Sponsors Link

Blefaritis – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Blefaritis merupakan jenis penyakit mata yang mengakibatkan adanya peradangan pada bagian kelopak mata dan akan menyebabkan bagian tersebut bengkak serta berwarna kemerahan. Biasanya kondisi ini akan menyerang kedua mata. Bagian salah satu mata juga akan terlihat meradang dengan cukup parah dibandingkan dengan mata satunya. Blefaritis bisa dialami semua orang, semua usia, tidak terkecuali anak-anak. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab kondisi ini tidak akan menular.

ads

Terdapat 3 jenis blefaritis yaitu anterior, posterior dan juga campuran atau kombinasi antara blefaritis anterior dan juga posterior. Kondisi blefaritis jenis anterior biasanya akan ditandai dengan adanya radang pada bagian kulit serta di sekeliling pangkal bulu mata. Jenis bulu mata ini pada umumnya disebabkan karena bakteri. Selain itu jenis blefaritis anterior juga kerap kali dihubungkan dengan kondisi dermatitis seboroik. Blefaritis posterior biasanya akan ditandai dengan adanya peradangan pada bagian kelenjar meibomian karena adanya sumbatan yang disebabkan serpihan kulit atau kotoran.

Penyebab Blefaritis

Berikut ini adalah penyebab seseorang bisa terserang kondisi blefaritis:

  1. Dermatitis seboroik : Dermatitis seboroik atau ketombe yang berasal dari kulit kepala dan alis juga bisa menyebabkan seseorang terkena blefaritis. Kondisi ini memang tidak pasti bisa menyebabkan blefaritis namun resikonya masih tetap ada. Kotoran yang berasal dari kepala bisa saja jatuh ke bagian mata dan mengakibatkan blefaritis.
  2. Infeksi karena bakteri: Bakteri yang berasal dari lingkungan dan masuk kedalam mata bisa menyebabkan terjadinya blaferitis. Bakteri bisa saja di bawa oleh tangan karena memegang sesuatu, kemudian dalam keadaan kotor Anda menyentuh mata dan bakteri pindah ke mata.
  3. Adanya penyumbatan: Kondisi penyumbatan atau tidak berfungsinya bagian kelenjar minyak pada kelopak mata juga bisa menjadi penyebab dari resiko terserang penyakit mata blefaritis.
  4. Rosacer : merupakan kondisi gangguan pada kulit disekitar mata yang ditandai dengan adanya kemerahan pada bagian wajah dan kulit sekitar mata.
  5. Alergi : Kondisi alergi mata pada anak juga bisa menyebabkan seseorang terkena radang atau blefaritis di mata. Misalnya aja, seseorang yang alergi debu, lotion atau serangga.
  6. Kutu yang menempel pada bulu mata : Pada umumnya kutu bisa menempel dimana saja yang lembab dan mempunyai rambut halus. Oleh sebab itu, kutu juga bisa menempel pada bulu mata dan mengakibatkan terjadinya blefaritis tapi tidak menjadi  penyebab kebutaan mata.
  7. Hormon yang tidak seimbang : Gangguan yang terjadi pada ketidak seimbangan hormone juga bisa mempengaruhi pada resiko blefaritis.
  8. Efek samping karena pengobatan tertentu : Seseorang mungkin saja sedang menjalani serangkaian pengobatan yang mengharuskan memakan obat. Bisa saja efek samping dari obat tersebut menyebabkan terjadinya blefaritis pada mata.

Gejala Blefaritis

Peradangan pada mata ini biasanya kondisinya akan semakin memburuk pada pagi hari. Selain adanya pembengkakan disertai dengan kemerahan pada bagian kelopak mata. Beberapa gejala lain yang juga bisa Anda dapatkan seperti:

  1. Merasakan gatal pada bagian mata yang sangat hebat
  2. Mata yang terus saja berair bahkan sulit kering
  3. Saat melihat mata seperti berpasir bahkan terasa panas
  4. Kulit di bagian mata mulai mengelupas
  5. Bagian bulu mata menimbulkan minyak bahkan berkerak
  6. Bagian kelopak mata mulai membengkak
  7. Kelopak mata terasa sangat lengket
  8. Mata menjadi sangat sensitive jika terkenan paparan sinar matahari
  9. Penglihatan yang sangat buram dan tidak jelas
  10. Kehilangan bulu mata
Sponsors Link

Pengobatan dan Pencegahan Blefaritis

Jika kondisi blefaritis Anda baru saja terjadi dan belum terlalu parah, Anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan bagian mata. Cara pembersihannya pertama, dengan membasahi bagian kain bersih menggunakan air hangat, jangan menggunakan air panas. Kemudian peras dan letakkan kain tersebut pada mata yang tertutup. Cara pembersihan tersebut bisa membantu untuk melembutkan kerak dan juga meluruhkan adanya serpihannya minyak pada mata.

  • Pengobatan untuk melawan infeksi blefaritis

Untuk mengatasi adanya infeksi disebabkan karena blefaritis biasanya akan memanfaatkan antibiotic. Pemberian antibiotic akan sangat membantu meredakan gejala dan juga infeks bakteri pada area kelopak mata. Antibiotik yang diberikan juga beragam, ada yang jenis hanya diteteskan saja pada mata, ada juga yang di oleskan seperti krim atau salep. Jika tidak ada respon pada antibiotic topical maka kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan antibiotic oral. Kondisi ini juga tidak akan menjadi  penyakit mata yang menular.

  • Pengobatan untuk mengendalikan peradangan

Selanjutnya, jika Anda ternyata mengalami kondisi peradangan, Anda juga bisa memberikan salep jenis steroid yang bisa mengurangi adanya inflasi. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan antibiotic sekaligus inflamasi.

Sponsors Link

Pengobatan Blefaritis Secara Alami

Mengatasi kondisi blefaritis juga dengan memanfaatkan pengobatan secara herbal, diantaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan tanaman comfrey

Compfrey merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang cukup umum ditemukan. Tanaman ini dikenal juga dengan nama symphytum. Bentuknya Bunga dengan warna merah agak muda. Jenis obat ini cukup banyak digunakan di Rusia, salah satunya adalah untuk mengatasi keluhan blefaritis.

Tanaman herbal ini akan membantu untuk mengurangi adanya peradangan pada kelopak mata dengan cukup cepat, sehingga infeksi yang Anda alami tidak akan menyebar pada bagian mata lainnya. Tanaman herbal ini juga bisa mengatasi gejala-gejala awal dari blefaritis seperti kondisi mata yang berdenyut atau berpasir. Tanaman ini mempunyai kandungan alami yang bisa mengatasi gejala iritasi karena apa saja pada mata. Bahkan saat bagian kulit daerah kelopak mata Anda mulai mengering maka Anda bisa memanfaatkan penggunaan tanaman ini untuk membersihkan mata yang mengering.

Beberapa kandungan senyawa yang bisa ditemukan untuk mengatasi blefaritis diantaranya adalah saponin, tannin, steroid, inulin, protein alami dan pyrrolizidine.

2. Menggunakan tanaman Euphrasia

Tanaman eyebright atau dinamakan juga euphrasy merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai bentuk Bunga sangat indah dengan warna putih dengan bentuk seperti terompet kecil. Tanaman ini masuk kedalam jenis tanaman orobanchacease dan juga termasuk kedalam tanaman semi parasite. Tanaman ini cukup terkenal karena diyakini bisa mengatasi adanya keluhan peradangan karena infeksi tertentu salah satunya pada bagian mata. Bahkan jenis tanaman ini juga bisa bekerja dengan sangat baik agar bisa membantu dan membuat kulit yang ada di sekitar mata menjadi sangat terlalu gatal.

ads

Cara melakukan perawatan menggunakan eruphrasia:

  • Pertama-tama kamu bisa mengumpulkan tanamannya yang masih dalam keadaan segar atau baru saja dipetik.
  • Lalu cuci sampai benar-benar bersih dan rendah menggunakan air hangat selama beberapa saat.
  • Gunakanlah handuk untuk bisa mengambil airnya, lalu kompreskan pada bagian mata Anda.
  • Gunakan juga saat Anda hendak akan mencuci mata, agar bakteri yang ada dalam mata bisa hilang.

