitan,  jenis penyakit mata yang tidak membahayakan. Lantas, kalau ada benjolan kecil di kelopak mata anak tapi tidak sakit, apakah itu merupakan gejala bintitan?

ads

Benjolan Pada Mata Anak

Pada umumnya jenis benjolan yang terjadi pada anak ada banyak jenisnya, salah satu yang paling umum sering terjadi kita kenal dengan sebutan bintitan. Ya, penyebab mata bintitan disebabkan karena bakteri atau virus ini memang kerap kali terjadi pada siapa saja, tidak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa.

Namun selain bintitan sebenarnya ada jenis benjolan lain, diantaranya:

  1. Bintitan, bisa diobati dengan cara mengobati mata bintitan dengan bawang putih.
  2. Xanthelasma, merupakan benjolan karena adanya kumpulan lepak pada bawah kelopak mata.
  3. Kista epiderma, merupakan kista berukuran kecil yang kerap kali muncul diakibatkan gesekan.
  4. Kista sabasea, merupakan jenis kista kecil yang juga cukup sering timbul pada wilayah kelopak mata atau daerah berambut lain, disebabkan karena danya sumbatan kelenjar.
  5. Milia, merupakan benjolan kecil yang disebabkan karena adanya sumbatan pada saluran rambut halus.
  6. Papiloma, benjolan jinak yang biasanya sering timbul di bagian mata
  7. Nevus, tahi lalat
  8. Kutil

Lalu, dari ke 8 jenis benjolan di atas mana yang masuk ke dalam benjolan kecil di kelopak mata anak tapi tidak sakit?

Beberapa benjolan yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit adalah papilloma, nevus dan kutil. Namun yang dari ketiga benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit tersebut, kutil lah yang membahayakan. Karena benjolan tersebut mudah menular.

Kutil merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada kulit, umumnya ditandai dengan benjolan dengan tekstur sedikit kasar. Kulit disebabkan karena virus HPV. Kutil tidak akan menimbulkan rasa sakit, namun mudah menular dan menjadi banyak, karena virus yang mengakibatkan kulit sangat mudah menular bahkan pada diri sendiri yang mengakibatkan semakin beranak pinak. Anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh sangat rendah biasanya yang rawan terserang kutil.

Cara Mengatasi Benjolan Kecil di Bawah Kelopak Mata

  1. Jika benjolan diakibatkan adanya bintitan kamu bisa mengompres mata menggunakan air hangat agar bakteri di mata cepat hilangnya. Tidak perlu melakukan operasi mata bintitan pada anak.
  2. Jangan memencet bagian benjolan dengan tangan kotor, sebaiknya ibu berikan pengertian pada anak jika memegang benjolan tersebut kondisinya akan semakin parah
  3. Cobalah menggunakan cara alami sebagai cara menyembuhkan bintitan yang sudah mengeras, misalnya saja dengan wortel yang iris tipis kemudian ditempelkan ke kelopak mata dan tutupilah bagian benjolannya
  4. Kalau punya salep mata, kamu bisa memakaikan salep mata pada anak
  5. Jika benjolan tersebut adalah tahi lalat Anda tidak perlu khawatir karena itu tidak berbahaya
  6. Jika benjolan karena kutil, sebaiknya Anda segera mengobati anak pada dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat dan agar kutil tidak menyebar pada orang lain serta beranak pinak.
Sponsors Link

Itulah informasi penting mengenai benjolan kecil di kelopak mata anak tapi tidak sakit dan cara mengatasinya. Banyak sekali penyebab benjolan jadi Anda sebagai orang tua tidak bisa mengira-ngira apakah itu bintitan atau bukan? Sebagai langkah antisipasi menghindari hal-hal yang berbahaya jika ternyata benjolan tak kunjung selesai dalam waktu 1 minggu segeralah periksakan anak pada dokter.

, ,