Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Mata Kering dan Perih Paling Efektif

Sponsors Link

Mata kering atau yang biasa disebut dengan dry eyes adalah gelaja di mana tidak memiliki suplai air mata yang cukup atau mata habis karena menguap saat mata berkonsentrasi visual. Untuk mata kering karena cairan yang menguap ini biasanya disebabkan karena kosentrasi visual seperti berinteraksi dengan layar handphone dalam waktu lama, bekerja di depan layar komputer dan beberapa pekerjaan yang memerlukan konsentrasi visual yang tinggi.

ads

Jika penyebabnya karena suplai air mata kurang, ini bersumber pada sistem organ mata yang kekurangan suplai nutrisi untuk memproduksi air mata. Dehidrasi pada seseorang juga dapat mempengaruhi terjadinya mata kering ini.

Mata kering akan diikuti dengan rasa perih yang mengganggu, beberapa kasus mata kering ini juga mengakibatkan mata seperti ada yang mengganjal dan mata berpasir.

Tahapan Mengatasi Mata Kering dan Perih

Mengatasi mata kering dan perih dapat dilakukan dengan lima cara yang bisa anda gunakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang anda alami.

1. Mengedip-ngedipkan Mata

Walaupun nampak sederhana, ini adalah cara yang efektif untuk mengatasi mata kering. Terlebih jika mata kering dan perih yang anda rasakan ini akibat anda bermain gadget terlalu lama atau bekerja di depan komputer. Sering-seringlah kedipkan mata, dengan mata berkedip maka cairan air mata akan membasahi bola mata anda. Kemudian usahakan istirahat secara periodik jika memang pekerjaan anda membutuhkan konsentrasi visual yang tinggi. cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan jeda sesaat pada pekerjaan dilayar komputer anda, manfaat waktu beberapa menit ini untuk memandang objek yang jauh sehingga mata bisa rileks.

Baca juga:

2.Menggunakan Air Mata Buatan

Air mata buatan seperti obat tetes mata biasa. Perlu digaris bawahi air mata buatan ini tidak mengobati penyebab mata menjadi kering dan perih,namun air mata buatan ini sebatas melegagakan atau menghilangkan rasa perih karena mata dalam kondisi kering.

Saat memilih air mata buatan sebaiknya anda teliti terlebih dahulu, beberapa merek air mata buatan yang beredar di pasaran mengandung pengawet sehingga mata akan mengalami iritasi jika dipakai lebih dari 4 kali dalam sehari. Pastikan anda memilih air mata buatan yang tidak menggunakan bahan pengawet agar air mata buatan ini benar-benar bisa bermanfaat untuk mengatasi permasalahan mata anda. (Baca juga: Makanan untuk mata kering)

3. Menggunakan Obat Tetes Mata Medis

Tetes mata medis yang direkomendasikan untuk mengobati mata kering adalah hidroksipropil metiselulosa. Obat mata jenis ini sangat umum digunakan untuk mengobati mata kering atau mata yang teriritasi. Untuk mendapatkannya anda bisa membeli di apotik atau di beberapa supermarket yang menyediakan obat-obatan tanpa resep dokter. (Baca juga: Obat tetes untuk mata lelah yang ada di apotik)

4. Periksakan ke Dokter

Hal ini segera anda lakukan jika anda sudah menggunakan tetes mata baik yang di resepkan oleh tenaga medis maupun yang anda beli sendiri di apotek namun mata kering dan perih tak kunjung sembuh, malah yang anda rasakan semakin parah. Berobatlah ke dokter spesialis mata, baru setelah dokter menemukan penyebab mata anda kering dan perih maka dapat dilakukan terapi obat lanjutan yang lebih intensif.

5. Gunakan Salep Mata

Biasanya salep mata ini diberikan oleh dokter mata saat anda berobat dan mengkonsultasikan keluahan mata yang anda alami. Salep mata ini bukan hanya berfungsi sebagai pelembab untuk mata kering, tapi salep ini memiliki manfaat untuk melawan penyebab mata kering.

Sponsors Link

Cara Mencegah Mata Kering dan Perih

Sedia payung sebelum hujan, mungkin ini pepatah yang tepat untuk menggambarkan tindakan ini. Mata kering dan perih beserta semua penyebabnya dapat diantisipasi dengan tindakan preventif berikut ini.

  • Mencegah penguapan air mata. Hal ini tidak mutlak mengatasi mata kering dan perih. Namun cara ini setidaknya bisa mengurangi resiko mata kering yang mungkin akan anda alami. Seperti menghindari paparan langsung ke udara yang keluar dari pemanas mobil, pengering rambut maupun ac.
  • Menggunakan kacamata hitam saat pergi keluar rumah di saat terik. Saat berenang ada baiknya anda juga mengenakan kacamata renang. Selain itu bagi anda yang memang sering punya masalah dengan mata kering, anda bisa mendapatkan kacamata khsusus dari dokter mata. kacamata khusus tersebut bisa menjaga kelembapan di sekitar mata.
  • Hindari mengiritasi mata, seperti merok yang asapnya dapat menguras air mata. Tidak menggosok atau mengucek-ucek mata saat merasa ada yang aneh di mata anda.
  • Kurangi asupan garam karena garam menjadi penyebab mata kering. Sebaliknya konsumsi air putih yang cukup dan tambah asupan lemak dan khususnya omega 3 karena asam lemak omega 3 merupakan gizi makanan mata kering. Omega 3 tersebut bisa di dapatkan dari beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, ikan bandeng dan beberapa jenis ikan lainnya.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan