Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Kurang Tidur Secara Alami

Sponsors Link

Mata yang Anda gunakan terlalu keras hingga kekurangan tidur akan membuat mata Anda cepat sekali lelah. Misalnya Anda sering begadang dan terjaga semalaman, sedangkan pada siang hari Anda harus melakukan aktivitas itu bisa menjadi penyebab mata cepat lelah. Mata akan dipaksa terus terbuka padahal sudah dalam kondisi kelelahan. Berikut ini adalah cara mengatasi mata lelah karena kurang tidur secara alami.

ads

1. Memijat wajah

Cara alami pertama yang dapat Anda lakukan adalah memijat wajah. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat rileks wajah Anda terutama pada bagian mata yang sudah sangat lelah. Anda bisa memijat wajah dengan lembut dan perlahan. Namun sebelum dipijat alangkah baiknya Anda menyeka bagian wajah menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air panas.

2. Manfaatkan air mawar

Air mawar mempunyai cukup banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi mata lelah dan sayu. Air mawar mempunyai sifat bisa menenangkan serta merileksasi mata dengan cara alami. Caranya Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu air mawar, kemudian siapkan kapas, dan celupkan ke air mawar. Sambil berbaring dan menutup mata, Anda bisa menempatkan kapas yang sudah dicelupkan pada air mawar di mata. Efek radiasi hp terhadap mata biasanya akan mengakibatkan mata Anda lelah, coba untuk menggunakan air mawar untuk mengatasinya.

3. Masker mata dengan susu

Susu tidak hanya baik untuk dikonsumsi dan dimanfaatkan untuk penguat tulang. Tapi susu murni juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi mata yang kelelahan dan terlihat sayu. Kandungan lemak yang ada di dalam susu murni adalah salah satu kandungan yang akan membantu Anda untuk membuat mata rileks.

Untuk bisa mengobati mata lelah, Anda bisa menyiapkan susu murni yang dingin kemudian celupkanlah kapas. Anda bisa mengusapkan kapas seperti sedang membuat masker di area mata. Lakukan 15-20 menit setiap hari sebelum tidur.

4. Menggunakan masker mentimun

Selain bisa memanfaatkan susu sebagai masker mata, Anda juga bisa menggunakan masker mata dari mentimun. Mentimun sudah sangat diyakini bisa membuat rileks otot mata yang tegang karena kelelahan. Caranya Anda tingga menyiapkan mentimun, kemudian simpan dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, iris mentimun, dan taruh diatas mata. Biasanya saat kelelahan juga bisa menjadi  penyebab iritasi mata merah , coba manfaatkan mentimun untuk mengatasinya.

5. Kompres mata degan teh kamomil

Teh kamomil juga merupakan salah satu bahan herbal yang efektif bisa mengatasi kondisi mata yang kelelahan. Seperti bahan herbal sebelumnya, manfaat dari teh ini juga bisa membuat otot mata menjadi rileks. Untuk menggunakan teh ini, Anda bisa menyeduh 2 kantong kamomil dalam 1 cangkir air hangat selama kurang lebih 5 menit.

Sponsors Link

Jika sudah, Anda bisa mengambil kantong teh nya 1 saja, kemudian masukanlah ke dalam lemari es. Selama kantong teh satunya ada di dalam lemari es, Anda bisa mengompres mata menggunakan kantong yang hangat, kemudian jika sudah 5 menit, keluarkan kantong yang ada dalam lemari es, lalu kompres pada bagian mata setelah kantong hangat selesai.

6. Beristirahat

Tentu saja cara paling ampuh untuk mengatasi mata lelah Anda adalah dengan tidur atau beristirahat. Karena mata lelah biasanya akan disebabkan karena Anda kurang tidur. Karena akan sangat percuma sekali jika Anda melakukan beberapa perawatan secara alami namun Anda tidak mengistirahatkan mata Anda.  Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami  akan membantu Anda beristirahat dengan santai dan kondisi mata yang rileks, sehingga akan sangat disarankan juga saat beristirahat Anda melakukan perawatan mata alami yang sudah disebutkan.

Itulah 6 cara mengatasi mata lelah karena kurang tidur secara alami yang bisa Anda lakukan dengan rutin untuk mengatasi kondisi mata yang kelelahan.

, ,