3. Bunga chamomile

Bunga chamomile juga  menjadi salah satu jenis obat tradisional yang bisa mengatasi kondisi blefaritis. Bunga ini mempunyai kandungan zat untuk penenang alami sehingga sangat bisa mengatasi adanya iritasi pada bagian kelopak mata dengan cukup cepat. Selain itu, obat herbal alami ini juga bisa mengatasi adanya keluhan mata merah, mengurangi adanya bengkak pada mata dan juga bisa membunuh bakteri yang mengakibatkan blefaritis. Bahkan jika Anda menggunakannya dengan cukup teratur, kondisi blefaritis yang cukup parah juga bisa diatasi dengan cepat.

Cara melakukan perawatan menggunakan chamomile:

  • Pertama Anda bisa mengkonsumsi bunga ini dalam bentuk teh yang sudah di olah menjadi teh herbal. Paling dianjurkan untuk meminumnya sebelum tidur.
  • Cara lainnya, Anda bisa mengkompres bagian mata menggunakan bunga chamomile yang sudah Anda keringkan lebih dulu. Lalu, seduh menggunakan air panas. Celupkan handuk pada airnya, kemudian kompres pada mata.
  • Jika ternyata kondisi blefaritis dinilai cukup parah maka Anda bisa menggunakan bunga ini yang sudah dijadikan krim khsusu untuk mata. Biasanya juga sudah dijual di apotik.

4. Bunga calendula

Bunga calendula merupakan bunga yang sudah cukup lama dimanfaatkan terutama untuk mengatasi masalah yang terjadi pada mata seperti halnya blefaritis. Cendula merupakan jenis bunga yang sangat alami dan mempunyai kandungan senyawa mirip dengan astringent, anti peradangan serta akan membuat mata cepat sembuh. Pada umumnya beberapa orang yang menderiat blefaritis dibagian kulitnya akan terasa sangat gatal, nyeri bahkan disertai dengan adanya bengkak yang akan membuat mata sangat tidak nyama. Dengan memanfaakan calendula Anda bisa mengurangi keluhan-keluhan tersebut.

Cara perawatan menggunakan bunga calendula:

  • Anda bisa mengkonsumsi calendula yang sudah dikemas menjadi teh setiap haru agar bisa mengobat blefaritis langsung dari dalam tubuh.
  • Anda bisa mengompres mata seperti obat herbal sebelumnya. Dengan cara mengambil bunganya kemudian dikeringkan dan diseduh menggunakan air panas, kemudian masukan handuk dan mengompreskannya pada mata. Akan lebih baik jika bisa mengompres saat akan tidur.
  • Anda juga bisa membasuh mata menggunakan airnya, tapi tetap usahakan menggunakan air hangat jangan air dingin.

5. Akar mahonia aquifolium

Tanaman mahoni sudah sangat terkenal, buah yang berasal dari tanaman ini atau dinamakan juga anggur oregon. Buah tersebut sejenis dengan tanaman asal Amerika Utara yaitu Berberidaceae. Tanaman herbal ini juga dinilai sangat baik bisa mengatasi adanya keluhan blefaritis pada mata karena dapat membuat peradangan yang terjadi pada mata semakin berkurang. Kemudian obat ini juga bisa membantu mata untuk menghilangkan adanya bakteri yang menjadi penyebab peradangan.

Jika Anda mengalami keluhan blefaritis seperti keluhan mata merah yang bahkan sulit sembuh, Anda bisa memanfaatkan tanaman mahoni. Anda juga bisa mencegah timbulnya gejala lain mungkin saja menyusul. Di dalam tanaman herbal ini terdapat kandungan yang dinamakan berberin. Kandungan tersebut juga bisa membantu membuat kekebalan tubuh semakin meningkat serta bisa membantu melawan adanya bakteri yang masuk ke dalam mata.

Cara melakukan perawatan dengan tanaman ini cukup mudah. Anda tinggal mengambil bagian akar tanamannya yang masih dalam keadaan segar, kemudian bersihkanlah menggunakan air yang mengalir. Lalu rendam menggunakan air panas 30 menit. Setelah itu Anda bisa menggunakan airnya untuk mengompres bagian mata yang terserang peradangan atau bisa juga digunakan untuk mencuci mata.

