Sponsors Link

Cara Mengobati Mata Sakit Ketika Melirik Sesuai Penyebabnya

Sponsors Link

Mata merupakan salah satu organ penting tubuh yang memiliki fungsi sebagai salah satu diantara lima indera yang dimiliki oleh manusia. Mata bertindak sebagai indera penglihatan yang perannya sangat penting bagi kehidupan sehari hari. Pentingnya peran bagian bagian mata dan fungsinya tersebut menjadikan setiap orang haruslah menjaga agar kesehatannya dapat selalau dalam kondisi yang baik baik saja serta terbebas dari berbagai macam penyakit maupun gangguan mata yang cukup memberikan dampak buruk.

ads

Menjaga kesehatan mata menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan mengingat adanya kondisi buruk pada mata dapat menyebabkan keadaan yang fatal yakni hingga kehilangan penglihatan. Hilangnya penglihatan tentu menjadikan seseorang tidak dapat hidup dan beraktivitas secara normal. Untuk mencegah adanya permasalahan pada mata maka setiap orang haruslah mampu menjaga kesehatan mata melalui berbagai hal termasuk memperhatikan dan mengatasi setiap permasalahan yang ada.

Permasalahan sekecil apapun pada mata tidak boleh disepelekan meskipun tidak menimbulkan gejala berarti. Dalam pembahasan artikel kali ini, halomata.com akan membahas mengenai salah satu kondisi masalah pada mata yakni keadaan dimana mata terasa sakit ketika digunakan untuk melirik. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kondisi sakit pada mata tersebut dan beberapa cara mengobati mata sakit ketika melirik yang baik dan efektif serta aman untuk dilakukan.

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai cara mengobati mata sakit ketika melirik maka hal yang perlu dipastikan terlebih dahulu adalah penyebab dari munculnya kondisi tersebut. Mata yang sakit saat melirik merupakan salah satu bagian dari jenis jenis penyakit mata yang dapat disebabkan oleh gangguan pada mata maupun area disekitar mata termasuk rongga sinus. Untuk memastikan penyebab dari kondisi tersebut maka diperlukan pemeriksaan yang lebih lanjut namun berikut ini beberapa penyebab yang mungkin dapat menimbulkan masalah sakit saat mata melirik diantara seperti di jelaskan dibawah ini.

  • Astenopia atau kelelehan pada mata yang muncul akibat aktivitas mata yang terlalu lama menatap layar monitor dan kurang diistirahatkan.
  • Infeksi pada mata yang biasanya disertai dengan gejala lain selain sakit saat melirik seperti kondisi mata yang merah.
  • Mata kering yang diawali dengan gejala mata berair atau mengeluarkan air secara terus menerus.
  • Beberapa penyakit atau kelainan pada mata seperti glaucoma , sinusitis, dan juga bisa jadi karena sakit kepala cluster dan bisa jadi merupakan ciri ciri mata minus pada anak.

Untuk memahami dengan pasti penyebab kondisi sakit pada mata saat melirik tersebut tentu dibutuhkan pemeriksaan yang lebih lanjut berdasarkan diagnosis dokter spesialis mata. Dalam upayanya mengatasi kondisi mata yang sakit saat melirik, penderita dapat melakukan beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut ini.

  • Mengurangi penyebab yang ada

Langkah awal yang dapat dilakukan dalam upaya atau cara mengobati mata sakit ketika melirik adalah dengan mengurangi aktivitas yang menyebabkan munculnya kondisi tersebut atau beberapa penyebabnya. Salah satu hal yang perlu dilakukan diantaranya seperti mengistirahatkan mata dan tidak melihat monitor secara langsung dalam jangka waktu yang lama, mengatasi kondisi mata yang kering dengan menggunakan air mata tambahan atau artificial tears, serta memejamkan mata melalui tidur dan istirahat.

  • Memberikan pijatan pada mata

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mengobati mata sakit ketika melirik adalah dengan memberikan pijatan pada mata. Selain pijatan, mengkompores air hangat di daerah sekitar mata juga dapat membantu mengatasi munculnya rasa sakit saat mata digunakan untuk melirik. Pijatan dan kompres air hangat tersebut dapat membantu memberikan efek relaksasi pada otot otot mata yang tegang sebagai pemicu sakit saat melirik. Pijatan merupakan salah satu cara mengobati sakit mata secara alami.

  • Mengkonsumsi obat antinyeri

Munculnya rasa sakit saat melirik dapat diobati dengan menggunakan beberapa jenis obat antinyeri yang dapat dibeli di apotek terdekat. Penggunaan obat antinyeri tersebut bukan digunakan untuk mengatasi kondisi mata sakit saat melirik sepenuhnya namun hanya sebagai langkah awal dalam mengatasi gejala sakit atau nyeri yang muncul. Obat yang dapat digunakan dalam mengatasi rasa nyeri yang muncul diantaranya seperti paracetamol, asam mefenamat, dan lain sebagainya.

  • Memeriksakan kondisi tersebut dengan dokter

Langkah yang tepat dalam mengatasi atau mengobatai mata sakit ketika melirik adalah dengan mengkonsultasikannya pada dokter spesialis mata. Melalui konsultasi tersebut tentu akan ada proses pemeriksaan medis yang dilakukan untuk menegakan diagnosis dari kondisi yang ada serta dapat dengan benar menentukan tindakan medis yang tepat dalam mengatasi mata sakit saat melirik tersebut. Penentuan tindakan medis yang dilakukan sangat bergantung dari penyebab munculnya kondisi mata yang sakit saat melirik tersebut.

Itulah beberapa cara mengobati mata sakit ketika melirik yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang merasakan munculnya kondisi gejala atau tanda tanda sakit mata yang ada tersebut secara mandiri sebagai langkah awal pengobatan. Mata yang sakit saat melirik tentu dapat disebabkan oleh berbagai hal yang dapat dipastikan dalam pemeriksaan dengan dokter spesialis mata sehingga cara pengatasannya bisa ditentukan dengan tepat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan