Sponsors Link

3 Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Bangun Tidur

Sponsors Link

Mata sembab setelah bangun tidur bukanlah jenis gangguan mata yang parah selayaknya sikatrik kornea. Ada banyak penyebab kenapa mata Anda mengalami sembab setelah bangun tidur, umumnya terjadi karena kebiasaan tidur yang buruk. Kebiasaan tersebut baik karena Anda tidur terlalu malam sehingga kekurangan waktu tidur, hingga posisi kepala yang tidak benar ketika tidur. Beberapa jenis sembab yang terjadi juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelum tidur.

ads

Kendati bukan masalah yang buruk, sembab pada mata tentu akan membuat Anda tidak cukup percaya diri untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain membuat wajah tampak kusam dan layu, mata sembab bisa disertai dengan keluhan lain seperti mata berair, dan perih. Oleh karena itu, Anda harus mencari cara menghilangkan mata sembab setelah bangun tidur. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Kompres

Melakukan kompres di area mata adalah cara menghilangkan mata sembab setelah bangun tidur yang mudah untuk dilakukan. Selain tidak memakan banyak waktu, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana untuk mengompres mata Anda. Kendati tidak memberikan hasil yang cukup signifikan, mengompres mata yang sembab bisa membantu Anda melancarkan pembuluh darah dan kelenjar air mata Anda. Ada beberapa jenis kompres yang bisa Anda coba di rumah, yakni sebagai berikut.

  • Air dingin, adalah jenis kompres yang paling sederhana. Anda hanya memerlukan handuk bersih yang sudah direndam ke dalam air dingin berisi es. Lantas, peras dan simpan di atas mata Anda hingga merasa lebih baik sekitar 5 menit.
  • Sendok adalah benda lain yang bisa Anda jadikan sebagai alat untuk mengompres mata yang sembab namun malas membuat wajah Anda basah. Anda hanya memerlukan dua buah sendok dan simpan lekukannya di atas bagian mata Anda yang sembab. Usahkan gunakan sendok dengan suhu dingin, agar hasil seusia dengan yang diharapkan.
  • Timun, penggunaan timun dalam dunia kecantikan sudah bukan hal yang aneh lagi. Timun biasanya diiris dan disimpan di atas dua mata Anda untuk mendapatkan khasiatnya. Salah satunya adalah sebagai cara menghilangkan mata sembab setelah bangun tidur.
  • Teh dingin juga kerap digunakan untuk mengompres mata sembab. Anda hanya perlu dua kantung teh dan celupkan ke wadah berasa es dan air. Biarkan teh di dalamnya meresap dan simpan di area mata Anda untuk beberapa saat.

2. Menggunakan Concealer

Alternatif lain bagi Anda yang mencari cara menghilangkan mata sebab setelah bangun tidur adalah dengan menggunakan concealer. Terutama bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan kompres dingin pada mata Anda. Namun, concealer hanya membantu Anda untuk menutupi bagian yang sembab saja.

Anda hanya perlu mengoleskan concealer di area mata Anda yang sembab. Usahakan untuk menggunakan produk concealer yang berbadan dasar yang aman untuk kulit atau memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah Anda. Hati-hati dalam mengaplikasikan concealer di daerah mata Anda agar tidak terjadi mata luka kena kuku.

3. Memperbaiki Kebiasaan Tidur yang Buruk

Namun, penggunaan kompres dan concealer tidak akan benar-benar mengatasi mata sembab Anda setelah bangun tidur jika Anda masih memiliki kebiasaan tidur yang buruk. Tidak hanya membuat sembab, kebiasaan tidur yang buruk bisa pula menjadi penyebab bola mata terasa nyeri. Cara menghilangkan mata sembab setelah bangun tidur adalah dengan menghentikan pola kegiatan yang membuat mata Anda sembab yakni sebagai berikut.

  • Mendapatkan cukup tidur. Salah satu penyebab mata Anda sembab setelah bangun tidur adalah karena Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan diri untuk memenuhi waktu tidur malam Anda. Jika tidak demikian, maka Anda tidak bisa benar-benar melepaskan diri dari kondisi mata yang sembab.
  • Mengatur posisi kepala saat tidur juga perlu Anda lakukan. Sebab, posisi kepala Anda saat tidur akan menentukan terjadi tidaknya penumpukan cairan di bawah kelopak mata Anda. Usahakan untuk menggunakan bantal yang membuat kepala Anda terletak lebih tinggi dari tubuh.
  • Hindari mengonsumsi makanan penuh garam dan minuman alkohol sebelum tidur. Sebab, garam dan alkohol akan menimbulkan resistensi air di dalam tubuh Anda, termasuk pada bagian mata.

Selama tidak menjadi penyebab iritasi mata merah, mata sembab setelah bangun tidur bukanlah sesuatu yang buruk jika dilihat dari kaca mata medis. Mata sembab adalah gangguan yang cukup ringan. Namun, hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda memiliki beberapa masalah tidur yang harus segera Anda perbaiki. Anda bisa melakukan cara menghilangkan mata sembab setelah bangun tidur tersebut untuk terhindar dari mata sembab yang memperburuk penampilan Anda. Namun, jika mata sembab Anda tidak kunjung membaik dan menunjukkan adanya ciri-ciri pembuluh darah mata pecah, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter mata Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan