Sponsors Link

8 Cara Mengobati Mata Merah Karena Serangga (Pertolongan Pertama)

Sponsors Link

Anda mungkin pernah mengalami mata merah karena serangga. Serangga tersebut bisa saja masuk atau menggigit bagian tertentu dari mata Anda. Mata menjadi terasa panas dan perih serta memerah. Ada beberapa penyebab mata merah tapi tidak sakit yang patut kita waspadai.

ads

Pada umumnya serangga masuk ke mata saat Anda sedang mengendarai kendaraan bermotor. Anda mungkin tidak menutup kaca helm Anda atau tidak menggunakan pelindung mata seperti kacamata. Serangga dapat masuk ke mata Anda dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini pasti mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Namun, tidak jarang juga serangga masuk saat Anda tidak sedang berkendara.

Pada saat serangga masuk ke mata, mata akan memberikan reaksi otomatis dengan terus berkedip-kedip. Mata akan memproduksi air mata lebih banyak. Produksi air mata tersebut diharapkan akan menjebak serangga yang masuk ke dalam mata. Setelah itu serangga yang mati akan dikeluarkan bersama dengan air mata.

Saat serangga masuk ke mata, Anda pasti ingin mengucek mata Anda karena rasa sakit dan perih yang tidak tertahankan. Namun, saat mata kemasukan benda asing yang kecil seperti serangga maka ada beberapa cara mengobati mata merah karena serangga yaitu:

  • Jangan menggosok atau mengucek mata

Hindari menggosok mata karena dapat memperparah iritasi. Hal ini juga bertujuan agar serangga tidak masuk lebih dalam ke bagian mata. Menggosok mata atau mengucek mata dapat menyebabkan serangga menggores kornea mata, selaput terluar pada mata. Anda bisa mengetahui penyebab iritasi mata merah dan cara mengatasinya dengan mudah namun aman.

  • Kedipkan mata terus menerus

Kedipkan mata Anda secara terus menerus sampai mata mengeluarkan air mata. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, air mata ini dapat membersihkan mata dari partikel asing termasuk serangga yang masuk ke mata.

  • Cuci mata dengan air mengalir

Cuci mata Anda dengan mengalirkan air bersih mengalir ke mata. Meskipun banyak obat pencuci mata yang dijual di pasaran, tetapi jika Anda ragu maka Anda lebih baik mengaliri mata Anda dengan air bersih terlebih dahulu.

  • Menggunakan obat mata

Apabila Anda khawatir terjadi iritasi, maka gunakanlah obat mata yang dijual bebas di apotek. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi ke ahlinya terlebih dahulu sebelum menentukan jenis obat mata yang tepat. Anda bisa membaca artikel mengenai obat mata merah dan berair di apotik terdekat tempat anda.

  • Kompres mata

Anda bisa mengkompres mata Anda dengan air dingin atau es untuk mengurangi peradangan. Namun, penggunaan air dingin lebih disarankan daripada es batu.

  • Istirahatkan mata

Istirahatkan mata Anda dengan tidur atau memejamkan mata Anda. Setelah mencoba mengeluarkan serangga yang masuk ke mata, cobalah untuk memejamkan mata Anda.

  • Hindarkan mata dari melihat objek menyilaukan

Hindarkan mata Anda dari melihat objek yang silau seperti melihat layar televisi, telepon genggam, laptop/ komputer dalam durasi waktu yang lama dan jarak yang terlalu dekat, karena efek radiasi hp terhadap mata cukup berbahaya.

  • Gunakan cotton bud basah atau sudut kain bersih

Gunakan cotton bud basah atau sudut kain bersih di balik kelopak atas untuk mengeluarkan serangga yang masuk ke mata. Anda perlu menekan kelopak mata dengan lembut, kemudian angkat pelan. Masukkan cotton bud basah atau sudut kain bersih. Putar bola mata Anda ke arah belakang kepala. Namun, jika Anda ragu melakukan hal ini sendiri, Anda bisa meminta bantuan rekan Anda untuk melakukan ini.

Anda perlu berkonsultasi ke dokter apabila Anda masih mengalami mata merah dan perih terus menerus. Jadi Anda perlu menghubungi dokter jika:

  • Serangga yang masuk sulit dikeluarkan dan menyangkut di bol mata (terutama kornea).
  • Pendarahan atau keluarnya cairan dari bola mata.
  • Serangga masuk dan mengenai mata dalam kecepatan tinggi.
  • Bagian mata terasa seperti tertusuk benda tajam akibat kemasukan serangga.
  • Pertolongan pertama tidak berhasil mengeluarkan serangga sehingga sensai gatal tidak menghilang.
  • Setelah mata diistirahatkan selama kurang lebih satu jam, penglihatan masih tidak kembali normal.
  • Walaupun serangga telah dikeluarkan, tetapi iritasi dan kedipan berlangsung lebih dari dua jam.

Upaya terbaik dari cara mengobati mata merah karena serangga adalah dengan melakukan pencegahan. Meskipun serangga hanyalah benda kecil, tetapi saat masuk ke mata maka gerakan serangga dapat melukai mata. Kerusakan mata permanen pun bisa saja terjadi.

Anda perlu menggunakan pelindung mata saat sedang berada di lingkungan kerja yang beresiko tinggi dari masuknya serangga ke mata. Pelindung mata yang baik harus juga melindungi bagian samping mata. Gunakan kacamata khusus yang memiliki pelindung samping. Bagi Anda para pengendara motor, jangan lupa untuk menutup kaca helm Anda. Anda juga bisa menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari masuknya serangga ataupun partikel lainnya dengan mempelajari cara membersihkan kacamata yang kotor.

Semoga artikel mengenai cara mengobati mata merah karena serangga ini bermanfaat. Jaga terus kesehatan mata Anda.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan