Sponsors Link

Cara Mengobati Mata Mengganjal Paling Jitu

Sponsors Link

Mata mengganjal atau seperti ada yang mengganjal ini sangat nyaman. Jika kita merasakan hal seperti itu, mata akan sering kita kedip-kedipkan berharap sesuatu-benda, kotoran, yang ada didalam mata bisa keluar. Sangat tidak nyaman.

ads

Secara umum mata mengganjal atau seperti ada sesuatu yang mengganjal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang perlu anda kenali. Jika kita sudah tahu apa yang menyebabkan mata kita terasa mengganjal, maka akan mudah bagi kita untuk mengatasinya.

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab mata mengganjal dan cara penanganan atau pengobatannya secara praktis, yang bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain.

1.Dry eyes

Dry eyes atau mata kering. Mata kering ini bisa disebabkan karena dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan, atau bisa juga terjadi mata terlalu lama terpapar di depan layar monitor komputer maupun layar smartphone. Selain itu mata kering juga bisa disebabkan karena produksi air mata yang terlalu sedikit.

Untuk mengatasi mata kering bisa secara cepat anda bisa melakukannya dengan menggunakan air mata buatan. Selain itu untuk menyembuhkan mata kering dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi yang dapat menunjang produksi air mata lebih banyak, sehingga mata tidak kering.

Baca juga:

2.Lithiasis  (timbunan kalsium pada bagian kelopak mata)

Lithiasis terjadi karena tidak sempurnanya metabolisme kalsium pada tubuh. Sehingga kalsium yang dihasilkan dari makanan sehari-hari tidak semuanya terserap oleh tulang, namun di endapkan pada bagian lain, yaitu mata. Jika anda mengalami ini mata akan terasa mengganjal dan sangat tidak nyaman.

Untuk menangani lithiasis mata adalah dengan mengambil endapan kalsium atau lemak mata. Pastikan tangan anda bersih dan steril saat mengambil lemak mata ini.

3. Masuknya Benda Asing

Mata mengganjal bisa disebabkan andanya benda asing yang masuk ke mata, benda asing itu bisa berupa bulu mata yang jatuh ke mata, debu, atau kelilipan partikel lainnya. Benda asing itu akan mengiritasi mata hingga mata terasa tidak nyaman. Meta akan terasa mengganjal meski benda asing itu sudah dikeluarkan dari mata. (Baca juga: Penyebab mata perih saat berkedip dan cara mengatasinya )

Untuk mata mengganjal yang disebabkan karena adanya partikel asing yang masuk adalah cara sebagai berikut:

  • Mengedip-kedipkan mata secara cepat. mengedipkan mata dengan tempo yang cepat dapat menggeser partikel asing yang ada di dalam mata kemudian bergeser ke tepi mata. Setelah itu anda bisa ambil dengan tangan atau dengan bantuan alat jika benda itu bisa diambil misalkan bulu mata. Jika yang mengganjal tersebut berupa partikel tanah atau pasir anda bisa menggunakan cutton bud untuk mengambilnya, tentunya ketika partikel tersebut sudah berada di sudut mata. Untuk melakukan hal ini anda memerlukan bantuan orang lain untuk mengambil kotoran yang masuk di mata.
  • Tekan kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Untuk melakukan hal ini pastikan tangan anda bersih dan steril. Tutup mata anda kemudian tekan kelopak mata atas dengan lembut kearah kelopak mata bawah. Putar bola mata, dengan cara ini kemungkinan kotoran akan keluar.
  • Cuci mata dengan cairan khusus. Cara ini bisa anda gunakan untuk mengatasi mata mengganjal yang kemungkinan disebabkan karena benda asing yang masuk. Gunakan mangkuk kecil atau gelas khusus untuk mencuci mata dengan cairan khusus ini. Miringkan mata anda ke dalam mangkuk atau gelas yang yang berisi cairan khsusus tersebut kemudain kedip-kedipkan mata anda. Cara ini biasaya sangat efektif untuk menghilangkan kotoran di dalam mata sehingga mata menjadi segar kembali.
  • Dengan bantuan medis. Jika mata kemasukan benda asing dan mata terasa mengganjal disertai dengan ciri-ciri keluarnya darah di bola mata anda tidak bisa melakukan pengangkatan benda asing ini sendiri atau dengan bantuan teman yang bukan ahlinya. Sebab iritasi yang berat dalam mata bisa berakibat fatal meski penyebabnya sepele. Segera bawa ke dokter mata jika anda mengalami hal seperti ini.
Sponsors Link

Berikut ini tindakan yang perlu anda lakukan saat merasakan mata mengganjal sebelum anda memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata.

  • Hindari menggosok mata.
  • Kompres dengan air hangat pada mata yang kering.
  • Sering-seringlah berkedip.
  • Gunakan tetes mata artifisial untuk membasahi bola mata.
  • Istirahat yang cukup.
  • Konsumsi air putih yang cukup.
  • Hindari sementara penggunaan lensa kontak, jika anda pengguna lensa kontak.
  • Hindari lingkungan yang berdebu, berangin, dll.
  • Istirahatkan mata jika terasa lelah saat melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi visual.

Baca juga:

Demikian cara mengobati mata mengganjal yang paling efektif, semoga bermanfaat  untuk anda yang sedang membutuhkan solusi pengobatan mata mengganjal.

 

, , , , ,