Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Bintitan di Kelopak Mata

Sponsors Link

Bintintan atau dalam istilah medisnya disebut dengan hordeolum merupakan salah satu kondisi timbulnya bintil menyerupai jerawat pada bagian kelopak mata, dan akan terasa sakit serta mengeluarkan cairan nanah. Bintintan sendiri bukan merupakan  jenis penyakit mata yang sangat membahayakan, ini hanya gangguan ringan yang bisa didapatkan oleh siapa saja dan akan sembuh dalam waktu beberapa hari. Sebagai informasi lebih detailnya berikut adalah penyebab dan cara mengatasi bintitan di kelopak mata.

ads

Penyebab Mata Bintitan Pada Anak dan Orang Dewasa

Bintintan disebabkan karena adanya bakteri stafilokokus. Adanya infeksi karena bakteri tersebut dapat mengakibatkan gejala bintil. Sementara untuk contoh infeksi karena bakteri yang bisa memicu bintitan diantaranya, infeksi yang terjadi pada bagian akar bulu mata, infeksi pada bagian kelenjar minyak dan juga infeksi pada kelenjar keringat.

Jenis bakteri penyebab bintitan ini biasanya akan hidup di dalam kulit manusia, namun tidak akan mengakibatkan penyakit yang membahayakan. Hanya saja resiko bintitan bisa sangat meningkat jika seseorang menyentuh matanya menggunakan tangan yang tidak higienis alias tangan yang kotor. Sementara itu untuk faktor resiko lain yang bisa mengakibatkan seseorang mendapatkan bintintan diantaranya:

  • Penggunaan komestik yang sudah melewati batas waktu kadaluwarsa
  • Tidak pernah membersihkan makeup saat akan tidur
  • Menggunakan lensa kontak yang sangat tidak steril atau saat proses pemasangannya tangan tidak sedang dalam keadaan bersih
  • Adanya peradangan pada bagian kelopak mata atau disebut juga blefatiris yang diakibatkan infeksi bakteri atau bisa juga karena komplikasi dari penyakit kulit rosaseae

Cara Mengatasi Bintintan

Sebenarnya tanpa melakukan pengobatan khusus pun biasanya bintitan akan sembuh dengan sendirinya, maksimal dalam waktu 7-20 hari. Bintitan tersebut akan sembuh setelah bagian bintilnya pecah lalu mengeluarkan nanah. Walaupun akan pecah, namun Anda jangan mencoba memencet atau memecahkan bintilnya ya karena malah akan menyebabkan adanya penyebaran infeksi. Anda bisa menunggu hingga benjolannya pecah dengan alami.

Sementara untuk mengurangi gejalanya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  • Selalu menjaga kebersihan mata dengan cara menghindari pemakaian makeup untuk sementara waktu sampai bintitannya sembuh
  • Mengompres menggunakan air hangat, bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari. Ini bisa mengurangi rasa nyeri dan membersihkan bakteri yang ada dimata
  • Hindari penggunaan lensa kontak untuk sementara waktu sampai bintitannya sembuh
  • Mengkonsumsi analgesic atau obat yang bisa meredakan nyeri jika memang bintintannya menyebabkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman. Anda bisa mencoba cara mengobati mata bintitan dengan bawang putih.
Sponsors Link

Sementara itu, jika setelah beberapa lama ternyata bintitan yang Anda alami tidak kunjung membaik dan kondisinya malah semakin parah, akan lebih baik jika Anda segera melakukan pengobatan pada dokter. Walaupun jarang, namun bisa saja konsumsi antibiotic akan dianjurkan jika Anda memeriksakan diri pada dokter. Apalagi jika Anda mempunyai komplikasi lain seperti kalazion atau kista yang mengakibatkan adanya penyumbatan pada kelenjar. Untuk gejala lain dari bintintan diantaranya kelopak mata yang memerah, timbulnya rasa nyeri pada bagian bintil, mata akan memerah.

Itulah penyebab dan cara mengatasi bintitan di kelopak mata. Kondisi ini bisa Anda hindari jika Anda sendiri bisa menjaga kondisi lingkungan agar tetap dalam keadaan higienis dan Anda berhati-hati saat penggunaan makeup terutama saat menggunakan pada sekitar mata, karena jika makeup masuk ke mata bisa juga itu yang mengakibatkan Anda mengalami bintitan dan terinfeksi atau penyebab iritasi mata merah. Anda juga tidak perlu khawatir karena ini bukanlah  penyebab kebutaan mata.

, ,