Sponsors Link

Penyebab Cacar Air di Mata dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang bisa menjangkit semua orang. Bahkan penyakit ini dipercaya hanya akan menyerang 1 kali dalam seumur hidup. Timbulnya bintik merah berisi cairan dan tersebar di semua anggota tubuh merupakan salah satu tandanya. Bahkan tidak jarang disertai dengan demam. Lantas bagaimana, bila cacar air di mata? Apakah membahayakan atau tidak? Apakah akan memicu jenis penyakit mata lain atau bisa sembuh dengan sendirinya? Untuk mengetahuinya lebih lengkap, berikut adalah informasi mengenai penyebab cacar air di mata.

ads

Penyebab

Cacar air adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh virus, yaitu varisel zoster. Sementara untuk gejala paling umum yang sering terjadi adalah demam yang ringan, munculnya rasa mual, nyeri pada kepala dan juga badan yang sangat lemas. Lalu, tidak lama penderita juga akan mengalami ruam kemerahan yang nantinya akan menjadi bentol berisi cairan yang akan menimbulkan rasa gatal. Sementara itu, bentolnya sendiri juga akan mengering. Artinya cacar air bukan penyakit mata yang menular   danpenyakit yang akan bertahan selamanya.

Sementara itu, cacar air juga biasanya akan menimbulkan keluhan pada mata, lebih tepatnya lagi di kulit area mata. Ini wajar terjadi karena memang penyebaran bentolannya bisa di bagian tubuh mana saja. Termasuk pada area mata.

Namun, bila Anda mengalami bintil merah seperti cacar air namun hanya terjadi pada area mata saja, itu mungkin saja itu adalah gejala bintintan. Benjolan yang bisa terjadi pada siapa saja dan masuk kedalam penyakit mata ringan dan bukan penyakit mata menular sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir. Kondisi bintitan disebabkan infeksi karena berbagai macam hal. Bisa karena penggunaan make up yang sudah kadalursa, atau bisa juga karena virus.

Kondisi Membahayakan Karena Cacar Air Pada Mata

Bila virus cacar air masuk ke dalam mata kemudian berdiam di sel saraf dan tidak aktif maka itu akan menyebabkan seseorang mengalami kondisi herpes zoster. Ini disebabkan karena selama bertahun-tahun lamanya virus bisa muncul kembali dan menyebabkan adanya komplikasi. Oleh sebab itu, bila mengalami kondisi ini sangat dianjurkan untuk segera melakukan terapi. Terutama bagi yang usianya sudah berada di atas 50 tahun.

Sel saraf mata merupakan cabang dari sel saraf otak yang sebenarnya memliki 12 cabang berbeda. Sehingga bila mengalami infeksi karena virus ini akan menyebabkan adanya kerusakan kornea secara permanenn. Mereka yang mengalami kondisi ini akan mulai mengeluhkan beberapa gejala umum, seperti parutnya berwarna putih sehingga akan terasa silau ketika melihat.

Cara Mengatasi Cacar Air Pada Mata

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika mengalami cacar air pada mata:

  1. Hindarilah menggaruh bagian yang terdapat bintil meskipun gatal. Bila memang sangat gatal cobalah untuk mengompresnya saja menggunakan air dingin.
  2. Jangan pernah menggunakan obat oles yang dibeli tanpa resep dokter
  3. Hindari dulu penggunaan make up atau kosmetik untuk sementara waktu.
Sponsors Link

4. Sebaiknya hindari dulu pemaiakaian lensa kontak kecuali memang sangat dibutuhkan. Cobalah sterilkan terlebih dahulu.

5. Cucilah wajah dengan rutin agar kebersihannya bisa selalu terjaga.

6. Konsumsilah makanan untuk menjaga kesehatan agar tidak menyebabkan komplikasi yang membahayakan

Itulah penyebab cacar air di mata dan cara mengatasinya. Bila memang merasa sudah sangat tidak nyaman karena menimbulkan gejala yang mengganggu sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter.

, ,