Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Kornea Mata

Sponsors Link

Salah satu bagian mata yang sangat penting adalah kornea. Kornea merupakan lapisan yang melindungi bagian mata paling luar. Karena kornea menjadi pelindung mata maka kornea juga akan menyaring benda asing dan sinar UV yang sudah masuk ke mata. Kornea akan membantu mata mendapatkan gambaran objek yang jelas karena berperan dalam proses saat mata fokus. Namun kornea tidak memiliki pembuluh darah. Kornea hanya lapisan yang sangat tipis pada mata yang terdiri dari beberapa jaringan. Karena itu kornea tidak dialiri oleh darah atau oksigen melainkan cairan mata atau air mata.

ads

Bagian bagian mata dan fungsinya memang tidak bisa dipisahkan termasuk kornea dan bagian mata yang lainnya. Kornea sendiri terdiri dari tiga lapisan yaitu epitelium yang bermanfaat untuk mencegah benda asing, memberi nutrisi pada mata dan mendapatkan oksigen. Kemudian stroma yang berbentuk lapisan agak tebal yang terbuat dari air dan protein sehingga sifat kornea menjadi elastis dan padat. Lalu lapisan yang terakhir adalah endotelium yang bermanfaat untuk mengeluarkan atau memompa jika cairan yang dihasilkan stroma lebih banyak. Ketika terjadi masalah pada endotelium maka bagian ini akan berisi cairan sehingga menyebabkan penglihatan ganda dan kabur. Termasuk juga jika ada luka pada kornea.

Dan kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai cara menghilangkan bekas luka pada kornea mata dan cara mencegah.

1. Penyembuhan alami

Kornea merupakan bagian mata yang memang mudah terluka karena fungsinya untuk menyaring benda asing dan kotoran yang masuk ke dalam mata. Karena itu luka pada kornea mungkin bisa terjadi dengan mudah dan sering tidak disadari. Jika begitu ternyata kornea bisa menyembuhkan sendiri secara alami. Kornea memiliki sifat untuk memperbaiki diri karena memiliki jaringan yang sangat peka.

Jika ternyata kornea hanya mengalami luka yang kecil saja maka dalam waktu 24 sampai 48 jam, kornea bisa kembali dalam kondisi normal. Tapi jika ternyata luka cukup dalam dan proses penyembuhan berjalan lambat maka biasanya terjadi pembentukan jaringan parut pada kornea. Jaringan parut ini yang akan membuat beberapa bagian kornea berwarna putih. Jika sudah begini maka pandangan mata biasanya akan tidak jelas, kabur dan ganda.

2. Terapi laser

Perawatan lain jika ternyata kornea terkena luka yang sangat dalam maka memang bisa menyebabkan pembentukan jaringan parut. Kondisi ini mungkin tidak bisa dirawat dengan cara biasa. Dokter bisa merekomendasikan dengan perawatan laser untuk menghilangkan bekas luka dan jaringan parut yang sudah terbentuk. Prosesnya hampir sama seperti LASIK untuk menghilangkan mata minus sehingga juga ada dampak seperti  efek samping lasik mata minus.

3. Transplantasi Kornea

Jika ternyata luka sangat dalam dan sampai merusak kornea maka bisa menjadi penyebab kebutaan mata permanen. Karena itu salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasi tranplantasi kornea. Tindakan ini memang harus menunggu sampai ada donor kornea yang sesuai sehingga tidak terjadi penolakan organ pasca operasi.

4. Kornea Artifisial

Jika ternyata jaringan pada kornea memang tidak bisa dirawat lagi maka dokter juga bisa memberikan rekomendasi penggunakan kornea artifisial. Tindakan ini dilakukan jika ternyata luka pada kornea menyebabkan rasa sakit atau pandangan yang keruh. Proses pencangkokan kornea ini termasuk tindakan yang rumit karena jaringan diambil dari tubuh penderita. Sehingga perawatan ini hanya dilakukan sebagai pilihan terakhir.

5. Pertolongan Darurat

Jika mata terkena luka maka hindari melakukan hal-hal berbahaya yang bisa menyebabkan luka pada kornea mata. Beberapa hal yang dilarang sebagai bentuk pertolongan darurat adalah seperti:

  • Jangan menyentuh bagian luar dan dalam mata dengan tangan yang masih kotor, karena bisa menyebabkan kondisi mata lebih buruk lagi.
  • Jangan menarik atau mengucek mata yang bisa menyebabkan mata lebih sakit.
  • Jangan menggunakan benda-benda asing dan tajam untuk mengambil benda asing pada mata seperti tusuk gigi atau pisau.
  • Jangan langsung mencabut benda asing karena bisa menyebabkan kerusakan mata lebih buruk lagi.
Sponsors Link

Tips mengambil benda asing di mata:

  • Cobalah untuk menarik kelopak mata bawah dan lihat benda asing yang ada di permukaan lapisan mata. Jika ada benda asing maka gunakan kapas yang sudah dibahasi dengan air steril dan usap dengan lembut.
  • Buka bagian kelopak mata atas dengan memegang bulu mata menggunakan ibu jari dan telunjuk, kemudian penderita harus melihat ke atas, lalu tarik kelopak mata ke bagian depan dan bekang. Cara ini akan membuat benda asing keluar sendiri bersama air mata.
  • Anda juga bisa langsung menyiram mata dengan air bersih. Kemudian ulangi dengan memberi tetes mata atau tetes mata semprot sehingga luka atau benda asing akan keluar dari mata.

Cara Mencegah Luka pada Kornea Mata

  1. Atur waktu menggunakan lensa kontak. Jika Anda menggunakan lensa kontak maka aturlah waktu untuk menggunakan lensa kontak. Jangan menggunakan lensa kontak terlalu lama karena bisa melukai kornea.
  2. Jika mata baru saja terluka. Jika bagian mata Anda baru saja terluka maka berikan kompres dengan handuk dingin yang bersih agar mengurangi potensi bekas luka.
  3. Jika mata terkena luka maka jangan sampai mengucek atau menggosok mata. Tindakan ini dianggap biasa tapi bisa merusak kornea mata.
  4. Lakukan kebiasaan baik seperti selalu menjaga kebersihan tangan dan tidak mengucek mata kapan saja.
  5. Lepas lensa kontak menjelang tidur untuk menjaga kesehatan kornea mata.
  6. Hati-hati saat bekerja dengan cairan asing dan sebaiknya selalu menggunakan pelindung mata khusus.
  7. Hati-hati saat bekerja dengan alat las karena percikan api bisa mengenai mata, jadi lebih baik menggunakan kacamata khusus untuk melindungi mata.
  8. Jaga kondisi tubuh dengan baik agar tidak terkena penyakit sifilis dan herpes zoster. Kedua penyakit ini bisa menyebabkan kesehatan mata memburuk termasuk pembentukan jaringan parut pada kornea karena luka.

Inilah semua informasi mengenai cara menghilangkan bekas luka pada kornea mata dan cara mencegah. Langkah terbaik agar tidak terjadi luka pada kornea mata adalah menjaga kesehatan mata dengan baik.

, , , , ,



Oleh :