Sponsors Link

Cara Membersihkan Kacamata yang Kotor dan Perawatannya

Sponsors Link

Bagi Anda pengguna kacamata, kacamata pastinya sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan Anda. Aktivitas apapun tidak akan terasa nyaman tanpa menggunakan kacamata. Kacamata menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari.

ads

Para pengguna kacamata terkadang belum mengetahui cara membersihkan kacamata yang kotor dengan benar. Lensa kacamata sering tergores akibat cara membersihkan yang tidak benar. Apabila Anda tetap menggunakan kacamata yang tergores, maka akan terjadi resiko kerusakan mata yang lebih tinggi.

Kacamata yang kotor dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Anda tidak dapat melihat dengan jelas atau buram. Partikel-partikel debu yang menempel dapat menghalangi penglihatan Anda.

Saat Anda merasa bahwa kacamata yang dikenakan kotor, Anda mungkin saja sering mengelapnya dengan tisu ataupun pakaian Anda. Alasan praktis mungkin menjadi penyebab utama dari mengelap kacamata pada saat kering. Sejatinya saat Anda mengelap kacamata pada kondisi kering, maka lensa kacamata dapat tergores.

Sebenarnya terdapat beberapa cara membersihkan kacamata yang kotor. Kali ini akan diberikan 3 cara membersihkan kacamata yang kotor.

  1. Menggunakan cairan pembersih kacamata khusus

Cairan pembersih kacamata khusus ini dapat ditemukan di optik dan apotik. Sebelum menyemprotkan cairan pembersih khusus, bilaslah kacamata dengan air bersih yang mengalir. Namun, jika tidak terdapat air bersih maka semprotkan cairan pembersih kacamata lebih banyak. Keringkan kacamata dengan cara mengguncang-guncang kacamata. Kain microfiber atau kain katun dapat digunakan untuk membantu mengeringkan kacamata. Kain microfiber merupakan kain yang memiliki serat yang sangat halus. Kain ini sering digunakan untuk membersihkan lensa kacamata maupun lensa kamera. Setelah itu, pastikan bahwa lensa kacamata sudah kering dan bersih.

  1. Menggunakan sabun dan air mengalir

Para ahli optometri menyarankan untuk membersihkan kacamata menggunakan larutan sabun cuci piring cair yang bersifat netral (pH = 7 atau pH netral). Sebelum mengaplikasikan sabun cair tersebut pada kacamata, pertama bilas kacamata dengan air hangat untuk menghilangkan partikel debu yang menempel pada permukaannya. Teteskan sabun pada lensa dan ratakan sabun pada permukaan lensa hingga berbuih. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan kacamata. Jangan menekan dan menggosok lensa kacamata terlalu kasar.

  1. Melakukan pencucian kacamata di optik

Cara membersihkan kacamata yang kotor dapat dilakukan dengan membawa kacamata ke optik. Pencucian kacamata di optik bisa menjadi pilihan tepat, karena umumnya optik menggunakan mesin khusus untuk membersihkan kacamata. Optik akan membersihkan kacamata Anda dengan profesional.

Terdapat beberapa hal yang perlu dihindari pada saat membersihkan kacamata yang kotor yaitu:

  1. Jangan mengusap lensa kacamata pada saat kering, karena partikel debu dapat menyebabkan goresan pada permukaan lensa.
  2. Letakkan lensa kacamata menghadap ke atas saat menyimpan di wadah kacamata.
  3. Lilitkan kain microfiber pada saat kacamata tidak digunakan atau disimpan dalam wadah kacamata. Hal ini dapat menghindari lensa kacamata dari partikel-partikel debu ataupun tergores dari benda lainnya.
  4. Hindari menggosok kacamata terlalu keras, karena dapat menggores lensa kacamata
  5. Hindari menggunakan tisu untuk membersihkan atau mengeringkan kacamata. Seperti kita ketahui bahwa tisu berasal dari serat kayu, sehingga penggunaan tisu dapat merusak permukaan lensa.
  6. Hindari menggunakan air bersuhu tinggi untuk mencuci kacamata berbingkai plastik. Bahan plastik dapat berubah bentuk karena terkena air panas.
  7. Jangan membersihkan kacamata dengan produk pembersih yang mengandung amonia. Pada umumnya lensa kacamata memiliki lapisan pelindung yang tidak boleh terkena amonia dan cuka.
  8. Pastikan baut penahan lensa terpasang dengan kuat sebelum membersihkan kacamata. Jangan sampai baut kacamata terlepas pada saat proses pembersihan.
  9. Cat bingkai terkadang mengelupas bahkan sebelum dibersihkan. Pastikan bahwa Anda mengusap bingkai kacamata tanpa menyebabkan pengelupasan pada cat bingkai.
  10. Sebaiknya konsultasikan kepada ahli mata apabila Anda ingin menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan kacamata yang kotor.

Setelah Anda mengetahui cara membersihkan kacamata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Simpan kacamata di dalam wadahnya saat sedang tidak digunakan.
  2. Jangan meletakkan kacamata di tempat yang kotor dan berdebu.
  3. Jangan meletakkan kacamata di tempat yang aman.
  4. Jangan meletakkan kacamata dengan posisi lensa kacamata berada di bawah.
  5. Jangan memegang bagian lensa kacamata, karena dapat meninggalkan bekas jari pada lensa.
  6. Setidaknya cucilah kacamata 2 kali setiap minggunya.

Tips membersihkan kacamata yang kotor dapat dilakukan dengan mudah. Namun, Anda juga perlu memperhatikan berbagai hal setelah membersihkan kacamata. Karena kacamata merupakan bagian penting bagi penggunanya, sehingga wajar apabila para pengguna perlu memberikan perhatian khusus untuk membersihkan kacamatanya.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan