Sponsors Link

Cara mengatasi Mata Bengkak pada Bayi untuk Anda yang Sayang Anak

Sponsors Link

Jika anak sakit orang tua akan  merasa resah dan berusaha untuk mengobatinya agar secepatnya sembuh. Tak jarang sakit yang dialami oleh buah hati ini membuat orang tua biasanya sang ibu panik. Begitu juga ketika bayi atau anak anda tiba-tiba matanya bengkak, anda akan berusaha untuk mencari solusi dari penyakit mata yang dialami anak anda.  Seorang ibu membutuhkan cara mengatasi mata bengkak pada bayi anda.

ads

Mata bengkak pada bayi sebenarnya penyebabnya sama saja dengan mata bengkak yang terjadi pada orang dewasa. Bedanya organ mata bayi masih terlalu muda dan lebih senstif terhadap perubahan lingkungan sekitar mata. Sehingga mata bengkak pada bayi ini akan terlihat lebih menonjol dan menjadi sangat menghawatirkan, terutama bagi orang tuanya, takunya jika mata bengkak tersebut merupakan penyebab mata katarak pada bayi.

Berikuit ini ada 4 jenis penyebab mata bengkak atau mata bintitan pada anak, memiliki karakteristik yang sama dengan penyebab mata bengkak atau mata bintitan pada orang dewasa.

1. Infeksi

Infeksi pada mata terjadi akibat adanya bakteri atau virus yang bersemayam di sekitar mata sehingga menyebabkan bengkak mata bengkak. Infeksi ini dapat juga yang menyebabkan konjungtivitis pada mata yang berujung pada kelopak mata mengalami pembengkakan.

Cara mengobati mata bengkak ini dapat dilakukan  secara medis, dengan memeriksakan bayi anda ke dokter mata atau juga bisa dilakukan dengan pengobatan tradsional yang aman.

Tindakan awal yang bisa dilakukan oleh orang tua jika anaknya terkena infeksi adalah dengan membersihkan area mata. Jika terdapat belekan maka segera bersihkan dengan kapas yang bersih dan steril.

2.Cellulitis

Selulitis adalah infeksi yang terjadi pada jaringan kulit lunak. Terjadi saat bakteri menyerang kulit yang normal maupun yang rusak cara menyebar ke jaringan kulit lunak kemudian terjadi infeksi dan peradangan atau pembengkakan.

Jika mata sudah bengkak, pastinya agar pembengakakan itu tidak merembet ke  mata yang satunya, adalah pastikan tangan bayi anda tidak menyentuh area mata yang bengkak, dan usahakan anda untuk selalu mengontrol kebersihan tangan bayi anda. Cegah tangan bayi anda ketika mengosok-gosokkan tangannya ke area mata.

3.Trauma

Trauma mata dapat terjadi pada anak jika anak terkena benda tumpul maupun benda tajam. Seperti mata bayi yang tergesek oleh kain atau benda lainnya disekitar bayi. Trauma pada mata bayi bisa disebabkan oleh serangg yang masuk ke dalam mata bayi, sehingga timbul luka dan terjadi pembengkakkan.

4.Alergi

Alergi  mata pada anak ini bisa menimbulkan mata bengkak pada mata berair, mata  gatal-gatal. Alergi biasanya dipicu oleh obat-obatan tertentu atau yang tertentu yang dikonsumsi oleh bayi. Alergi pada mata bayi ini juga bisa terjadi diarea konjungtiva yang bisa menyebabkan konjungtivitas pada mata bayi.

Cara Mengatasi Mata Bengkak Pada Bayi Menggunakan Bahan Alami

Berikut ini adalah cara untuk melakukan pertolongan pertama pada bayi jika mengalami mata bengkak.

  1. Kompres dengan Es batu
    Es batu ini akan memberikan efek mengurangi rasa nyeri pada bengkak.
  2. Kompress dengan air hangat
    Air hangat ini memiliki fungsi melancarkan aliran darah, sehingga mata bengkak yang sebelumnya terasa nyeri atau sakit akan menghilang dengan cara ini.
  3. Bawang Putih
    Bawang putih ini merupakan umbi-umbian yang berfungsi sebagai anti biotik. Tempelkan bawang putih sudah di belah pada area mata yang bengkak. Cara ini akan meredakan peradangan dan mengempiskan bengkak pada mata.
  4. Daun Sirih
    Sama seperti bawang putih. Daun sirih ini dapat dijadikan sebagai anti biotik alami. Tumbuh daun sirih hingga halus, kemudian tempelkan secara perlahan di area mata yang bengkak.

Tips Agar Mata Bayi Terhindar dari Mata Bengkak

Secara umum tindakan pencegahan maupun tindakan penanganan mata bengkak pada bayi dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan mata bayi dan menghindari bayi kontak secara langsung dengan sumber alergi seperti debu dan kotoran lainnya yang mungkin bisa hinggap di mata bayi. Selain itu penggunaan bedak pada bayi sedikit banyak bisa juga memicu alergi pada mata bayi.

Sponsors Link

Jika bayi mengalami alergi diakibatkan karena bahan makanan atau obat-obatan tertentu dalam hal ini orang tua terutama ibu betul betul untuk lebih peka dengan kejadian penyakit mata pada anaknya. Jika sudah diketahui sumber alergi yang mengakibatkan mata bayi bengkak, maka anda bisa melakukan tindakan untuk mencegah terjadinya alergi mata di masa mendatang. Cara ini efektif untuk menghindari operasi mata bintitan pada anak, yang dilakukan jika kondisi bengkak mata pada anak bayi semakin memburuk.

Selain itu orang tua diharapkan untuk lebih waspada agar tidak terjadi  trauma pada bayi, dengan memastikan lingkungan sekitar aman dari kemungkinan insiden yang bisa menciderai  mata bayi anda.

Demikian cara mengatasi mata bengkak pada bayi. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,