6. Goldenseal

Tanaman goldenseal merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah cukup terkenal dan Anda bisa menemukannya di toko herbal yang sudah dikemas menjadi suplemen. Tanaman yang berdaun hijau ini mempunyai bentuk daun kecil dengan sedikit lebar. Jika sudah matang maka akan membentu bunga. Nah, bunganya mempunyai kandungan penting untuk bisa mengatasi keluhan blefaritis. Kedua bahan ini juga bisa membantu Anda untuk membunuh bakteri, virus dan juga jamur yang mengakibatkan infeksi karena blefaritis. Tanaman ini juga bisa membantu Anda agar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik sehingga Anda bisa melawan infeksi akrena blefaritis.

7. Mullein

Tanaman herbal selanjunya yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi keluhan blefaritis adalah dengan tanaman mullein. Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai daun dengan sedikit berbulu. Jika dilihat sekilas, Anda mungkin akan mengira bahwa ini merupakan tanaman kubis. Mullein juga sangat sering dimanfaatkan untuk mengatasi adanya infeksi pada bagian kelopak mata seperti blefaritis.Selain itu, mullein juga mempunyai sifat  pendingin serta bisa menenangkan sehingga rasa sakit yang timbul dan juga bengkak yang merupakan gejala dari blefaritis tidak akan muncul.

Cara melakukan perawatan menggunakan mullein cukup mudah. Anda tinggal membeli mullein yang sudah diolah menjadi bentuk teh, kemudian Anda bisa menyeduhnya dan meminumnya. Atau Anda juga bisa merebus mullein kemudian diamkan sampai hangat dan mengompreskannya pada bagian mata. Jika Anda ingin membuatnya menjadi teh, usahakan Anda meminumnya dengan teratur agar keluhan blefaritis yang Anda alami segera hilang.

8. Bilberry

Bilberry atau termasuk juga jenis buah berry  merupakan tanaman yang juga sering digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit dengan cara herbal. Buah ini mempunyai kandungan alami antosianin yang berperan sangat penting untuk mengatasi terjadinya infeksi pada mata. Kemudian ada juga zat ungu yang bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah pada sekitar kelopak mata menjadi sangat lancar.

Anda juga bisa merasakan manfaatnya dengan cukup cepat, sebab dapat menghilangkan keluhan gejala seperti mata merah, berpasir sampai bengkak. Anda dapat mengkonsumsi buahnya secara langsung atau bisa juga dengan membuat buahnya menjadi beku. Jika Anda ingin membuat manisan dengan buah ini, juga bisa mengatasi kondisi blefaritis.

Pengobatan blefaritis dengan memanfaatkan banyak jenis obat alami atau pun obat herbal ini sudah menjadi pilihan orang-orang untuk mengatasi keluhan tertentu. Namun, tentunya Anda juga harus sangat memperhatikan saat akan membersihkan tanaman-tanaman herbal tersebut. Sebab jika kebersihannya tidak terjaga kondisi infeksi Anda malah bisa semakin parah.

Tips Pencegahan

Agar Anda tidak mudah terserang gangguan pada mata khususnya blefatis, beberapa tips pencegahan berikut bisa Anda lakukan:

  1. Jagalah agar bagian kelopak mata tetap dalam keadaan bersih.
  2. Pastikanlah bahwa Anda membersihkan wajah dengan sangat teratur. Termasuk saat membersihkan riasan mata dan juga wajah.
  3. Jangan menyentuh mata menggunakan tangan kotor atau pun menggosoknya saat gatal. Karena bisa saja menyebabkan mata Anda infeksi.
  4. Sebaiknya jangan menggunakan eyeliner pada bagian ujung dibelakang kelopak mata atau belakang bulu mata.

Itulah informasi penting mengenai blefaritis lengkap dengan penyebab, gejala, perawatan serta pencegahan nya. Tentunya mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. Sehingga akan lebih baik Anda bisa menjaga kondisi mata. Anda juga sebenarnya tidak perlu khawatir jika mengalami blefaritis, karena kondisi penyakit mata ini tidak akan menjadi penyebab mata buta mendadak. Ini hanya penyakit ringan yang disebabkan oleh bakteri.

, , ,