Sponsors Link

11 Cara Mengetahui Mata Bayi Normal Sejak Lahir

Sponsors Link

Mata menjadi organ tubuh yang akan mengantarkan informasi ke otak, kemudian otak akan membaca dari apa yang terlihat. Karena itu organ mata sangat penting untuk semua orang bahkan sejak lahir. Bayi yang belum bisa melihat dengan jelas akan menggunakan mata untuk memberikan respon pada lingkungan. Mata bayi yang baru lahir terlihat lebih cerah dan terkadang kurang fokus. Karena itu banyak orang tua yang ragu dengan kondisi mata bayi.

ads

Pada dasarnya perkembangan mata bayi akan berjalan mulai dari sejak lahir sampai tumbuh berusia beberapa bulan. Kondisi mata normal dan tidak normal akan terlihat sejak bayi lahir. Bahkan jika bayi sudah menderita beberapa jenis-jenis penyakit mata sejak lahir. Nah bagaimana cara mengetahui mata bayi normal sejak lahir? Berikut ini penjelasannya.

1. Bayi Sudah Mendeteksi Cahaya

Setelah bayi lahir sampai usia 6 bulan maka seharusnya mata bayi sudah bisa mendeteksi cahaya yang terang dan redup. Mata bayi akan memberikan respon ketika terkena cahaya yang terang. Kemudian mata bayi juga memberikan tanda ketika Anda mematikan lampu ruangan. Mata bayi memang sebenarnya masih kabur tapi cukup baik memberikan tanda pada lampu.

2. Mata Bayi Respon Terhadap Bentuk

Mata bayi yang baru lahir sampai berusia beberapa bulan seharusnya sudah bisa merespon terhadap bentuk. Pandangan mata bayi mungkin memang belum jelas tapi bayi sudah bisa melihat atau memandang dengan jelas siapa yang menggendong bayi. Bahkan dengan keadaan ini seharusnya bayi sudah bisa memberikan tanda dengan jarak kurang lebih 30 cm.

3. Mata Jernih

Mata bayi yang normal juga akan terlihat sangat jernih. Anda bisa mengamati pada bagian putih dan hitam mata bayi. Jika Anda melihat mata bayi menunjukkan bayangan atau selaput putih maka harus waspada dengan ciri-ciri mata katarak pada bayi. Mata bayi yang jernih biasanya akan terlihat semakin jelas sebelum usia bayi 6 bulan, jadi tanda ini perlu diperhatikan sejak awal.

4. Bayi Mengenali Orang Lain

Ketika bayi digendong maka seharusnya bayi sudah mulai memahami gerakan dan respon mengenali orang lain. Hal ini sesuai dengan perkembangan sistem motorik dan sensorik bayi yang mulai bertambah. Bayi biasanya akan memberikan respon berupa gerakan atau orang yang menggendongnya. Jika bayi memberikan respon yang baik maka ini menjadi tanda mata bayi tidak terkena jenis penyakit mata.

5. Dua Mata Bayi Fokus

Cara memeriksa yang lain adalah dengan melihat fokus mata bayi. Anda bisa mencoba untuk menggerakkan tangan ke dekat mata bayi lalu menjauhkan lagi. Kemudian mata bayi akan melihat dengan baik dari gerakan tersebut. Kedua mata bayi harus melihat dengan gerakan yang sama sehingga tidak berubah-ubah.

6. Tertarik dengan Warna

Masa perkembangan mata bayi yang baik akan membuat bayi menyukai warna-warna yang cerah. Karena itulah biasanya orang tua mulai memberikan mainan yang cerah untuk merangsang mata bayi. Bayi Anda belum bisa bicara tapi sudah mulai mengenali warna. Meskipun begitu biasanya bayi tidak bisa membedakan antara warna jingga dan merah.

7. Mata Bayi Mengarah Ke Sumber Suara

Salah satu cara lain memeriksa mata bayi yang normal adalah memanggil nama bayi dan mendekatkan wajah Anda ke arah bayi. Jika mata bayi fokus melihat wajah Anda dan mulai menunjukkan ekspresi maka mata bayi Anda dalam kondisi yang normal. Bahkan cara ini bisa dilakukan oleh selain orang tua.

8. Mulai Mengikuti Gerakan Benda

Jika Anda mulai memberikan mainan yang bergerak maka mata bayi akan melihat arah gerakan benda tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan meskipun dengan cara yang sederhana. Sepanjang tes maka Anda perlu mengawasi arah gerakan mata. Jika mata bayi tidak melihat fokus ke arah benda yang bergerak maka bisa dicurigai.

9. Bagian Putih Mata Bayi Cerah

Kemudian Anda juga harus melihat bahwa bagian putih mata bayi sangat cerah dan normal. Kondisi ini harus dilihat dari sejak lahir. Jangan sampai ada masalah mata bayi kuning dan belekan yang bisa disebabkan karena infeksi bakteri sejak bayi lahir. Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi yang lahir dengan persalinan normal sementara ibunya menderita penyakit infeksi reproduksi.

10. Memberikan Respon Gerakan Benda Kecil

Anda juga bisa mencoba untuk melihat, apakah bayi bisa memberikan respon gerakan untuk gerakan benda yang sangat kecil. Bayi mungkin hanya merasa tidak nyaman namun Anda bisa melihat gerakan mata bayi. Hal ini sangat mudah dilakukan karena biasanya gerakan mata bayi pada gerakan serangga juga sangat baik. Jika tidak ada tanda atau gerakan maka sebaiknya bayi di bawa ke rumah sakit.

11. Tidak Ada Tanda Juling

Anda juga perlu melihat bahwa mata bayi normal dan tidak ada tanda juling. Mata juling bisa memberi efek yang sangat buruk untuk mata anak. Jadi ketika mata bayi melihat sumber gerakan namun tidak mengarah pada gerakan tersebut. Mata juling bisa terjadi pada satu bagian mata atau kedua mata sekaligus. Jika sudah begini maka Anda harus mencoba cara agar mata tidak juling. Juga segera periksa mata bayi ke dokter mata anak.

Tips Menjaga Mata Bayi Normal

  1. Dekatkan wajah Anda pada bayi. Cara yang sangat mudah adalah mencoba untuk mendekatkan wajah Anda pada bayi. Bayi lebih menyukai wajah manusia daripada gambar yang berwarna sehingga cara ini bisa dicoba selama 1 bulan pertama sejak bayi lahir.
  2. Lakukan kontak mata dengan mata bayi. Langkah yang kedua adalah mencoba untuk melakukan kontak mata dengan bayi secara langsung. Dengan cara ini bisa meningkatkan mata bayi menjadi lebih waspada.
  3. Bermain cilukba dengan bayi. Anda juga bisa mencoba untuk bermain cilukba dengan bayi Anda. Cara ini membantu respon mata bayi melihat dengan cepat, karena ketika Anda menyembunyikan wajah di balik tangan maka sebenarnya mata bayi mulai mencari wajah Anda.

Nah begitulah beberapa cara mengetahui mata bayi normal sejak lahir. Anda bisa mencoba langkah praktis ini dan segera bawa ke dokter jika mata bayi ada tanda kurang normal.

, ,



Oleh :