Sponsors Link

Cara Mengobati Mata Minus dengan Wortel

Sponsors Link

Mata minus atau secara medisnya disebut dengan miopia atau rabun jauh adalah kemampuan mata yang lemah untuk melihat dari jarak jauh, namun jika dari jarak dekat mata akan melihat secara normal. Mata minus ini terjadi karena kornea terlalu cembung dan lensa lebih cembung, sehingga titik fokus sinar terletak di depan retina. Untuk mengatasi mata minus dapat menggunakan lensa atau kacamata minus sesuai dengan ukuran minusnya, atau juga bisa menggunakan lensa kontak yang sesuai.

ads

Bagi penderita mata minus kaca mata dan lensa kontak sangat membantu untuk penglihatan normal. Namun apakah penderita penyakit mata minus ini tidak ingin sembuh atau sudah nyaman dengan menggunakan kaca mata tebal. Tentunya kesehatan mata sangat idamkan banyak orang, apalagi bagi yang sudah menderita mata minus.

Baca juga:

Nutrisi yang Terkandung dalam Wortel

Apakah betul wortel bisa mengbati mati mata minus? Secara gizi wortel memang memiliki beberapa kandungan gizi untuk kesehatan mata.

Sayuran dengan warna orange ini memiliki tekstur yang keras dan rasanya manis. Dalam wortel terdapat beta karoten, antioksidan, vitama A, vitamin B8, vitamin C, vitamin K, asam pantotenat, asam folat, potassium, zat besi, tembaga dan juga mangan.

Bukan hanya kandungan vitamin dan mineral saja, tapi wortel juga memiliki kemampuan antiseptik dan anti bakteri yang ideal untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang ada dalam wortel juga mampu merangsang sel darah putih yang merupakan elemen penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Dibeberapa negara Eropa wortel disebut sebagai buah dewa, karena wortel juga berhasiat membunuh sel-sel kanker, mencegah kerusakan DNA dan sangat ampuh melingungi tubuh dari radikal bebas.

Jenis-jenis Wortel untuk Menghobati Mata Minus

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 4 jenis wortel yang biasa dikonsumsi. Berikut ini jenis-jenis wortel yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati mata minus. Anda bisa memilih sesui selera anda.

  1. Chantenay Red Cored
    adalah wortel berbentuk kerucut dengan bagian pangkal yang besar. Diameternya kurang lebih 4 – 5 cm, dan panjangnya bisa sampai 15 cm. Rasa wortel jenis ini manis dan daginya halus.
  2. Royal Chantenay
    Secara fisik dan rasa sama dengan jenis wortel chantenay red cored namun memiliki ukuran yang lebih panjang hingga 18 cm.
  3. Chantenay
    Jenis wortel ini banyak di tanam di Indonesia, bentuknya kerucut dengan diameter kurang lebih 6 cm, berwarna orange.
  4. Nantes
    Wortel ini berbentuk silindris dengan diameter 3-4 cm, serta panjang 16 hingga 19 cm, berwarna orange dan aromanya lebih enak dibanding dengan 3 jenis wortel sebelumnya. Wortel jenis nantes ini sangat cocok untuk dijadikan jus untuk mengobati mata minus.

Terapi Mata Minus dengan Wortel

Untuk mendapatkan hasil dalam pengobatan mata minus. Penderita mata minus direkomendasikan untuk mengkonsumsi wortel setiap hari. Wortel bisa dimakan mentah. Cukup bersihkan wortel kemudian dimakan sepeti makan buah-buahan. Wortel ini akan terasa manis saat dikunyah. Mungkin bagi anda yang kurang suka dengan aroma wortel bisa mengkonsumsi wortel dalam bentuk juice atau minuman segar.

Selain dikonsumsi secara langsung dalam jumlah tertentu, wortel juga bisa dikombinasikan dalam masakan sepeerti oseng-oseng, sayur bening dan aneka masakan lainnya.

Resep Jus Wortel yang untuk mata minus

Pastinya jus yang sehat adalah jus yang tidak menggunakan gula terlalu banyak. kalau perlu jus wortel untuk mengobati mata minus ini dibuat tanpa gula, apalagi pemanis buatan. Untuk menghadirkan rasa manisnya bisa ditambahkan madu atau pun susu segar. (Baca juga: Jus untuk mata rabun)

Bahan:

  • 1 Buah wortel besar
  • 1 3 sendok madu
  • es batu

Cara membuatnya adalah dengan memotong wortel menjadi beberapa bagian, kemudian masukkan ke dalam blender, nyalakan blender dengan kecepatan sedang hingga lembut. kemudian saring wortel untuk mendapatkan sarinya. Tambahkan 3 sendok madu kemudain aduk. Tambahkan es batu, atau masukkan ke frezer terlebih dahulu sekitar 20 menit. Jus wortel siap dihidangkan.

Sponsors Link

Minuman jus wortel ini bisa ditambahkan dengan yoghurt atau bisa juga susu rendah gula untuk variasi rasa yang lebih enak dan segar. Untuk mendapatkan hasil yang efektif setidaknya penderita mata minus mengkonsumsi jus wortel ini setiap hari.

Baca juga:

Perlu diingat juga untuk penyembuhan mata minus diharapkan juga bagi penderita untuk tidak melakukan hal-hal buruk yang menjadi awal mata minus. Misalkan membaca di ruang yang tidak cukup cahaya, menonton TV dari jarak dekat, berinteraksi di layar handphone dalam waktu yang lama. Jika penderita mata minus tidak menghindari kebiasan buruk tersebut maka pengobatan mata minus dengan wortel ini tidak ada gunanya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayur Sayuran