Sponsors Link

12 Cara Mencegah Glaukoma Sejak Dini

Sponsors Link

Ketika tekanan mata cukup tinggi maka mata bisa terkena beberapa risiko penyakit termasuk glaukoma. Penyakit ini sangat berbahaya karena tanpa perawatan yang tepat maka bisa menyebabkan kebutaan. Sementara perawatan dini bisa mengurangi kebutaan sampai 45 persen. Tapi masalahnya terkadang perawatan tidak berjalan lancar sehingga selalu ada risiko kebutaan pada penderita glaukoma.

ads

Ada beberapa hal yang memicu glaukoma termasuk ketika sudah memiliki beberapa faktor risiko. Misalnya saja pada kasus glaukoma sudut terbuka maka bisa karena tekanan mata yang cukup tinggi, usia lanjut, riwayat keluarga, kornea yang semakin tipis dan ras Afrika Amerika. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena kelainan mata seperti rabun jauh yang parah, efek penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes. Mengobati mungkin bukan tindakan pertama yang perlu dilakukan agar tidak terkena glaukoma. Langkah pencegahan perlu dilakukan sejak awal agar mata sehat sampai tua. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah glaukoma sejak dini.

  • Menjaga berat badan ideal

Anda bisa mencoba untuk menjaga berat badan ideal sehingga tidak terkena obesitas. Ketika berat badan berlebihan maka kondisi tubuh menjadi tidak sehat. Akhirnya selalu ada faktor risiko yang meningkatkan glaukoma seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan bahkan menumpuknya lemak pada mata. Jika sudah terkena diabetes maka itu bisa memicu penyebab kebutaan mata.

  • Jaga tekanan darah normal

Untuk bisa menghindari penyebab glaukoma maka secara medis Anda harus menjaga tekanan darah tetap normal. Kondisi ini yang akan membuat tekanan pada mata tidak berlebihan. Sementara jika terkena hipertensi maka bisa memicu tekanan yang sangat kuat pada pembuluh darah termasuk pada mata. Inilah yang akhirnya memicu tekanan pada sudut mata yang akhirnya menjadi glaukoma. Bahkan hipertensi sering menjadi penyebab pandangan mata tidak fokus.

  • Jangan merokok

Glaukoma adalah kondisi ketika tekanan mata menjadi sangat tinggi sehingga membuat aliran cairan pada sudut mata terpengaruh. Kondisi ini ternyata juga bisa dipicu oleh rokok yang bisa menyebabkan dampak yang serius. Asap rokok yang keluar setelah dihisap akan naik dan mengenai mata. Biasanya jika disebabkan oleh rokok maka glaukoma menyerang pada usia yang lebih tua. Terkadang jika sudah parah maka tidak bisa diatasi dengan jenis operasi glaukoma.

  • Hindari kafein berlebihan

Kafein adalah salah satu pemicu berbagai jenis penyakit. Ketika tubuh mendapatkan kafein secara berlebihan ternyata juga bisa membuat tekanan mata menjadi sangat parah. Hal ini karena ketika tubuh baru saja mendapatkan kafein maka tekanan mata akan meningkat selama kurang lebih 90 menit. Ini akan membuat kondisi mata memburuk dari waktu ke waktu.

  • Olahraga

Olahraga akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Olahraga akan mengendalikan berat badan yang berlebihan, menjaga tekanan darah, membuat aliran darah yang stabil,membantu membuang racun dari semua bagian tubuh dan menjaga agar tidak ada penumpukan plak pada pembuluh darah. Jika tubuh berada dalam kondisi yang sangat sehat maka risiko glaukoma akan menurun secara alami. Bahkan bisa melindungi dari berbagai jenis-jenis penyakit mata.

  • Jaga mata dari sinar matahari

Langkah yang lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menjaga mata agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini sangat penting untuk membuat semua bagian organ mata tidak terkena paparan sinar UV dan panas yang berlebihan. Jadi saat keluar di siang hari maka Anda bisa mengenakan kacamata atau topi untuk melindungi mata.

Sponsors Link

  • Periksa mata secara teratur

Terkadang berbagai macam gejala glaukoma memang tidak akan terasa dengan cepat. Namun gejala semakin parah dan bertambah seiring bertambahnya waktu. Karena itu langkah yang sangat baik untuk mencegah penyakit glaukoma adalah dengan periksa mata secara teratur. Dengan pemeriksaan mata secara teratur paling tidak 6 bulan sekali maka dokter tahu kondisi mata dan jika ada gejala glaukoma maka bisa diobati sejak awal.

  • Konsumsi sayuran dan buah berwarna kuning, oranye dan hijau

Jika Anda tidak menyukai buah dan sayuran maka cobalah untuk mulai menyukai dua jenis makanan ini. buah dan sayuran yang berwarna hijau, kuning dan oranye sangat baik untuk melawan glaukoma. Hal ini karena makanan tersebut mengandung karotenoid yang sangat alami. Lalu juga mengandung zeaxanthin dan lutein yang akan menjaga lapisan makula mata. Sumber makanan yang kaya dengan semua nutrisi ini seperti bayam, collard green, kale, brokoli, okra, jagung, kubis, kentang, kacang-kacangan, labu, mangga, jeruk dan masih banyak lagi.

  • Makanan kaya vitamin C

Sumber lain yang sangat baik untuk mencegah glaukoma adalah dengan vitamin C. Vitamin C menjadi sumber antioksidan yang akan menjaga kesehatan mata secara alami. Cara untuk mendapatkan vitamin C paling baik adalah dari makanan yang sangat alami dan tidak mengandung banyak pestisida. Jadi Anda bisa mempertimbangkan sayuran atau buah organik. Berbagai jenis makanan ini seperti brokoli, tomat, jeruk, apel, paprika, kentang, blewah, sawi dan sayuran lain.

Sponsors Link

  • Makanan kaya vitamin A

Semua jenis makanan yang mengandung vitamin A memang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kondisi glaukoma tidak hanya menyerang orang lanjut usia tapi juga orang dewasa dan anak-anak yang kekurangan nutrisi khusus dari vitamin A. Vitamin ini bekerja untuk menjaga agar lapisan kornea dan makula tetap sehat. Berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A ini seperti kuning telur, susu, mangga, hati, ubi dan wortel.

  • Dapatkan vitamin E

Selain vitamin A maka Anda juga harus mencukupi kebutuhan vitamin E. Hal ini karena vitamin E berubah menjadi zat antioksidan. Zat ini sangat baik untuk menjaga agar lapisan makula tidak mengalami pengikisan dan kerusakan. Berbagai sumber yang kaya dengan vitamin E adalah seperti sereal, telur, produk gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan biji-bijian.

  • Makanan sumber asam lemak omega 3

Kemudian jika Anda rajin mengonsumsi semua jenis makanan yang kaya dengan omega 3 maka bisa mencegah glaukoma. Berbagai makanan ini termasuk seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sardine, kacang walnut, biji chia dan sumber makanan lain.

Itulah semua cara mencegah glaukoma sejak dini. Semua cara ini bisa dilakukan sejak kecil agar kesehatan mata tetap terjaga saat dewasa dan lanjut usia.

,
Oleh :
Kategori : Pencegahan