Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Hp

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kondisi mata lelah, atau Penyebab mata cepat lelah terlalu menatap layar handphone dalam waktu cukup lama? Bahkan bisa saja mata lelah disertai dengan keluhan mata kering, mata merah dan mata berair. Kondisi tersebut tentunya akan membuat mata Anda semakin tidak nyaman. Tidak ada spesifikasi jenis penyakit mata  tertentu yang diakibatkan mata terlalu lelah, namun jika kondisinya semakin parah bisa saja mata malah akan benar-benar terganggu. Berikut adalah informasi mengenai cara mengatasi mata lelah karena hp.

ads

Mengatasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Menatap Layar HP

Gangguan mata lelah karena terlalu lama menatap lama layar handphone bisa dialami siapa saja. Lalu, bagaimana jika Anda mengalami kondisi tersebut?

1. Mengatur pencahayaan layar hp

Jika Anda adalah seorang yang dituntut untuk bisa menatap layar hp dalam waktu lama hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan setting pencahayaan pada layar hp Anda. Karena sinar yang masuk ke mata biasanya akan berpengaruh terhadap fokus mata Anda. Jangan mengatur pencahayaan dengan high kontras 100% dan brightness 100% karena malah akan semakin memicu mata Anda mengalami kelelahan. Anda bisa mengatur layar handphone menjadi 75% untuk kontras dan 70% untuk brightnya untuk menghindari mata yang kelelahan.

2. Mengubah ukuran font hp

Ukuran font yang terlalu kecil malah akan mengakibatkan mata Anda menjadi cepat lelah karena terlalu lama mengkerucutkan mata. Ubah ukuran menjadi normal atau kalau perlu ukurannya menjadi besar agar tulisan menjadi besar dan mudah untuk dibaca.

3. Memberi jeda untuk mengistirahatkan mata

Hal yang tidak kalah penting harus Anda lakukan juga adalah memberikan jeda disaat Anda sedang melihat hp. Tujuannya adalah agar mata bisa beristirahat agar tidak terlalu kelelahan karena lama menatap layar hp.

4. Mengedipkan mata

Coba untuk mengedipkan mata juga akan membantu mata kamu menjadi fresh dan bagian kelopak mata tidak cepat mengalami kering. Karena faktor kelelahan adalah otot mata yang terlalu menegang sehingga Anda harus membantunya rileks kembali. Coba untuk mengedipkan mata dengan teknik 20-3-1 tiap 20 detik sekali.

5. Menggunakan obat tetes mata

Jika mata Anda lelah karena terlalu lama menatap layar hp, untuk cara mengatasi mata lelah dan perih Anda juga bisa coba memanfaatkan penggunaan obat tetes. Beberapa obat tetes yang umum digunakan dan sudah tersedia diberbagai apotik seperti insto dan rohto.

6. Jika mata lelah disertai kondisi lainnya segera periksakan ke dokter

Selain menggunakan obat tetes mata lelah, jika ternyata keluhan mata lelah Anda cukup parah dan malah membuat Anda semakin tidak nyaman akan sangat dianjurkan Anda bisa memeriksakan mata pada dokter. Karena bisa saja mata Anda ternyata mendapat gangguan penyakit mata tertentu.

Sponsors Link

7. Membuat rileks mata dengan mentimun

Saat mata lelah, sebaiknya Anda juga bisa membuat mata menjadi kembali rileks. Caranya adalah dengan menggunakan mentimun untuk melemaskan otot mata agar tidak semakin tegang. Anda tinggal menyiapkan 1 buah mentimun, kemudian diiris tipis setelah itu tempelkan ke mata. Kandungan di dalam mentimun akan membantu mata Anda menjadi rileks kembali.

Itulah 7 cara mengatasi mata lelah karena hp yang dapat Anda lakukan. Yang paling penting adalah Anda bisa mengatur berapa lama Anda menatap layar hp, karena jika terlalu lama juga sangat membahayakan mata. Berikan waktu jedap untuk beristirahat. Untuk menjaga kesehatan mata, akan lebih baik juga jika Anda bisa makanan untuk menjaga kesehatan mata.

, ,