Sponsors Link

Kenapa Ada Benjolan Keras di Kelopak Mata?

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami benjolan keras di kelopak mata secara tiba-tiba? Hati-hati, itu mungkin jenis penyakit mata kalazion.

ads

Kalazio

Kalazion merupakan salah satu kondisi benjolan yang ada pada bagian kelopak mata, bisa atas atau pun bawah. Namun pada umumnya kondisi ini akan menyerang kelopak mata atas. Ini akan mengakibatkan tidak berfungsinya kelenjar meibom yang ada pada bulu mata atas.

Sedangkan kelenjar meibom merupakan penghasil komponen lipid, ini akan mengakibatkan bagian lapisan luar pada mata selalu lembab sehingga bola mata Anda tidak kering dan terkena penyebab iritasi mata merah.

Kondisi ini terbilang cukup kronis karena akan berkembang dari benjolan infeksi atau streril. Benjolan steril ini diakibatkan adanya penyumbatan pada jalan keluar lipid akibatnya terjadilah kondisi pembengkakan pada kelenjar meibom Anda, kadang-kadang juga bias pecah.

Sedangkan kelenjar meibom sendiri yang sudah terserang infeksi, pada umumnya diakibatkan oleh bakteri bernama stafilokokus, nantinya ini akan menjadi benjolan yang bernanah dan terasa nyeri. Kondisi ini dinamakan hordeolum internal dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan kalazion.

Pada umumnya kalazion akan berkembang namun secara perlahan, dari yang ukruannya kecil kemudian berkembang menjadi besar, awalnya seperti  benjolan kecil di kelopak mata anak tapi tidak sakit.

Benjolan ini juga akan semakin terasa nyeri jika Anda menyentuhnya. Namun rasa nyeri biasanya akan sedikit berkurang dalam waktu beberapa hari. Bahkan jumlah benjolan yang muncul terkadang lebih dari satu, berbeda dengan bintitan. Akibatnya kelopak mata Anda dapat terlihat seperti sedang mengalami pembengkakan yang aneh atau tidak merata.

Penyebab

Penyebab dari kondisi ini karena pada permukaan bagian dalam di kelopak mata, ada kelenjar kecil, tugasnya adalah memproduksi cairan agar menjaga bola mata tetap dalam keadaan lembap atau biasa disebut juga kelenjar meibom. Jika kondisi kelenjarnya tersumbat maka cairannya akan semakin menumpuk dan membentuk benjolan yang isinya berupa cairan, ini juga bisa saja karena  Efek menggunakan softens setiap hari.

Inilah yang memicu terjadinya Kalazion. Penyakit ini juga bisa diderita oleh siapa saja, baik anak kecil, atau pun orang dewasa. Walaupun begitu biasanya Kalazion akan lebih sering diidap oleh mereka yang mengalami bintitan, eksim atau inflamasi yang terjadi di kelopak mata, tapi tenang saja ini bukan  penyebab kebutaan mata.

Perawatan Kalazion

Saat mendapatkan Kalazipn, Anda dapat melakukan perawatan sederhana di rumah agar proses penyembuhannya cepat.

  • Mengompreskan air hangat

Anda bisa mengompreskan air hangat pada mata agar bakterinya hilang. Caranya juga terbilang cukup mudah, Anda tinggal menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian kompreskan ke atas kelopak mata. Coba lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari. Ini bisa mengurangi adanya rasa mengganjal pada area kelopak mata dan akan mengakibatkan pelembapan pada permukaan benjolan.

Sponsors Link

  • Melakukan pijatan lembut pada mata

Setelah mata Anda dikompres menggunakan air hangat selanjutnya Anda bisa memijat lembut mata dengan menggunakan tangan. Jangan lupa sterilkan lebih dulu tangan Anda ya agar tidak ada bakteri yang menempel di mata.

  • Membersihkan mata lebih sering

Karena saat Anda mengalami Kalazion mata Anda akan sangat sering terjadi penumpukan kotoran maka Anda harus sering membersihkan mata agar tidak memicu adanya infeksi serta iritasi.

Itulah penyebab kenapa ada benjolan kerasdi kelopak mata Anda. Jika memang kondisinya tidak kunjung membaik dan rasa nyeri yang Anda alami pada mata semakin hebat, sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter dan melakukan beberapa rangkaian tes pemeriksaan karena bisa saja hal tersebut bukan kalazion, melainkan penyakit lain yang lebih parah.

, ,