Sponsors Link

11 Cara Agar Mata Tidak Iritasi Saat Memakai Softlens Paling Aman

Sponsors Link

Menggunakan softlanes atau lensa kontak sudah menjadi hal yang sangat umum untuk semua penderita gangguan mata. Pemakaian lensa kontak dianggap lebih nyaman dan tidak melelahkan dibandingkan dengan kacamata. Hanya saja terkadang banyak orang yang meremehkan perawatan mata yang sering menggunakan lensa kontak.

ads

Akibatnya banyak orang yang menggunakan lensa kontak dan mereka mengeluh mata menjadi tidak nyaman. Hal yang sangat umum terjadi pada mata adalah mata menjadi iritasi. Tentunya jika sudah muncul beberapa ciri-ciri iritasi mata karena softlens maka harus sangat waspada. Tanda iritasi yang dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk termasuk seperti infeksi. Berikut ini kami akan memberikan beberapa cara agar mata tidak iritasi saat memakai softlens paling aman yang bisa Anda lakukan.

1. Usahakan tangan bersih sebelum memakai

Langkah pertama ketika Anda tidak ingin terkena iritasi karena terus memakai lensa kontak adalah dengan menjaga  kebersihan lensa kontak Anda. Kebiasaan ini akan mencegah beberapa efek memakai softlens setiap hari yang biasanya memicu iritasi. Jadi hal yang harus Anda lakukan adalah mencuci tangan dengan sabun antiseptik sampai bersih. Setelah itu keringkan dengan handuk yang lembut dan tidak mengandung serat. Pastikan tangan benar-benar kering saat akan memakai lensa.

2. Jangan ada bahan kimia make up pada tangan

Kemudian langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk tidak menggunakan bahan kimia apapun sebelum menggunakan lensa kontak. Jika Anda terlanjur sudah menggunakan bahan make up dan perawatan tubuh seperti krim atau lotion, maka cuci kembali tangan Anda. Bahan kimia yang menempel pada jari tangan jika tidak dibersihkan maka akan menempel pada lensa. Ini akan membuat lensa menjadi penyebab iritasi mata merah.

3. Waspada jika menggunakan semprotan rambut

Riasan tentu sangat penting untuk wanita, terutama untuk menata rambut agar sempurna. Jika Anda memang menggunakan bahan seperti semprotan maka Anda harus menggunakan dengan benar, berurutan dengan menggunakan lensa kontak. Jadi yang benar adalah menyemprot rambut terlebih dahulu, baru setelah itu menggunakan lensa kontak. Perhatikan juga agar sebelumnya sudah mencuci tangan seperti langkah pertama di atas.

4. Jaga kuku Anda

Ketika Anda sudah terbiasa menggunakan lensa kontak sendiri tanpa bantuan orang lain maka Anda harus waspada dengan kuku. Hal yang harus Anda lakukan adalah memotong kuku menjadi pendek dan menjaga kebersihan kuku. Kuku jari paling banyak bersentuhan dengan lensa ketika menggunakan lensa. Jika kuku panjang maka bisa merusak lensa dan bahkan kebiasaan menggaruk lensa mata juga akan sangat buruk. Infeksi yang menyebar luas dari lensa kontak bahkan bisa menjadi penyebab kebutaan mata.

5. Riasan wajah dan lensa kontak

Jika Anda menggunakan riasan wajah maka sangat penting untuk memperhatikan urutan menggunakan lensa kontak. Jangan salah sebab kesalahan memasang justru akan membuat bahan riasan wajah menempel pada lensa dan sangat berbahaya untuk mata. Jadi yang terpenting adalah memasang lensa kontak pada mata sebelum menggunakan riasan. Langkah ini untuk menjaga agar tidak ada bahan riasan yang masuk ke lensa kontak. Kemudian keluarkan lensa kontak ketika ingin membersihkan wajah.

6. Lepas lensa ketika akan tidur

Hal yang sangat penting untuk diwaspadai ketika menggunakan lensa kontak adalah jangan sampai terkena bahaya memakai softlens saat tidur. Ketika Anda tetap menggunakan lensa kontak saat tidur maka bisa menyebabkan mata kering. Hal ini terjadi karena seharusnya mata menghasilkan air mata alami ketika tidur sehingga mata tetap lembab dan sehat saat tidur atau bangun tidur. Bahkan kebiasaan menggunakan lensa kontak saat tidur juga akan menyebabkan kerusakan pada lapisan terluar kornea. Kondisi ini disebabkan karena mata memang kekurangan oksigen saat tidur.

7. Pilih lensa kontak sekali pakai

Jika Anda baru pertama kali memakai lensa kontak maka penting untuk memilih jenis lensa yang tepat. Biasanya Anda akan menerima penawaran berupa lensa kontak untuk sekali pakai dan lensa kontak untuk beberapa bulan. Akan lebih baik jika Anda hanya memilih lensa kontak sekali pakai. Kebiasaan ini untuk menghindari iritasi mata akibat banyaknya kotoran pada lensa yang dipakai selama beberapa bulan. Bahkan menggunakan lensa kontak dalam waktu beberapa bulan bisa menyebabkan mata menjadi kering dan iritasi.

Sponsors Link

8. Menjaga kebersihan lensa kontak dan tempatnya

Sebenarnya perawatan untuk pemakaian lensa kontak tidak hanya untuk mata saja tapi juga untuk lensa kontak itu sendiri dan tempatnya. Sebaiknya Anda hanya menggunakan bahan khusus yang direkomendasikan oleh dokter untuk jenis pembersih lensa kontak. Lalu untuk tempat lensa kontak maka harus dibersihkan setiap hari. Tempat untuk menyimpan lensa kontak harus dibersihkan dan dibilas dengan cairan pembersih softlens setelah lensa kontak digunakan. Lalu biarkan sampai kering atau dikeringkan dengan tisu bersih. Kebiasaan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

9. Gunakan tetes mata khusus

Kemudian sangat penting juga untuk menggunakan tetes mata khusus bagi pemakai lensa kontak. Biasanya orang yang menggunakan lensa kontak akan memiliki mata yang cukup kering karena produksi air mata yang terhambat. Karena itu solusinya adalah menggunakan obat tetes mata khusus yang sudah diresepkan oleh dokter. Kebiasaan ini sangat baik untuk menjaga agar mata lebih sehat dan mata tidak mudah terkontaminasi kuman dan bakteri.

10. Perhatikan lamanya waktu pemakaian lensa kontak

Jika Anda memang sudah terbiasa menggunakan lensa kontak maka Anda harus waspad dengan lamanya pemakaian lensa kontak. Usahakan untuk tidak menggunakan lensa kontak dalam waktu yang sangat lama. Waktu yang paling ideal adalah tidak lebih dari 10 jam per hari. Kecuali jika mata Anda sangat kering maka Anda harus menggunakan lensa kontak dengan jam yang lebih pendek. Hal ini sangat penting agar mata bisa istirahat dan nyaman sehingga tidak iritasi.

11. Perhatikan jadwal periksa mata

Anda juga harus menjaga waktu untuk periksa ke dokter mata. Ini sangat penting sekali untuk mengetahui perkembangan kesehatan mata. Jangan sampai menggunakan lensa kontak terus menerus namun tidak tahu kondisi mata. Dalam pemeriksaan dokter akan memberikan resep lensa dan Anda bisa mengikuti resep tersebut.

Nah itu semua cara agar mata tidak iritasi saat memakai softlens paling aman. Usahakan mematuhi semua aturan tersebut agar mata sehat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan