Sponsors Link

8 Cara Mengetahui Minus Mata Bertambah Untuk Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Anda sudah mengenakan kacamata dan mata masih belum bisa melihat dengan jelas? Ya, ini menjadi pertanda bahwa kondisi mata minus Anda mungkin saja sudah bertambah. Selain pandangan mata yang buram biasanya orang yang memiliki mata minus juga tidak bisa melihat dengan fokus yang baik. Mata minus atau miopi terjadi ketika sinar yang dibentuk dari pantulan objek lalu masuk ke dalam mata melewati kornea, tapi bayangan yang terbentuk tidak masuk sepenuhnya ke dalam retina.

ads

Mata minus bisa diatasi atau dibantu dengan kacamata minus. Fungsi kacamata minus sendiri adalah membantu agar fungsi retina bisa sempurna dan bayangan yang jatuh ke dalam kornea tepat. Akhirnya dengan kacamata minus ini objek yang dilihat akan lebih jelas. Tapi kacamata hanya membantu merawat saja, kemungkinan selama menggunakan kacamata, minus juga masih bisa bertambah terus. Berikut ini beberapa keterangan mengenai cara mengetahui minus mata bertambah untuk anak dan dewasa.

1. Pandangan Masih Buram dengan Kacamata

Orang yang menggunakan kacamata sendiri itulah yang bisa merasakan apakah pandangan jelas atau buram. Pandangan buram saat sudah menggunakan kacamata minus terjadi karena bayangan yang jatuh ke retina sudah bergeser sehingga tidak bisa fokus. Hal ini biasanya terjadi untuk bayangan yang ditangkap dengan jarak yang jauh sehingga sangat tidak nyaman untuk penderita. Orang dengan tingkatan mata minus yang tinggi biasanya sangat rentan dengan kondisi ini sehingga harus segera mengenali gejalanya.

2. Harus Menyipitkan Mata Saat Melihat dengan Kacamata

Terkadang orang yang sudah menggunakan kacamata masih tidak bisa melihat dengan jelas. Meskipun sudah menggeser posisi kacamata dan pandangan tetap sama. Kondisi inilah yang bisa menjadi tanda bahwa kacamata sudah tidak sesuai dengan minus sudah bertambah. Untuk membuat pandangan mata lebih jelas biasanya muncul kebiasaan menyipitkan mata atau menutup salah satu mata.

Kenaikan minus mungkin tidak terjadi pada dua mata tapi hanya salah satu saja. Tapi ini juga sudah menggangu fokus dari mata. Karena itulah ini menjadi cara untuk melihat jika minus salah satu atau dua mata sudah bertambah. Orang tua harus waspada jika sebelumnya sudah muncul ciri-ciri mata minus pada anak.

3. Mata Lelah Padahal Menggunakan Kacamata

Kebiasaan menggunakan kacamata memang akan membuat mata lebih nyaman. Jika melepas kacamata maka bisa menyebabkan mata perih, mata tidak bisa melihat dengan jelas dan sakit kepala. Tapi jika semua gejala ini masih muncul saat sudah menggunakan kacamata maka harus waspada. Kondisi ini bisa disebabkan karena fokus mata berkurang dan bayangan yang diterima oleh retina juga sudah tidak tepat. Cahaya yang masuk ke mata juga berkurang sehingga pandangan mata menjadi buram.

Jadi ketika sudah menggunakan kacamata dan mata masih sangat lelah sampai sakit kepala, Anda harus waspada jika mata minus mulai bertambah. Jika minus mata sudah parah maka hati-hati dengan penyebab kebutaan mata.

4. Selalu Sakit Kepala Saat Mengenakan Kacamata

Menggunakan kacamata memang terkadang membuat mata menjadi sangat lelah. Tapi rasa lelah ini sangat berbeda ketika mata minus bertambah. Mata lelah akibat mata minus sering menyebabkan kondisi yang lebih parah. Hal ini ditandai dengan sakit kepala pada bagian belakang kepala. Penyebabnya adalah sistem syaraf pada bagian belakang kepala bekerja sangat keras untuk memberikan sinyal pada mata. Kondisi ini juga bisa karena mata yang sangat lelah.

5. Muncul Rabun Senja Tiba-Tiba

Biasanya penderita rabun jauh hanya tidak bisa melihat benda atau objek yang letaknya jauh saja. Jika masih dalam jarak dekat maka semua objek akan terlihat dengan jelas. Hanya saja kondisi ini bisa lebih buruk jika sudah menggunakan kacamata dan mata minus bertambah. Tanda yang sangat jelas adalah mata menjadi rabun saat senja atau malam hari. Jika mengendarai kendaraan maka bisa sangat berbahaya karena saat mata terkena bayangan lampu justru menjadi gelap dan berbayang. Mata minus dengan kondisi ini bisa menyebabkan mata berbayang sebelah yang pasti sangat berbahaya.

6. Muncul Bintik Hitam Saat Melihat dengan Kacamata

Ketika sudah menggunakan kacamata tapi masih muncul bintik-bintik hitam melayang maka itu juga menjadi tanda mata minus sudah bertambah. Ini bisa dikenali dengan mudah karena biasanya juga mengganggu aktifitas sehari-hari. Bintik hitam ini tidak bisa dilihat orang lain sehingga hanya penderita saja yang melihat. Bayangan hitam ini juga paling jelas terlihat ketika menatap layar berwarna putih atau biru muda.

7. Mata Melihat Kilatan Cahaya Saat Berkedip

Jika Anda akan mengedipkan mata dan melihat ada kilatan cahaya yang jelas maka itu bisa menjadi pertanda mata minus sudah bertambah lagi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan mata seperti melihat tirai di bagian atas mata. Memang ini tanda yang sangat aneh tapi jika dibiarkan terus menerus maka minus mata bisa bertambah parah lagi. Jadi segera periksa ke dokter mata Anda.

8. Pemeriksaan dengan Kartu Snellen

Bagi yang sudah menggunakan kacamata memang sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter mata secara umum. Salah satu cara pemeriksaan untuk mengetahui jika mata minus bertambah adalah dengan kartu baca kartu Snellen. Kartu ini diisi oleh beberapa huruf, angka, dan tanda baca yang dibuat dengan berbagai ukuran.

Sebuah lensa akan dipasang pada mesin khusus untuk melihat struktur dalam mata. Kemudian dokter akan mengganti beberapa lensa dan menunggu respon Anda untuk membaca. Dari pemeriksaan ini kemudian akan ditemukan bahwa minus Anda bertambah. Pemeriksaan ini bisa dilakukan setelah beberapa keluhan muncul atau dalam pemeriksaan rutin.

Penyebab Minus Bertambah

  1. Pengaruh dari gaya hidup. Seperti kebiasaan menggunakan gadget terus menerus, memandang layar komputer dan tidak menjaga jarak pandang dengan layar.
  2. Kebiasaan membaca dengan jarak yang dekat meskipun sudah menggunakan kacamata.
  3. Pengaruh usia dan kelainan mata seperti ukuran mata yang terlalu panjang.
  4. Bekerja di ruangan yang gelap sehingga mata berakomodasi maksimal terus meskipun sudah menggunakan kacamata.

Nah begitu cara mengetahui minus mata bertambah untuk anak dan dewasa. Semua tanda ini harus dikenali saat masih menggunakan kacamata. Sehingga penderita harus mengenali semua tanda dengan jelas.

, ,
Oleh :