Sponsors Link

8 Cara Agar Mata Minus Tidak Bertambah

Sponsors Link

Mata minus merupakan salah satu jenis penyakit matayang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat objek dengan jarak yang jauh sehingga dikenal juga dengan sebutan rabun jauh. Kondisi mata minus bisa diderita oleh siapa saja, tidak terkecuali anak kecil. Akibat dari kondisi mata minus akan menyebabkan Anda harus memanfaatkan fungsi kacamata minus tau softlense untuk membantu penglihatan agar bisa melihat dengan jelas. Tentunya bagi Anda yang memiliki kondisi mata minus akan sangatlah tidak nyaman apalagi jika minusnya bertambah besar. Berikut ini adalah cara agar mata minus tidak bertambah yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi mata minus Anda.

ads

1. Cobalah untuk melihat objek tanpa menggunakan alat bantu

Cara agar mata minus tidak bertambah yang pertama adalah dengan melakukan latihan penglihatan pada mata. Saat Anda sedang berada di luar ruangan yang memang cukup banyak objek untuk bisa dipandang, cobalah untuk melihatnya tanpa menggunakan kacamata. Kamu bisa coba melihat pemandangan seperti gunung, pepohonan agar matamu bisa terlatih untuk fokus melihat objek yang jauh.

2. Coba untuk tidak menggunakan kacamata ketika sedang tidak dibutuhkan

Anda juga bisa coba dengan tidak terlalu ketergantungan pada kacamata. Misalnya saja, saat Anda sedang dalam waktu yang tidak membutuhkan konsentrasi ekstra untuk melihat objek lepaskanlah kacamata Anda. Ini juga akan membantu mata terlatih untuk melihat objek tanpa kacamata.

3. Kamu bisa coba cara alami menggunakan daun sirih

Cara mengobati mata minus dengan daun sirih merupakan salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan. Untuk mengatasi mata minus, Anda bisa menempelkan daun sirih yang sudah dicuci dengan bersih pada mata. Anda bisa menempelkan daun sirih dengan sebelum tidur.

4. Sebaiknya Anda mengalihkan pandangan 25 menit sekali saat di depan gadget atau komputer

Berlama-lama memandang layar komputer atau laptop akan menjadi penyebab mata cepat lelah mata juga sangat memerlukan istirahat. Untuk itu, jika memang Anda seorang yang dituntun harus bekerja lama-lama di depan komputer cobalah untuk mengalihkan pandangan tiap 25 menit sekali. Ini untuk mengistirahatkan mata Anda supaya tidak kelelahan.

5. Latihan melihat objek bergerak

Ketika Anda sedang berada di jalan raya, Anda juga melatih mata dengan coba melihat kendaraan yang bergerak. Karena objek bergerak akan membantu mata Anda untuk fokus pada suatu objek yang bergerak dan jarak jauh.

6. Seringlah mengedipkan mata, jika perlu bisa juga menggunakan tetes mata

Anda juga sebaiknya sering melakukan kedipan mata. Tujuannya adalah agar bisa meminimalisir debu yang masuk ke dalam mata. Jika memang dibutuhkan Anda juga bisa coba menggunakan obat tetes mata agar bisa menyegarkan mata dan menghindari mata lelah.

7. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A

Agar mata Anda tetap dalam keadaan sehat dan minusnya tidak bertambah, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan vitamin A. Wortel merupakan salah satu  makanan untuk menjaga kesehatan mata sangat baik karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Sponsors Link

8. Melindungi mata ketika berkendara

Selain harus melindungi bagian kepala ketika Anda berkendara, Anda juga sebaiknya menggunakan helm untuk melindungi mata agar bisa terhindar dari debu yang akan membuat mata Anda berair. Mata yang terkena debu akan memicu terjadinya mata minus hilang fokus.

Itulah 8 cara mata minus agar tidak bertambah yang bisa coba Anda lakukan untuk tetap menjaga kondisi mata, agar sehat dan minusnya tidak bertambah.

, , ,