Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Sponsors Link

Bagian-bagian mata dan fungsinya memang harus dijaga agar mata kita tetap sehat. Berbagai bagian mata seperti kantung mata mungkin menjadi bagian yang diabaikan. Karena biasanya kita lebih fokus pada bagian kornea, retina, sistem syaraf dan kondisi mata dari dalam. Ketika kita merasa ada bagian mata yang tidak nyaman seperti perih, gatal, iritasi dan kondisi lain maka keluhan ini harus segera diatasi.

ads

Pada dasarnya tidak semua orang memiliki kantung mata. Kantung mata dalam dunia kecantikan juga dianggap hal yang sangat mengganggu. Karena itu banyak orang yang berusaha untuk menghilangkan kantung mata, baik dengan tindakan medis atau perawatan kecantikan dengan alat khusus. Namun ternyata tindakan seperti operasi justru bisa sangat berbahaya. Karena itu kami akan menyampaikan berbagai cara menghilangkan kantung mata paling alami.

Penyebab Kantung Mata

  1. Cairan mata yang menumpuk. Terbentuknya cairan mata yang menumpuk pada bagian bawah mata akan menyebabkan kantung mata. Proses ini bisa terjadi dengan cepat atau lambat. Beberapa faktor yang menyebabkan cairan mata banyak menumpuk seperti perubahan cuaca ekstrim, perubahan hormon dalam tubuh, kebiasaan makan asin dan juga beberapa penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri.
  2. Kebiasaan kurang tidur. Orang yang memiliki kebiasaan tidur terlalu larut biasanya juga akan membentuk kantung mata. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak muda yang sering memiliki kebiasaan begadang.
  3. Tidur berlebihan. Selain kurang tidur ternyata kebanyakan tidur juga akan membuat terbentuknya kantung mata. Kondisi ini biasanya terlihat pada pagi hari setelah bangun tidur. Proses ini terjadi ketika cairan dalam tubuh mengalir lebih lambat saat tidur sehingga cairan menumpuk dibawah mata.
  4. Genetik. Kantung mata ternyata juga bisa karena pengaruh dari genetik atau keturunan. Jika ini terjadi karena faktor keturunan maka biasanya kantung mata mulai terbentuk saat masih muda. Kondisi ini juga berpengaruh pada penyakit mata astigmatisma.
  5. Efek alergi. Alergi bahan tertentu ternyata juga akan menyebabkan terbentuknya kantung mata. Beberapa sumber alergi yang sering menyebabkan efek untuk mata seperti alergi makanan, bahan pengawet dalam makanan dan minuman, serbuk sari tanaman, debu halus dan sengatan serangga. Hanya saja alergi untuk mata sering disertai dengan gejala lain seperti mata merah dan bengkak.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

1. Kompres dingin

Cara yang sangat alami dan aman untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan menggunakan kompres dingin. Cara ini sangat aman karena tidak menyebabkan dampak khusus untuk organ dalam mata seperti kornea atau retina. Anda hanya perlu merendam handuk lembut dengan air dingin, kemudian perah dan gunakan untuk mengompres bagian kantung mata selama beberapa menit sambil diberi tekanan ringan. Anda bisa menerapkan terapi ini setiap hari baik sebelum atau setelah tidur.

2. Cukup minum air putih

Langkah lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mencukupi kebutuhan air mineral. Air sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Ketika cairan tubuh tidak seimbang maka bisa menyebabkan dehidrasi. Tapi ketika cairan berlebihan juga menyebabkan retensi pada mata yang membentuk kantung mata. Namun asalkan tidak menyebabkan mata mengeluarkan lendir putih maka itu tidak berbahaya. Maka perhatikan untuk minum sebanyak 8 gelas per hari secara rutin.

3. Kurangi garam

Konsumsi makanan yang asin juga sangat berbahaya untuk mata. Garam akan memancing masalah cairan tubuh sehingga potensi retensi cairan pada kelopak mata akan meningkat. Inilah akhirnya Anda bisa memiliki kantung mata yang lebih tebal setelah banyak mengonsumsi makanan asin. Selain itu garam juga sangat berbahaya untuk penderita diabetes dengan glaukoma yang terkena komplikasi hipertensi.

Sponsors Link

4. Perhatikan posisi tidur

Proses untuk mengalirkan cairan dan darah dalam tubuh saat tidur ternyata sangat penting untuk kesehatan mata. Aliran darah akan bergerak dari jantung kemudian masuk ke bagian tubuh atas seperti otak dan meliputi mata kemudian ada darah yang turun sampai pembuluh darah vena dan kembali lagi ke jantung. Karena itu saat tidur maka Anda perlu membuat kepala lebih tinggi agar cairan bisa kembali ke bawah dan mencegah cairan mata menumpuk di kelopak mata.

5. Kurangi kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein memang sudah menjadi kebiasaan. Namun langkah ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Karena sumber kafein dan alkohol bisa menyebabkan gangguan tidur, dehidrasi dan sistem keseimbangan cairan tubuh yang terganggu. Semua itu akan membuat pembentukan kantung mata. Jadi cobalah untuk mengurangi minuman tersebut agar kantung mata hilang.

6. Konsumsi makanan tinggi kalium

Kalium ternyata menjadi mineral yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalium tinggi akan membuat tubuh memiliki cairan dengan jumlah yang seimbang. Kebiasaan ini akan membantu Anda mengelola cairan tubuh dan mengurangi kantung mata. Makanan yang kami rekomendasikan seperti sayuran hijau, yogurt, pisang dan kacang-kacangan.

Sponsors Link

7. Masker kentang

Kentang adalah sayuran yang mengandung vitamin C sangat tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi ini akan menghambat proses pembentukan keriput sehingga kulit menjadi kencang. Nah inilah yang membuat kentang sangat efektif untuk menghilangkan kantung mata. Anda hanya perlu menghaluskan kentang yang segar, kemudian terapkan pada kantung mata seperti menggunakan masker. Biarkan selama 30 menit dan baru dibersihkan dengan air dingin. Lakukan setiap pagi setelah bangun tidur.

8. Masker tomat

Nah jika Anda memiliki tomat segar maka bahan ini juga sangat baik untuk menghilangkan kantung mata. Anda hanya perlu memotong tomat segar yang sudah didinginkan di kulkas kemudian tempelkan pada bagian mata sampai menutup kantung mata. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan setelah itu bersihkan dengan air dingin. Langkah ini sangat baik untuk menghilangkan kantung mata yang sudah menghitam.

Itulah berbagai cara menghilangkan kantung mata paling alami yang bisa Anda coba lakukan. Anda bisa memilih mana langkah yang paling ampuh dan sesuaikan dengan penyebabnya.

, ,



Oleh :
Kategori : Herbal