Sponsors Link

10 Cara Membuat Mata Putih Bersih Alami dan Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Memiliki mata yang bersih dan jernih pasti keinginan semua orang. Sayangnya karena berbagai penyebab maka mata bisa terlihat keruh dan kurang jernih. Ada banyak kondisi mata yang menyebabkan mata terlihat kurang putih seperti misalnya akibat glaukoma, kebiasaan melihat komputer lama, terus menerus melihat gadget dan juga efek lingkungan seperti polusi udara. Jika hal itu terjadi terus maka bagian putih maka menjadi kurang sehat dan tidak bening. Nah sebagai solusinya Anda bisa mengikuti cara membuat mata putih bersih alami dan mudah dilakukan, seperti dibawah ini.

ads

1. Kompres Air Dingin Setiap Pagi

Anda bisa mencoba untuk mengompres mata menggunakan air dingin setiap pagi setelah bangun tidur. Biasanya setelah bangun tidur maka mata akan terlihat bengkak dan kurang jernih. Pandangan mata juga kurang jelas karena sistem peredaran darah yang belum mencapai mata. Untuk itu siapkan kain bersih untuk membungkus es batu. Berikan pada bagian sekitar mata sambil diberi pijatan ringan. Dengan cara ini maka mata menjadi sangat bersih dan nyaman. Terlebih jika akan bekerja dengan komputer untuk sepanjang hari, jadi jangan biarkan mata terkena pengaruh komputer terhadap kesehatan mata.

2. Manfaatkan Obat Tetes Mata

Saat ini juga sudah banyak dijual berbagai merek obat tetes mata yang aman dan bisa dibeli diapotik tanpa resep dokter. Jenis obat tetes mata ini akan bekerja untuk mengurangi iritasi, debu atau kotoran pada mata, mata gatal dan mata lelah. Jadi Anda perlu menyesuaikan kondisi mata dengan obat tetes mata yang akan digunakan. Jika lelah maka lebih baik menggunakan obat tetes mata lelah.

3. Minum Jus Wortel

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat. Jika mata keruh atau tidak bening maka itu juga bisa saja kekurangan vitamin A. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan ini adalah dengan minum jus wortel setiap hari. Jus wortel kaya dengan beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan makula mata. Selain itu konsumsi beberapa vitamin mata terbaik yang didapatkan dari rekomendasi dokter atau bisa dibeli bebas di apotik.

4. Minum Cukup Cairan

Air putih menjadi nutrisi yang sangat penting untuk menjaga mata tetap putih dan jernih. Ketika tubuh Anda kekurangan cairan maka akan terjadi dehidrasi. Ini akan membuat tubuh layu, lemah, pusing dan mata menjadi tidak cerah. Efeknya mungkin tidak akan terasa langsung tapi membutuhkan waktu yang lebih lama. Karena itu sebaiknya Anda berusaha untuk minum air putih sebanyak 8 atau 10 gelas per hari. Pastikan juga Anda mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda.

5. Kompres Mata dengan Mentimun

Mentimun mengandung cairan yang cukup banyak dan bersifat dingin. Karena itu mentimun sangat baik untuk membantu mengatasi mata yang lelah, gatal dan terkena iritasi. Tiga masalah ini memang akan membuat mata terlihat kurang jernih. Karena itu Anda bisa mencoba untuk meletakkan potongan mentimun yang sudah didinginkan, ke bagian mata secara langsung. Sambil mengompres mata dengan mentimun Anda bisa bersantai sehingga lebih nyaman. Cara ini juga bisa menjadi cara mengatasi mata perih saat berkedip.

6. Gunakan Teh Celup Bekas

Salah satu bahan lain yang bisa digunakan untuk memutihkan mata adalah bekas teh celup kantong. Anda bisa meletakkan bekas teh celup kantong yang sudah didinginkan di dalam kulkas selama 24 jam. Memang obat ini dianggap sepele tapi manfaatnya sangat besar. Kandungan flavonoid dari teh yang sudah didinginkan terbukti bisa mengatasi infeksi akibat bakteri, virus dan kotoran mata. Caranya juga sangat mudah, cukup dengan meletakkan pada mata dan lakukan sambil bersantai di pagi hari.

7. Kompres dengan Madu dan Daun Mint

Jika Anda memiliki daun mint maka jangan lewatkan perawatan untuk mata bening ini. Ambil beberapa daun mint yang masih segar, kemudian cuci dan haluskan. Lalu campur dengan setengah sendok teh madu murni. Masukkan dalam kain yang tipis kemudian oleskan ke bagian kelopak mata sampai pelipis. Setelah itu berikan pijatan ringan untuk membantu sistem peredaran darah mata yang lebih segar.

8. Kompres dengan Mentimun dan Kentang

Cara lain yang sangat diandalkan adalah dengan mengompres mata menggunakan jus kentang dan mentimun. Kedua bahan ini mengandung kadar air yang sangat tinggi. Selain itu juga kaya dengan vitamin C yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dari infeksi bakteri dan menghilangkan mata lelah. Caranya seperti biasa dengan menghaluskan kentang dan mentimun. Kemudian ambil kapas secukupnya dan masukkan ke dalam jus tersebut. Lalu oleskan ke bagian kelopak mata dan sekitarnya. Ulangi sekali lagi dan terakhir gunakan kapas yang sudah dicelupkan pada jus untuk mengompres mata.

9. Kurangi Pemakaian Gadget

Selain melakukan beberapa perawatan di atas maka Anda juga harus mencoba untuk mengurangi penggunaan gadget. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar kesehatan mata pulih lagi. Anda harus menyadari bahda sinar biru dari gadget bisa merusak kornea dan retina mata. Bahkan bisa mengakibatkan sklera mata menjadi keruh. Jadi kurangi kontak mata dengan gadget dan pertimbangkan untuk lebih sering melihat suasana alam.

10. Kurangi Begadang

Anda juga harus mencoba untuk mengurangi waktu begadang jika masih melakukan kebiasaan ini. Ketika Anda tidur maka mata menghasilkan cairan yang cukup untuk membersihkan mata dan mengeluarkan semua kotoran dari mata. Itulah sebabnya saat bangun tidur bagian ujung mata Anda berisi kotoran mata. Ketika Anda kurang tidur maka proses ini tidak terjadi sehingga mata tampak kurang bening dan keruh. Jadi cobalah untuk mengurangi kebiasaan begadang dan cukupi waktu tidur.

Itulah cara membuat mata putih bersih alami dan mudah dilakukan. Anda bisa memilih mana langkah yang mudah dan bahan yang tersedia di rumah Anda. Jika kondisi tersebut tidak bisa dirawat secara alami maka segera kunjungi dokter mata terdekat.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan