Sponsors Link

10 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Sakit mata merupakan gangguan mata yang dapat membuat mata menjadi nyeri, tidak nyaman, dan bahkan tidak bisa melihat dalam beberapa waktu. Sakit mata sangat menyiksa dan mengganggu kegiatan sehari-hari sehingga kita harus rutin melakukan pencegahan agar tidak terjangkit sakit mata.

ads

Pencegahan agar tidak sakit mata dapat dilakukan dengan cara-cara alami dan tidak mengeluarkan banyak uang. Sebaiknya pencegahan mata dilakukan dengan rutin sehingga dapat didapatkan hasil yang maksimal. Pastikan Anda tidak memforsir mata secara berlebihan sehingga tetap sehat dan memiliki mata yang indah, berseri, dan tidak sayu.

Berikut ini beberapa cara mengobati sakit mata secara alami yang bisa juga dijadikan sebagai pencegahan terhadap penyakit mata:

1. Memanfaatkan Mentimun

Mentimun merupakan yang sering dipakai sebagai bahan untuk masker mata. Bukan hanya dilakukan secara personal, bahkan sudah banyak dipakai oleh tempat spa atau salon kecantikan. Mentimun memang berkhasiat untuk menyegarkan mata sehingga lebih cerah. Caranya:

  • Iris mentimun tipis.
  • Letakkan irisan timun pada mata dalam keadaan terpejam.

Lakukan rutin perawatan ini karena dapat bermanfaat bagi sakit mata karena mentimun mengandung anti bakteri. Mentimun dapat membuat mata menjadi lebih segar dan dapat mengurangi kantung mata yang tebal karena kurang tidur. Perawatan mata dengan mentimun juga dapat membuat kantung mata berkurang dan segar di area mata.

Mentimun memang terbukti ampuh untuk menghilangkan kelopak mata yang gelap atau biasa orang menyebutnya mata panda. Banyak orang yang bekerja atau sibuk bermain gadget hingga tidak tidur sampai pagi. Inilah yang sebenarnya membuat seseorang memiliki mata dengan kelopak hitam atau mata panda. Baca juga: Penyakit Mata Akibat Radiasi Hp.

2. Memanfaatkan Bawang Putih

Bawang putih bermanfaat untuk mengobati sakit mata. Caranya:

  • Ambil awang putih, kemudian cuci bersih terlebih dahulu.
  • Keringkan bawang.
  • Lap bersih menggunakan tisu agar bersih.
  • Potong bawang putih pada bagian ujung, kemudian belah menjadi dua bagian.
  • Oleskan pada bagian dalam bawang putih ke area kelopak mata.
  • Jangan ditekan terlalu kuat saat mengoleskan bawang putih.
  • Tunggu beberapa detik hingga mengeluarkan cairan dari mata.
  • Keringkan air mata dengan tisu.
  • Oleskan sampai 2 kali olesan.

Bawang putih dapat mencegah dan mengobati sakit mata yang disebabkan oleh adanya iritasi. Mata memiliki warna kemerahan bisa disembuhkan dengan bawang putih dengan mengobatinya 2 hingga 3 kali sehari. Baca juga: Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata.

3. Memanfaatkan Air Mawar

Bunga mawar dapat digunakan sebagai perawatan dan pencegahan sakit mata secara alami. Caranya:

  • Masukkan bunga mawar ke air bersih seperti aqua agar steril dari bakteri atau virus yang hidup di air.
  • Rendam bunga mawar ke dalam gelas air putih, kemudian ambil mawar yang direndam.
  • Kemudian rimbang mata ke dalam air mawar.
  • Kedipkan mata dalam dalam air mawar.
  • Lakukan berulang kali dengan mata yang bergantian kanan dan kiri.
  • Rimbang 3 kali sehari apabila sedang mengalami sakit mata.

Air mawar dapat mengatasi sakit mata seperti mata bengkak, mata merah, mata iritasi, dan alergi mata. Air mawar juga sangat segar jika digunakan untuk mencuci muka sehingga kulit muka bisa lebih segar dan kenyal. Air mawar sangat baik untuk merimbang mata karena sifatnya yang anti bakteri. Sehingga apabila Anda memiliki sakit mata, biasanya akan sembuh setelah mencuci mata dengan air mawar. Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami.

Sponsors Link

4. Memanfaatkan Air Hangat

Air putih juga dapat digunakan sebagai pencegahan sakit mata kita. caranya dengan mengompres mata yang sakit, seperti; belekan, bengkak dan gatal-gatal. Caranya:

  • Bersihkan mata sebelum dikompres air hangat.
  • Air hangat dapat digunakan untuk mengobati sakit mata.
  • Air hangat juga bisa mengobati peradangan pada mata, sehingga perlu dilakukan berulang kali dalam sehari.

Baca juga: Jus Buah untuk Kesehatan Mata.

5. Memanfaatkan Kentang

Kentang merupakan obat herbal yang bisa digunakan untuk mencegah sakit mata juga. Caranya:

  • Cuci bersih kentang, kemudian kupas kulit kentang dengan air hingga bersih.
  • Blender kentang hingga lembut.
  • Setelah kentang menjadi lembut, pakai kain lap tipis berbahan kaos, untuk meletakkan kentang pada lap tersebut.
  • Kompreskan kentang pada kain di semua area mata.

Anda juga bisa mengiris tipis kentang yang sudah dibersihkan, kemudian tempelkan di area mata. Diamkan dalam waktu 10 hingga 15 menit. Kentang dapat mengatasi pembengkakan mata, mengurangi mata merah, iritasi, dan berbagai penyakit yang disebabkan bakteri atau virus dan belekan. Baca juga: Jenis Penyakit Mata.

6. Memanfaatkan Daun Sirih

Daun sirih merupakan obat herbal yang dapat menangani berbagai macam penyakit. Caranya:

  • Cuci bersih terlebih dahulu daun sirih sampai benar-benar bersih.
  • Cukup pakai lembar daun sirih sebanyak 2 hingga 3 lembar.
  • Kemudian rebus daun sirih dengan air putih, kalau bisa pakailah aqua agar lebih steril.
  • Rebus daun sirih menggunakan air aqua sampai mendidih.
  • Apbila sudah mendidih, angkat, dan dinginkan air rebusan daun sirih.
  • Apabila air rebusan sudah dingin, saring, dan ambil air daun sirih yang sudah disaring.
  • Teteskan rebusan air daun sirih pada mata seperti obat tetes mata.

Atau pun bisa juga dengan merendam mata menggunakan rebusan air daun sirih, kemudian oleskan di area mata. Air rebusan daun sirih dapat digunakan sebagai obat sakit mata merah, mata belekan, mata terkena virus, dan bakteri. Tapi jangan terlalu berlebihan menggunakan air rebusan daun sirih, cukup 3 kali sehari saja jika sakit mata. Baca juga: Cara Mengobati Sakit Mata dengan Cepat.

Sponsors Link

7. Memanfaatkan Madu

Madu memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh, karena mengandung multivitamin yang dapat membuat tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Madu bisa digunakan sebagai obat sakit mata yang mujarab. Penggunaan madu sebagai perawatan mata cukup mudah dan tidak ribet. Sebaiknya gunakan madu murni tanpa campuran air gula. Caranya:

  • Bersihkan terlebih dahulu area mata baik mata kanan dan kiri bisa memakai tisu atau kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air atau bisa menggunakan air hangat.
  • Bersihkan terlebih dahulu, kemudian oleskan madu murni di area mata hingga merata.

Obat sakit mata dengan madu bisa menyembuhkan sakit mata merah, belekan, iritasi, dan efek dari bakteri. Anda bisa menggunakannya 3 kali sehari untuk mengobati sakit mata hingga sembuh. Apabila tidak sembuh, segera berkonsultasi pada dokter spesialis mata. Madu jika dikonsumsi dapat membuat imun tubuh menjadi lebih kuat. Ternyata bermanfaat juga bagi kesehatan mata. Baca juga: Penyakit Mata yang Menular.

8. Memanfaatkan Getah Daun Patikan Kebo

Memanfaatkan getah daun patikan kebo dapat mencegah sakit mata seperti mata belekan, mata bengkak, mata gatal, dan mata iritasi. Caranya:

  • Ambil getahnya di area daun patikan kebo, oleskan di area mata.
  • Pakai ini sebagai terapi selama 2 hingga 3 kali sehari.

