Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Mata Kering Terampuh

Sponsors Link

Pelembab mata kering bisa Anda gunakan untuk mengatasi mata yang terasa kering akibat aktivitas sehari-hari. Mata kering adalah kondisi dimana mata tidak mendapat cukup cairan air mata yang berfungsi sebagai pelumas. Cairan air mata yang mengandung nutrisi ini ternyata bersifat sebagai anti bakteri yang bisa membersihkan selaput mata dari iritasi benda asing, seperti debu atau kotoran halus lainnya.

ads

Air mata sebagai pelembab mata alami yang dikeluarkan dari kelenjar di sudut mata. Umumnya manusia akan berkedip secara reflek manakala ada benda asing yang membuat mata tidak nyaman. Namun adakalanya kegiatan berkedip ini menjadi berkurang saat seseorang merasa tegang atau saat menatap sesuatu yang menarik minat dan menyita perhatiannya. Beberapa aktivitas, seperti menatap layar komputer secara terus menerus, membaca, berkendara tanpa pengaman mata, berada di udara atau daerah yang bersuhu kering dapat membuat mata menjadi kering.

Akibat dari kurangnya mengedipkan mata disaat melakukan aktifitas tersebut adalah mata lama kelamaan akan terasa kering. Maka menggunakan pelembab mata kering akan sangat membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada mata Anda. Beberapa gejala umum yang dirasakan saat mata kering, yaitu:

  • Mata menjadi merah dan terasa panas
  • Mata tidak nyaman seperti ada benda asing
  • Penglihatan menjadi terganggu
  • Mata terasa perih dan cepat lelah
  • Mata terasa sakit 

Gejala yang dialami masing-masing orang akan berbeda tergantung dari aktifitas yang dilakukannya. Apabila Anda merasakan beberapa gejala seperti diatas, jangan menunggu lama untuk melakukan pencegahan atau mengobati mata kering yang Anda rasakan. Mata kering yang tidak cepat ditangani akan membuat kondisi selaput mata menjadi meradang, bahkan dapat menimbulkan parut luka pada kornea yang pada akhirnya membuat penglihatan terganggu.

Untuk mengembalikan kondisi mata, maka Anda bisa menggunakan pelembab mata kering. Pelembab untuk mengatasi mata kering ini bisa berbentuk cairan, salep, bahan  alami ataupun melakukan tindakan pencegahan. Inilah beberapa cara mengatasi mata kering yang bisa dilakukan:

1. Mengistirahatkan mata, pelembab mata kering yang alami

Mata menjadi kering apabila terus menerus melakukan aktivitas tanpa henti. Untuk mengurangi mata kering maka Anda bisa mengistirahatkan mata setiap beberapa jam sekali di sela-sela rutinitas yang banyak menggunakan mata, seperti membaca, menggunakan komputer, atau berada di tempat yang kering. Cara mengistirahatkan mata cukup dengan memejamkan mata sekitar satu atau dua menit. Cara ini akan memberi kesempatan pada otot di sekitar mata untuk menjadi rileks dan cairan mata bisa membasahi selaput mata.

2. Menggunakan tetes mata untuk mengurangi mata kering

Mata kering, memerah dan terasa pedih bisa diatasi dengan tetes mata. Obat tetes yang digunakan untuk mata kering dijual bebas di apotik atau toko obat. Namun pemakaian obat tetes ini tidak dianjurkan dipakai terlalu sering. Sebab obat tetes mata ini digunakan untuk infeksi yang terjadi pada mata dan sesuai anjuran dokter. Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata lelah bila merasa mata capek dan kering.

3. Memberi kompres sebagai solusi pelembab mata kering

Jangan buang bekas teh kantung celup di rumah. Anda dapat menggunakan bekas teh celup itu untuk mengompres area mata. Sisa-sisa air teh yang mengandung anti oksidan akan membuat daerah seputar mata menjadi lembab. Kulit area mata yang sehat akan berpengaruh pada kelembaban mata. Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup dengan menaruh kantung teh bekas tersebut pada mata yang tertutup pada malam hari atau setelah melakukan aktivitas harian yang melelahkan mata.

4. Olahraga mata sebagai solusi ketika mata lelah

Mata yang lelah biasanya karena kondisinya sudah kering akibat aktivitas yang tanpa henti. Sebagaimana anggota tubuh lainnya, mata juga bisa dilatih agar tetap sehat dan rileks. Olahraga yang dianjurkan untuk mata adalah dengan menutup dan membuka mata dengan hitungan beberapa detik sekali. Olahraga ini bertujuan agar otot mata tetap elastis saat berkedip-kedip. Reflek pada otot mata saat berkedip akan menjaga kelembaban mata. 

5. Memberikan salep untuk mata kering

Pada kondisi mata kering yang mengalami iritasi, dan tidak bisa ditanggulangi dengan cara-cara alami. Maka Dokter akan menyarankan pemberian salep untuk membantu mata mendapatkan kelembabannya. Pemberian salep mata ini tentu atas anjuran dokter setelah diadakan pemeriksaan terhadap mata Anda. 

Sponsors Link

6. Mengkonsumsi buah dan sayuran agar mata sehat

Buah dan sayuran yang mengandung vitamin A, Beta Karoten dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan mata, seperti buah berry, tomat, wortel, sayur hijau, dan jenis buah-buahan berwarna lainnya. Masukkan jenis sayur dan buah ini ke dalam menu makanan sehari-hari, atau sebagai terapi tambahan untuk mendapatkan mata sehat. Anda juga bisa mencoba jus untuk mata kering.

7. Menggunakan pelindung mata agar mata tidak  kering

Pengaruh komputer terhadap kesehatan mata dapat menurunkan kinerja mata dan bisa menyebabkan mata kering. Menggunakan pelindung mata seperti kacamata saat melakukan aktivitas seperti mengetik, membaca atau bermotor akan sangat membantu mengurangi mata menjadi dehidrasi. Radiasi layar komputer atau debu di jalanan akan tertahan dan tidak langsung mengenai mata. Sehingga cairan mata tidak mudah mengering.

8. Mengurangi aktivitas di ruangan ber AC agar mata tidak kering

Ruangan dengan AC akan membuat mata cepat dehidrasi. Akibatnya mata menjadi cepat perih, panas berair, dan memerah. Anda bisa mengurangi keluhan mata ini dengan tidak berlama-lama beraktivitas di dalam ruangan AC. Jika memang tidak bisa dihindari, maka Anda bisa memakai kacamata non minus atau sering berkedip agar kelembaban mata tetap terjaga. 

Itulah beberapa cara mengatasi mata kering. Keluhan mata kering biasanya bisa diatasi setelah melakukan hal di atas. Jika keluhan mata bertambah parah, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan