Sponsors Link

6 Cara Agar Softlens Tidak Perih Saat Dipakai

Sponsors Link

Softlens merupakan benda lunak yang dapat membantu penglihatan mata bermasalah seperti halnya mata minus. Dimana penggunaan softlens memiliki risiko besar jika tidak memperhatikan tata cara pemakaian. Risiko softlens sangat berbahaya karena adanya kontak langsung pada mata, dimana saat penggunaan softlens tidak sesuai bisa dapat menyebabkan iritasi mata bahkan hingga kebutaan.

ads

Banyak penyebab terjadinya mata perih disamping karena softlens tetapi ada juga sebab lain seperti mata yang tidak bisa terpapar mata hari langsung. Penggunaan lensa kontak atau softlens harus diperhatikan dengan saksama agar tidak kesalahan pada saat pemakaian.

Penggunaan softlens kini bukan hanya untuk membantu penglihatan saja, tetapi banyak pengguna softlens yang hanya untuk gaya hidup sehingga tidak perlu repot menjaga softlens. Hal ini lah yang berbahaya untuk kesehatan mata. Apa lagi jika menggunakan softlens yang dijual dengan harga yang sangat murah, kualitasnya dapat diragukan. Penggunaan seperti ini dapat menyebabkan mata terasa perih.

Penyebab mata selalu perih saat memakai softlens saat menggunakan softlens:

  • Softlens yang terkontaminasi kotoran

Misalnya softlens yang terkena polusi asap rokok, asap kendaraan atau debu. Adanya kotoran atau debu yang menempel pada softlens. Adanya bakteri pada softlens. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar debu yang menempel tidak menganggu penglihatan seperti halnya penglihatan menjadi buram.

  • Softlens yang rusak

Softlens dengan kondisi tidak sempurna seperti adanya kecacatan atau robek maka ketika dipakai mata akan terasa perih. Ketika robek, maka softlens dapat saja terasa menusuk ke mata hingga mata menjadi merah. Maka janganlah gunakan softlens yang rusak seperti itu demi keamanan juga kenyamanan mata.

  • Tidak cocok pada sotlens

Ketidaknyamanan bisa disebabkan karena mata yang tidak cocok ketika menggunakan softlens. Misalnya perbedaan kelembaban mata yang tidak cocok dengan kadar air pada softlens. Perhatikanlah kadar air yang bagus untuk softlens tersebut juga untuk mata agar tetap terjaga kelembabannya.

  • Alergi pada bahan softlens

Terkadang, ada mata yang tidak cocok dengan bahan softlens yang digunakan atau dalam kandungan softlens tersebut. Namun hal ini jarang ditemukan.

  • Mata sensitif

Mata yang kemerahan atau perih bisa saja disebabkan oleh kondisi mata yang tidak sehat. Bisa juga hal tersebut adalah gejala dari suatu penyakit. Adanya virus juga kondisi tubuh yang kurang baik dan berdampak pada mata. Kotoran yang masuk ke mata atau mata yang sensitif bisa menjadi penyebabnya. Bukan hanya softlens saja yang dapat menyebabkan mata kemerahan atau perih.

Lalu bagaimana seharusnya langkah yang diambil agar mata tidak perih saat menggunakan softlens? Ini adalah cara agar softlens tidak perih saat dipakai:

1. Jangan menggunakan softlens hingga 8 jam atau lebih

Menggunakan softlens lebih dari 8 jam dapat menyebabkan mata kering sehingga tidak nyaman dan mengganggu mata. Mata kering dapat menyebabkan perih dan kemerahan.

2. Perhatikan batas waktu pemakaian

Berapa lama masa berlaku softlens? Softlens yang sudah kadaluarsa jangan pernah lagi dipakaikan ke mata, maka saat membeli softlens perhatikanlah waktu produksi dan batas waktu penggunaan softlens tersebut. Agar aman saat diaplikasian ke mata.

3. Tidak menggunakan softlens saat tidur

Ketika tidur maka mata akan terpejam, jika softlens masih digunakan maka akan mengganjal dan posisi softlens tersebut akan bergerak. Maka pastikan ketika saat ingin tidur lepaslah softlens agar tidak terjadi iritasi. Bahaya memakai softlens saat tidur bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Sponsors Link

4. Simpan softlens di tempat yang bersih

Perhatikan wadah tempat menyimpan softlens, jika wadah yang digunakan kotor maka kotoran tersebut akan menempel pada softlens, sehingga softlens tidak higienis. Apabila dipakai maka kotoran yang menempel di softlens akan berpindah menempel pada mata pengguna.

5. Bersihkan softlens sebelum dan sesudah penggunaan

Meskipun pemakaian softlens terbilang hanya sebentar tapi tidak ada salahnya untuk membersihkan softlens tersebut agar tidak ada lagi kotoran atau debu yang menempel di softlens. Ketika digunakan kembali maka mata akan terasa nyaman dan dapat melihat dengan jernih.

6. Perhatikan air softlens

Untuk membersihkan softlens itu sendiri tidak dapat semaunya, karena air yang digunakan untuk softlens berbeda kandungannya dengan air biasa. Kandungan yang air yang terdapat dalam softlens membantu membersihkan dan sudah sesuai dengan kebutuhan softlens tersebut. Maka bila menggantinya dengan air yang berbeda, kandungan yang diperlukan softlens tidak ada maka dapat merusak softlens tersebut. Dapat pula merusak mata saat digunakan.

Itu adalah sebab mata yang perih saat mengunakan softlens dan cara agar softlens tidak perih saat dipakai. Penggunaan softlens terkadang tidak terlalu diperhatikan tata caranya, hingga merasa tidak nyaman barulah pengguna tersebut memeriksakannya. Terlebih jika penggunaan softlens hanya digunakan untuk menunjang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan