Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Buram Setelah Melahirkan

Sponsors Link

Masa kehamilan hingga proses kelahiran menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para orang tua. Penantiannya selama 9 bulan akhirnya melahirkan buah hatinya juga. Namun proses melahirkan tentunya tidak semudah itu, karena ibu harus menahan rasa sakit luar biasa. Belum lagi pasca melahirkan ibu mengalami efek samping, misalnya saja seperti penglihatan menurun atau buram. Ini bukan merupakan jenis penyakit mata yang membahayakan, hanya efek dari proses melahirkannya saja. Lalu, apa penyebab dan cara mengatasi mata buram setelah melahirkan?

ads

Penyebab Mata Buram Setelah Melahirkan

Kehamilan akan sangat mempengaruhi ketajaman penglihatan ibu, pasca melahirkan proses penurunan penglihatan adalah hal yang wajar, dan biasanya akan normal kembali. Kondisi pandangan yang buram bisa disebabkan karena ibu mengalami penurunan fungsi ada retinanya, atau ternyata retina mata ibu robek ketika melahirkan secara normal. Beberapa resiko lain penyebab mata buram pasca melahirkan diantaranya:

  • Preeklamsia

Seorang ibu yang menderita masalah pada tekanan darahnya juga besar kemungkinan akan mengalami preklamsia. Sehingga dalam kasus ini kemungkinan ibu juga akan menderita masalah yang terjadi pada penglihatan pasca proses persalinan.

  • Diabetes gestasional

Diabetes gestasional merupakan salah satu bagian dari penyakit diabetes mellitus. Dimana akan terjadi pada wanita yang sebelumnya sama sekali tidak pernah mendapatkan diagnose diabetes namun saat masa kehamilan kadar gula tiba-tiba meningkat. Peningkatan kadar gula akan sangat merusak pada pembuluh darah yang memberikan suplai pada retina. Kondisi ini diakibatkan karena banyaknya cairan yang ada di dalam retina mata.

Cara Mengatasi Mata Buram Setelah Melahirkan

Lalu, bagaimana Anda bisa mengatasi mata buram pasca melahirkan? Beberapa ibu biasanya akan mengandalkan pengobatan alami seperti terapi mata minus dengan pijat atau dengan kompres pilis wangi pada dahi.

Pilis wangi adalah salah satu ramuan tradisional yang sudah banyak digunakan oleh para ibu selepas proses melahirkan. Ramuan ini nantinya akan ditempelkan ke dahi. Tujuan penggunaannya untuk menerangkan kembali penglihatan yang mendadak buram pasca proses melahirkan.

Berikut ini adalah cara pembuatan pilis wangi yang bisa Anda racik sendiri menggunakan bahan alami.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kulit jeruk purut
  • 5 butir cengkih
  • 5 rimpang temu giring
  • 5 helai daun kemukus
  • 1 rimpang bangle
  • 2 jari krangean

Cara pembuatan:

  • Pertama, Anda bisa mencuci semua bahan yang sudah disiapkan
  • Tumbuk semua bahan sampai benar-benar halus
  • Selesai, Anda bisa langsung menempelkan tumbukan bahan alami di atas dahi. Akan lebih baik jika menempelkannya pada malam hari.

Jika Anda tidak menemukan daun kemukus, bisa diganti dengan biji kemukus sebanyak 5 butir saja. Khasiat yang terkandung dalam bahan alami ini adalah karena adanya minyak atsiri yang ditempelkan di atas dahi kemudian melawati kulit dan masuk ke dalam darah. Sehingga akan membantu menghilangkan adanya rasa nyeri, pusing, mata buram dan kembali melancarkan sistem peredaran darah.

Sponsors Link

Saat masa kehamilan sebaiknya juga Anda menjaga asupan makanan, hindari makanan yang memang sangat beresiko terhadap kesehatan Anda. Sebagai gantinya cobalah mengkonsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata, buah dan juga sayuran yang baik untuk mata. Dengan begitu Anda bisa mengatasi masalah saat proses kelahiran.

Itulah informasi penting mengenai penyebab dan cara mengatasi mata buram setelah melahirkan. Resiko penyebab mata buta mendadak  atau penyebab mata cepat lelah juga biasanya dialami oleh sebagian ibu yang melahirkan, namun jika Anda sudah mengkonsultasikan kondisi kesehatan pada dokter sebelumnya maka kemungkinan besar resiko terburuk pun bisa Anda cegah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan