Sponsors Link

7 Cara Agar Air Mata Tidak Mudah Keluar Saat Mengupas Bawang

Sponsors Link

Mata seperti ada bayangan air akan membuat mata menjadi tidak nyaman. Kemudian biasanya membuat pandangan mata kabur atau berbayang. Ketika ini terjadi saat berbicara dengan orang lain maka akan membuat Anda merasa malu dan tidak nyaman. Namun masalahnya kondisi ini paling sering terjadi ketika sedang mengupas atau memotong bawang. Semua jenis bawang termasuk bawang merah dan bawang bombay identik dengan air mata. Sehingga banyak orang merasa takut untuk mengupas bawang.

ads

Air mata akan keluar ketika ada enzim khusus yang merangsang kelenjar air mata bekerja secara berlebihan. Kemudian sudut mata akan mengeluarkan cairan yang menjadi air mata. Sayangnya air mata karena menangis sedih atau bahagia memang berbeda dengan air mata ketika mengupas bawang. Agar Anda tidak menangis maka ikuti cara agar air mata tidak keluar saat mengupas dan memotong bawang, seperti dibawah ini.

Penyebab Air Mata Keluar Saat Mengupas dan Memotong Bawang

Semua jenis bawang termasuk dalam keluarga tanaman Allium. Allium akan membuat siklus kehidupan dengan membentuk ubi pada tahun pertama. Kemudian umbi ini akan menyimpan energi agar tanaman bisa menghasilkan bunga dan biji pada siklus kehidupan selanjutnya. Air mata manusia bisa keluar ketika terkena enzim khusus yang mengenai bagian kelenjar lacrimal. Bahan enzim ini juga disebut dengan achrymatory atau LF. Bawang merah mengandung molekul khusus yang bisa membuat kelenjar ini bekerja berlebihan sehingga menghasilkan air mata.

Kandungan LF dalam bawang yang menjadi penyebab iritasi mata merah dan menangis adalah LF synthase atau lachrymatory factor synthase. Saat Anda memotong bawang maka sel-sel tersebut yang berada dalam bawang akan hancur, kemudian bawang mengeluarkan allinase lalu bawang mengeluarkan aroma khusus.

Nah masalahnya saat LF ini menyentuh dengan bagian depan mata, kornea atau ujung syaraf maka akan memberi perintah pada otak untuk membuat mata iritasi dan sinyal untuk kelenjar air mata akan bekerja. Selain kandungan LF, ternyata kandungan sulfur dalam bawang juga menyebabkan air mata Anda keluar karena sulfur juga pecah bersama dengan enzim LF tersebut. Itulah proses dimana air mata selalu keluar ketika kita mengupas atau memotong bawang.

Cara Agar Air Mata Tidak Mudah Keluar Saat Mengupas Dan Memotong Bawang

1. Masukkan bawang ke dalam freezer atau kulkas

Sebelum Anda mengupas dan memotong bawang maka cobalah untuk memasukkan bawang ke dalam freezer atau kulkas. Lakukan proses ini selama 15 menit sebelum bawang siap dikupas. Proses pendinginan ini ternyata bisa membekukan enzim LF yang menyebabkan aroma bawang menjadi pedas dan kuat saat dikupas. Namun proses mendinginkan bawang sebelum dikupas atau dipotong tidak mempengaruhi nutrisi bawang. Jika saat mengupas dan memotong bawang membuat mata tidak nyaman dan mengganjal maka lakukan cara mengobati mata mengganjal.

2. Kupas dan potong bawang dalam air

Umbi bawang tidak hanya mengandung enzim LF saja tapi juga mengandung glukosinates dan kadar sulfur yang sangat tinggi. Bahan-bahan ini yang membuat bawang bisa menjadi lezat ketika digunakan untuk bumbu memasak. Tapi sayangnya kandungan sulfur yang pecah dan menyebar saat dikupas atau dipotong akan membuat air mata keluar. Karena itu untuk mencegahnya maka kupas atau potong bawang di dalam air. Masukkan bawang ke dalam air dingin, kemudian lakukan proses mengupas dan memotong di dalam baskom berisi air.

3. Bernafas dari mulut

Terkadang bawang dijadikan cara mengatasi kelopak mata kering, namun langkah ini sebaiknya tidak dilakukan. Karena bawang bisa menyebabkan mata sangat perih namun produksi cairan mata tidak keluar. Nah proses ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengupas atau memotong bawang tanpa menangis. Rahasianya adalah ketika Anda mengupas atau memotong bawang maka cobalah bernafas dari mulut. Kebiasaan ini bisa membuat kelenjar air mata tidak bekerja karena aliran oksigen dari mulut.

4. Gunakan pelindung mata

Bawang memang kaya dengan senyawa yang akan membuat mata terkena iritasi sampai menangis. Getah dari bawang juga akan membuat mata menjadi sangat pedih. Inilah yang membuat Anda harus menjaga dan melindungi mata ketika mengupas atau memotong bawang. Pelindung mata yang bisa Anda gunakan seperti kacamata khusus. Kacamata ini memiliki bentuk seperti kacamata renang karena tertutup dari atas, samping dan bawah sampai tidak ada uap bawang yang masuk mata. Dan kacamata ini tentu bukan jenis kacamata yang sama seperti fungsi kacamata minus, plus atau astigmatisma.

Sponsors Link

5. Hilangkan aroma sulfur secara cepat

Sulfur yang terdapat pada bawang memang memberi aroma dan rasa bawang yang gurih dan lezat. Sayangnya sulfur bisa menyebabkan mata perih dan tidak nyaman saat mengiris bawang. Hal penting yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk menghilangkan sulfur dari bawang dengan cepat. Caranya adalah dengan meletakkan kipas angin di dekat Anda saat mengupas atau memotong bawang. Dengan begitu aroma sulfur akan terkena angin.

6. Panaskan bawang sebentar

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk memanaskan bawang sebentar saja sebelum di kupas atau dipotong. Caranya adalah dengan memanaskan bawang dalam microwave selama 30 sampai 45 detik saja. Cara ini yang akan membuat sulfur menguap namun berbagai senyawa alami dalam bawang juga tidak rusak. Setelah bawang dipotong maka tetap bisa digunakan untuk memasak.

7. Rendam pisau dengan air lemon

Anda juga bisa mencoba untuk merendam pisau dengan air perasan lemon sebelum digunakan. Lemon mengandung bahan asam yang sangat kuat dan ini bisa melawan molekul enzim LF dan sulfur yang pecah ketika dikupas dan dipotong. Jadi rendam pisau Anda selama kurang lebih 10 menit kemudian kupas dan potong bawang langsung. Anda tidak perlu mengeringkan pisau karena rasa asam tidak akan cukup kuat untuk bawang.

Itulah semua cara agar air mata tidak keluar saat mengupas dan memotong bawang. Anda bisa menerapkan tips mana yang paling ampuh untuk mata Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan