Sponsors Link

5 Cara Mengobati Mata Bintitan Yang Sudah Lama Secara Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Bintitan merupakan salah satu jenis penyakit mata ringan yang tidak membahayakan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya bintil kecil pada kelopak mata, di dalamnya berisi cairan nanah. Normalnya kondisi ini biasanya akan sembuh dalam waktu 1 minggu. Namun ada saja yang mengalaminya dalam waktu lama. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengobati mata bintitan yang sudah lama secara alami:

ads

1. Mengompres mata menggunakan air hangat

Cara alami pertama yang dapat Anda lakukan yaitu mengompres bintitan pada kelopak mata menggunakan air hangat. Cara ini cukup bisa membantu mengatasi bintitan, apalagi guna membersihkan bakteri yang ada di dalam bintil yang bila didiamkan bisa mengakibatkan infeksi lebih parah.

2. Menggunakan daun sirih

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cara alami dedaunan. Anda bisa coba menggunakan daun sirih untuk mengempeskan bintil pada kelopak mata. Daun ini mengandung anti bakteri, sehingga secara alami mampu membersihkan bakteri yang ada di dalam bintilnya. Proses pengolahannya tidak sulit, Anda hanya perlu merebus daunnya lalu memakai airnnya untuk membersihkan mata. Namun yang perlu diingat, sebelum membersihkan mata menggunakan rebusan daun sirih adalah membersihkan daun sirihnya di bawah air yang mengalir atau air kran, jangan di rendam ya.

3. Menggunakan bawang putih

Cara alami yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Pengolahan bawang putih untuk mata bintitan juga tidak sulit, Anda hanya perlu memblender sampai halus 1 siung bawang putih. Setelah itu, kompreskan sedikit bawangnya pada mata Anda tepat pada bagian bintilnya. Anda akan merasakan adanya sensasi panas yang diakibatkan oleh bawang putih, sebaiknya tahan sedikit ya.

4. Menggunakan daun jambu biji

Anda juga bisa menggunakan daun jambu biji untuk cara mengobati mata bintitan yang sudah lama. Memang sih, orang-orang pada umumnya hanya mengetahui daun ini bisa mengobati diare saja, namun ternyata bila mencari tahu lebih dalam mengenai kandungannya, ternyata daunnya sangat bermanfaat untuk mengatasi bintitan. Ini karena di dalamnya terdapat kandungan anti-inflamasi yang bisa meringankan bintitan. Anda hanya perlu menghaluskan daunnya, kemudian mengompres tumbukannya pada bagian bintil yang mengeras.

5. Menggunakan ketumbar

Bila menyebutkan kata ketumbar, pasti Anda akan ingat dengan dapur dan masakan. Ya, ini karena ketumbar memang salah satu rempah yang sangat sering digunakan untuk memasak agar membuat rasa masakannya terasa lebih sedap. Namun selain itu, ternyata Anda juga bisa menggunakan ketumbar untuk meringankan gejala bintitan pada mata yang sudah lama membengkak pada kelopak mata. Caranya juga tidak sulit, Anda hanya perlu merebus 2 hingga 4 sendok ketumbar. Selanjutnya, tiriskan air rebusannya dan saring bijinya. Bila air rebusan ketumbar sudah dingin, Anda bisa mengambil kapas atau handuk kecil kemudian mengompreskan air rebusan ketumbar pada mata menggunakan handuk.

Sponsors Link

Itulah 5 cara mengobati mata bintitan yang sudah lama secara alami paling ampuh yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bila bintitan tak kunjung sembuh walau sudah dibantu menggunakan cara alami, sebaiknya segeralah memerisakan mata Anda pada dokter, karena bisa saja mata Anda bukan mengalami bintitan melainkan kondisi lain yang cukup membahayakan dan bisa menjadi penyebab kebutaan mata. Antisipasi lebih dini agar tidak membahayakan di masa mendatang.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal