Sponsors Link

Penyebab Bintitan pada Anak Tak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Bintitan pada anak memang bukan tergolong penyakit serius yang bikin orang tua khawatir, biasanya bintitan pada anak bisa sembuh sendiri tanpa penanganan medis ataupun menggunakan obat. Namun jika bintitan pada anak ini tak kunjung sembuh, apakah sebagai orang tua akan membiarkan saja tanpa perlu mencari tahu atau berkonsultasi pada ahlinya. (Baca juga: Penyebab mata kuning pada bayi umur 4 hari)

ads

Penyebab Bintitan Pada Anak yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya sehat, namun keinginan itu bisa jadi hanya sekedar keiinginan bila tidak dibarengi dengan penambahan pengetahuan yang bermanfaat untuk kesehatan anak. Berikut ini penyebab bintan pada anak yang bisa menjadi rujukan informasi dan penanganan jika terjadi bintitan pada anak yang tak kunjung sembuh.

1. Bintitan yang disebabkan bakteri

Bintitan jenis ini biasanya ditimbulkan oleh baketeri staphylococcus yang terbawa oleh kotoran yang menempel pada tangan anak. Jika anak menyetuh area mata maka bekteri tersebut bisa masuk melalui kelenjar minyak yang kemudian meninfeksi daerah sekitar mata, ciri fisik yang nampak andalah adanya pembengkakan di area mata. Bintitan yang disebabkan bakteri ini adalah jenis penyakit mata yang menular  dan perlu mendapatkan perhatian khusus dari orang tua.

2. Terkena debu

Jika area tempat bermain anak tidak steril bisa jadi debu yang beterbangan dan masuk ke mata bisa membuat infeksi yang menyebabkan kelopak mata membengkak.

3. Bisul di area mata
Bintitan pada anak bisa disebabkan oleh bisul atau benjolan bengkak yang ada sekitar mata. Bisul ini biasanya muncul karana terinfeksi oleh bakteri. Bakteri tersebut kemudian membuat peradangan di folikel rambut.

4. Alergi pelembab bayi

Ada beberapa ibu yang memberikan lotion kepada anaknya dengan tujuan untuk melindungi kulit buah hatinya. Namun beberapa kasus kulit banyi yang sangat sensitif tidak cocok dengan pelembab yang diberikan ibunya, sehingga terjadi alergi disekitar mata bayi. (Baca juga: Alergi mata pada anak)

5. Mata terkena lotion atau bedak

Jika mata bayi terkena bedak tabur atau lotion yang diberikan ibunya, kemungkinan besar akan terjadi iritasi mata pada bayi. Sehingga kulit mata bayi yang masih sangat muda ini akan membengkak dan membuat mata bintitan.

6. Disengat serangga

Bisa jadi kasus bintitan pada anak ini terjadi karana sengatan serangga baik yang diketahui oleh oranga tuanya maupun tidak. Sengatan serangga seperti semut, bahkan nyamuk jika terjadi dikulit anaka kecil maka akan menimbulkan bengkak dan bintitan pada anak.

Baca juga:

Jenis penyakit mata pada anak dan cara mencegahnya

Cara Pencegahan dan Penanganan Bintitan Pada Anak

Langkah preventif itu lebih penting, lebih baik mencegah dari pada mengobati itu yang seharusnya diutamakan, terlebih untuk kesehatan si kecil yang masih lemah

Langkah antisipasi agar kesehatan mata anak anda tetap terjaga diantarannya adalah:

  • Menjaga kebersihan mata, dan hilangkan kebiasaaan menggosok-gosok mata baik yang anda lakukan ataupun yang dilakukan anak anda.
  • Usahakan tangan anak anda selalu bersih dan steril.
  • Tidak menggunakan produk kosmetik diarea mata bayi. Produk kosmetik yang dipakaikan orang tua kepada anaknya misalnya bedak tabur.
  • Selalu menjaga kebersihan tempat tidur anak.
  • Jika anak sudah mengalami bintitan, kemungkinan kedepannya akan terkena lagi bintilan. Antisiopasinya adalah sering-seringlah bersihkan kelopak mata anak, dan ajari juga anak anda untuk membersihkan kelopak matanya sendiri. Untuk membersihkan kelopak mata pastikan tangan dalam kondisi bersih.
Sponsors Link

Jika anak anda terkena bintitan, lakukan tindakan berikut ini:

  • Kompres mata dengan air hangat, selama 10-15 menit 3 sampai 4 kali dalam sehari. Kompresan air hangat ini dapat melembabkan kelopak mata sekaligus mengurangi rasa sakit yang mungkin ditimbulkan dari bintitan.
  • Bersihkan dengan menggunakan scrub eye khusus
    cara ini bisa digunakan untuk membersihkan kelopak mata dan area mata. Scrup eye khusus ini bisa dibeli di apotek. Rendam kapasnya dengan cairan khusus dan kemudian gunakan untuk membersihkan mata anak.
  • Kompres mata dengan tea bag
    Anda bisa mengkompress mata buah hati anda dengan kantong teh celup. Caranya adalah dengan merendam teh celup, layaknya seperti mau bikin teh. Kemudian angkat kantong teh dan tempelkan pada mata saat masih hangat, pastikan suhu kantong teh aman atau tidak terlalu panas. Angkat kantong teh setelah 10-15 menit. Gunakan dua kantong teh yang berbeda untuk masing-masing mata.

Walaupun umumnya bintitan ini bisa sembuh tanpa perlu penanganan medis, namun jika bintitan yang terjadi pada anak tidak kunjung sembuh hingga dalam waktu 2 minggu, sebaiknya periksakan ke dokter, agar mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Demikian ulasan mengenai penyebab bintitan pada anak yang tak kunjung sembuh dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat untuk buah hati anda.

, , , ,