Baca juga: Alergi Mata Pada Anak.

9. Memanfaatkan Susu Murni

Susu murni dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh dan obat sakit mata karena iritasi, alergi, dan mata merah. Caranya:

ads
  • Tuangkan saja air susu murni di dalam piring kecil atau di gelas.
  • Gunakan kapas dan celupkan di air susu murni.
  • Kompreskan saja pada bagian mata yang sakit.

Ulangi cara ini hingga beberapa kali sehari karena susu sangat aman bagi kesehatan. Pencegahan sakit mata dapat dilakukan dengan susu murni secara berulang kali karena sangat baik dampaknya. Selain itu juga susu murni dapat menyegarkan kulit apabila digunakan untuk masker atau mencuci muka. Lakukan ini rutin agar tetap sehat. Baca juga: Penyakit Mata Akibat Diabetes.

10. Penggunaan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata yang terbuat dari bahan alami dapat menyembuhkan sakit mata. Tapi pilihlah obat tetes mata yang herbal dan tidak mengandung bahan kimia. Tetes mata dapat meredakan sakit mata, tapi jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata karena bisa justru bisa mengganggu kesehatan mata. Caranya dengan meneteskan pada mata sekali saja, apabila Anda mengalami mata merah, mata gatal, mata belekan, mata iritasi, dan sakit karena bakteri atau virus.

Baca juga:

Nah itulah tadi beberapa cara mengobati sakit mata secara alami. Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata dengan resep atau petunjuk dokter spesialis mata dengan mengikuti petunjuk penggunaan obatnya. Karena jika tidak sesuai anjuran dokter, maka bisa mengganggu penglihatan, peradangan, dan kebutaan. Sebaiknya Anda memilih obat mata dengan resep dokter, dan jangan pilih yang mengandung antibiotik, kortikosteroid atau pemutih karena sangat membahayakan kesehatan mata.

Agar mata tetap sehat, maka Anda bisa menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung Vitamin A lebih tinggi. Makanan yang memberikan kesehatan bagi organ tubuh bisa memberikan nutrisi pada tubuh. Selain itu makanan juga bisa membangun sistem imun bagi tubuh kita.

Selain pencegahan secara alami, cara pencegahan sakit mata bisa dilakukan dengan cara menjaga pola hidup yang sehat. Gaya hidup yang sehat seperti kebiasaan membaca buku dengan posisi yang benar dan tidak terlalu dekat. Jarak monitor atau layar televisi, dan masih banyak lagi. Selain itu, hal yang paling penting ialah menjaga pola makan yang sehat dan tidak sembrono. Misalnya kebiasaan merokok dan minum alkohol yang bisa merusak saraf mata. Apalagi mengkonsumsi zat aditif atau narkoba, tentunya dapat merusak mata juga.

Baca juga:

Pencegahan sakit mata dapat dilakukan secara alami dengan berbagai bahan yang terdapat di alam. Tapi selain itu, cara mencegah yang paling jitu sebenarnya ialah dengan tidak memforsir mata terlalu keras karena dampaknya sangat buruk. Kesalahan banyak orang ialah saat menatap layar monitor dalam waktu yang sangat lama karena   mengganggu kesehatan mata. Zaman yang semakin modern biasanya memungkinkan seseorang untuk bermain gadget hingga larut malam bahkan pagi. Tentu hal ini sangat mengganggu kesehatan mata dan tidak dibenarkan. Apalagi jika posisinya sambil tidur, sehingga dapat mengganggu kesehatan mata.

Kesehatan mata mahal harganya, jika Anda menyia-nyiakan waktu Anda untuk memperlakukan mata dengan cara sembarangan. Cegahlah berbagai penyakit mata yang bisa terjadi sehingga tidak semakin para di kemudian hari. Pastikan Anda tidak memiliki keinginan yang tinggi untuk memforsir mata melalui hobi bermain game, karena ini terbukti cukup membahayakan mata karena sinar radiasinya. Terlebih jika bepergian tidak  memakai kacamata. Tentu ini salah satu faktornya terjadi sakit mata.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan