Sponsors Link

6 Cara Mengobati Mata Silinder Tanpa Operasi

Sponsors Link

Mahalnya biaya untuk melakukan operasi lasik demi menyembuhkan mata silinder membuat banyak penderitanya mencari cara mengobati mata silinder  tanpa operasi. Meksipun hingga saat ini, satu-satunya tindakan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan mata silinder dan terbukti secara ilmiah adalah dengan operasi lasik.

ads

Lasik adalah kepanjangan dari Laser-Assisted In-situ Keratomileusis. Lasik merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk mengoreksi kelainan refraksi yang terjadi pada organ mata meliputi rabun dan mata silinder. Hingga kini, Lasik sudah menunjukkan angka yang hampir sempurna dalam proses penyembuhan berbagai kelainan refraksi mata yakni mencapai angka 96%. Tindakan lasik bisa menjauhkan Anda dari bahaya mata silinder yang mengintai para penderita yang tidak melakukan proses pengobatan.

Di luar tindakan operasi lasik, Anda hanya dihadapkan pada beberapa langkah perawatan yang bisa mengatasi mata silinder Anda. Langkah-langkah perawatan ini bukanlah cara mengobati mata silinder tanpa operasi melainkan cara Anda mengurangi dampak dan menekan tingkat silinder yang Anda derita. Ada pun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga Kebersihan Mata

Agar organ mata Anda tetap sehat, tentu saja Anda harus rutin membuatnya bersih dari segala kotoran dan debu yang  menyerang. Ada banyak cara untuk membersihkan mata Anda sekali pun mata memiliki sistem sendiri untuk membilas segala kotoran yang menempel dengan air mata. Untuk mengatasi risiko yang lebih besar, Anda sebaiknya tidak menggunakan handuk dan sabun muka yang sama dengan orang lain.

  1. Mengompres Mata dengan Air Hangat

Mata adalah salah satu organ yang kerap digunakan dan hanya beristirahat ketika tertidur. Oleh karena itu, Anda harus awas dengan kondisi mata Anda. Mata lelah biasanya ditandai dengan sayu, rasa gatal dan kering, mata merah, serta tegang. Agar tetap tekendali, Anda bisa melakukan kompres hangat pada mata Anda setelah beraktivitas selama seharian. Jangan lupa untuk mengoptimalkan cara ini dengan mengonsumsi makanan untuk mata silinder.

  1. Olahraga Mata

Cara lain untuk membuat mata Anda rileks adalah dengan melakukan olahraga mata. Sebagai cara mengobati mata silinder tanpa operasi dengan hasil yang tidak instan, melakukan aktivitas kecil ini bisa mengurangi ketegangan mata Anda. Olahraga mata cukup ringan untuk dilakukan pada pagi dan malam sebelum tidur. Anda bisa melakukan berbagai gerakan mata, pijatan di pelipis dan kepala. Usahakan untuk tindak memaksa bola mata Anda bergerak terlalu keras atau keluar batas sebab hal tersebut bisa memberikan dampak buruk terhadap kondisi mata Anda.

  1. Mengurangi Kebiasaan Menatap Layar Televisi/Komputer/Ponsel Terlalu Lama

Salah satu kegiatan yang mampu memperparah mata silinder yang Anda derita adalah kebiasaan menggunakan gawai atau menonton televisi yang berlebihan. Oleh karena itu, salah satu cara mengobati mata silinder tanpa operasi adalah dengan mengurangi kegiatan tersebut. Layar-layar tersebut terutama layar ponsel memancarkan sinar biru yang tidak baik untuk kesehatan mata jika terjadi untuk waktu yang lama. Menatap layar terlalu lama merupakan salah satu pantangan mata silinder yang harus dihindari.

  1. Menggunakan Kacamata

Cara terbaik untuk merawat mata Anda yang terkenal astigmatisme atau silinder adalah dengan menggunakan kacamata yang sesuai. Menggunakan kacamata bisa mendorong cara mengobati mata silinder tanpa operasi yang Anda lakukan. Menggunakan kacamata selain bisa mengurangi akibat mata silinder tidak memakai kacamata juga bisa membuat Anda melihat dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda bisa melakukan aktivitas selayaknya orang dengan pandangan yang normal. Hanya saja Anda perlu mengingat bahwa karakteristik mata penderita silinder cukup unik. Anda bisa jadi memiliki karakteristik mata silinder yang berbeda di sisi kanan dan kiri. Oleh karena itu, cermatlah dalam membaca resep dan memesannya menjadi seperangkat kacamata agar tidak keliru.

  1. Menggunakan Lensa Toric

Alternatif lain dari penggunaan kacamata adalah pengaplikasian lensa toric. Lensa toric adalah lensa kotak yang didesain khusus untuk penderita astigmatisma atau mata silinder. Langkah ini merupakan pendorong cara mengobati mata silinder tanpa operasi yang paling direkomendasikan. Lensa toric memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari lensa biasa untuk mata rabun terkait daya meridian dan kemampuan untuk berotasi. Tentu saja perbedaan tersebut juga menilik pada perbedaan mata silinder dan minus. Oleh karena itu ketika Anda berniat menggunakan lensa toric, usahakan untuk memeriksakan diri terlebih dahulu agar tidak salah beli.

Meskipun pada kenyataannya tidak ada cara mengobati mata silinder tanpa operasi dengan hasil yang cukup memuaskan, setidaknya Anda memiliki banyak langkah perawatan yang bisa menekan mata silinder Anda bertambah parah. Dengan begitu, Anda tidak bisa meminimalkan dampak buruk yang muncul karena mata silinder. Kendati demikian jika Anda memiliki sejumlah biaya, melakukan operasi lasik adalah langkah terbaik untuk mengobati mata silinder yang Anda derita dengan hasil yang optimal.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Gaya Hidup