Sponsors Link

10 Cara Mengurangi Mata Minus yang Sudah Tinggi (Terampuh)

Sponsors Link

Menderita mata minus memang menjadi banyak kendala bagi sebagian orang. Terutama apabila Anda bercita-cita untuk menjadi profesional dalam bidang pekerjaan yang tidak mengizinkan Anda menggunakan kacamata. Penyebab mata minus tidak saja diakibatkan karena faktor keturunan, namun bisa juga bisa karena kurangnya kesadaran seseorang dalam memperhatikan kesehatan mata.

ads

Mata minus yang biasa disebut juga rabun jauh atau miopia adalah kondisi berkurangnya kemampuan seseorang untuk melihat benda-benda yang jauh namun dapat melihat dekat dengan lebih baik. Mata minus merupakan kondisi dimana titik fokus sinar yang dibiaskan oleh kornea dan lensa mata jatuh terletak di depan retina.

Meskipun tingkat penambahan minus mata Anda tidak akan signifikan terjadi apabila Anda sudah beranjak dari umur 20 tahun, namun tetap saja mata minus yang tanpa penanganan akhirnya akan berujung ketidaknyamanan bagi diri Anda sendiri. Memiliki mata sehat sejatinya adalah dambaan setiap orang, namun bagi yang sudah terlanjur terkena penyakit mata minus, berikut ada sepuluh cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi:

1. Memakai Kacatama untuk Mata Minus

Salah satu opsi yang paling umum dilakukan untuk mengurangi mata minus adalah dengan menggunakan kacatama. Fungsi kacamata minus untuk memfokuskan kembali sinar-sinar yang masuk ke mata sehingga berada tepat di retina. Memakai kacamata memang tidak serta merta menjaminkan sebuah kesembuhan bagi Anda para penggunanya.

Tapi setidaknya dengan menggunakan kacamata yang tepat, kenyamanan Anda dalam melihat jauh menjadi bertambah, tidak lagi buram seperti sebelum menggunakan bantuan kacamata. Dengan kemampuan melihat yang lebih jernih ini, secara tidak langsung mata Anda menjadi lebih rileks kala digunakan melihat jauh. Yang pada akhirnya membuat kerja mata menjadi lebih ringan, dan tentu saja akan mengurangi resiko bertambahnya bilangan mata minus Anda.

  1. Hindari Menatap Monitor Terlalu Dekat

Untuk Anda yang diwajibkan berada di depan layar monitor komputer setiap waktu, atau Anda yang gemar berlama-lama dengan gadget Anda, mungkin Anda harus memikirkan sebuah solusi untuk menangkal pengaruh negatif yang dipancarkan oleh layar monitor komputer Anda.

Sinar yang dipancarkan oleh monitor, baik itu komputer, TV ataupun gadget Anda, adalah sinar biru yang tidak baik untuk kesehatan mata. Pengaruh komputer terhadap kesehatan mata akan mengakibatkan mata Anda menjadi kering, cepat lelah dan akhirnya iritasi.

Bagi Anda yang telah mengalami mata minus, ada baiknya mulai sekarang jagalah kesehatan mata Anda dengan selalu berada dalam jarak tatap yang aman saat berada di depan monitor agar mata Anda tidak terlalu ekstra bekerja. Paling tidak Anda harus bisa membatasi jarak baca minimal 40 cm hingga 75 cm dari depan monitor, tergantung ukuran monitor yang Anda gunakan.

Jangan terlalu terpaku melihat monitor saat bekerja, sesekali Anda bisa melakukan refresh mata minimal 30 menit sekali dengan cara mengalihkan pandangan dari monitor Anda dan paksa mata Anda untuk melihat sebuah objek di kejauhan selama 2 menit. Cara ini dinilai ampuh untuk mengurangi ketegangan mata akibat terlalu sering menatap layar komputer.

  1. Hindari Kebiasaan Membaca yang Tidak Tepat

Anda sering membaca sambil tiduran? Ada baiknya Anda segera mengurangi kebiasaan Anda yang tidak tepat itu. Membaca sambil tiduran akan mengakibatkan Anda tidak menyadari untuk memberikan jarak yang cukup antara mata dan buku yang sedang Anda baca. Selain itu, posisi berbaring menyebabkan otot mata tidak releks karena harus menahan beban bola mata yang menghadap ke bawah.

Membaca sambil tiduran juga akan menyebabkan sinar yang jatuh untuk menerangi buku menjadi tidak maksimal, karena sebagian sinar akan terhalang oleh kepala Anda yang menutupi buku. Selain kebiasaan membaca buku sambil tiduran, ada baiknya juga Anda hilangkan pula kebiasaan membaca lain yang tidak tepat. Seperti, membaca dalam mobil yang sedang bergerak, membaca di tempat yang kurang cahaya, membaca yang terlalu lama, atau membaca sambil makan. Jangan sampai hobi Anda menjadi penambah permasalahan yang timbul pada mata Anda.

  1. Hindari Bermain Gadget di Tempat Gelap

Kebiasaan Anda dalam menatap layar terang di tempat yang gelap, bisa di pastikan akan menambah bilangan mata minus Anda. Kebiasaan melihat layar terang dalam kondisi ruangan kurang cahaya akan memaksa mata Anda bekerja 10 kali lebih keras ketimbang saat berada pada lingkungan yang cukup cahaya.

Layar terang pada gadget, dan juga layar monitor lainnya, memancarkan sinar biru. Sinar ini yang dipercaya dapat merusak mata dan menimbulkan berbagai macam kelainan pada penglihatan. Pengaruh gadget terhadap kesehatan mata salah satunya adalah memicu bertambah parahnya kondisi mata minus. Paparan sinar biru yang diterima mata pada kondisi kurangnya cahaya ruangan, berakibat 10 kali lebih merusak daripada pada kondisi cahaya ruangan normal. Bagi Anda yang tidak ingin memperparah minus mata Anda, maka ada baiknya hindari kebiasaan ini.

Sponsors Link

  1. Lepas Kacamata Jika Tidak Diperlukan

Kacamata memang dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi penglihatan Anda. Tapi tahukah Anda, bahwa design kacamata yang Anda gunakan saat ini, dengan mengapitkan kedua gagang penyangga frame kacamata ke daun telinga, dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah di area pelipis kepala Anda?

Jadi, ada baiknya Anda melepaskan kacamata Anda disaat Anda tidak terlalu perlu untuk menggunakannya. Misal saat Anda tidur atau saat sedang mengobrol santai dengan rekan-rekan kerja Anda saat makan siang. Mungkin memang penglihatan jarak jauh Anda sedikit memudar, namun mata Anda menjadi bisa sedikit bernafas. Dan tentu saja mata yang rileks adalah mata yang sehat, mata yang sehat tidak akan bertambah bilangan minusnya.

  1. Pakailah Lensa Kacamata Dengan Proteksi UV

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kacamata minus tidak baik digunakan pada saat matahari sedang terik. Selain paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan rusaknya struktur anatomis organ penglihatan Anda, menggunakan kacamata minus saat sinar matahari terik tentunya sangat menyiksa Anda. Anda tentu ingat bagaimana lensa pembesar dapat membuat api hanya dengan bantuan sinar matahari?

Memakai kacamata minus pada kondisi terpapar langsung oleh sinar matahari yang terik membuat mata minus Anda akan semakin parah. Lensa kacamata minus yang memiliki kemiripan dengan lensa cembung, cenderung mengumpulkan cahaya dan memantulkannya langsung ke mata. Hal ini pastinya sangat berbahaya untuk mata Anda.

Maka dari itu sangat disarankan bila Anda yang bermata minus dengan banyaknya kegiatan diluar ruangan pada siang hari, mulailah menggantinya lensa kacamata biasa Anda dengan lensa yang bisa meredam cahaya matahari dan anti UV. Beberapa lensa kacamata minus sekarang sudah ada yang memiliki fitur dapat “berubah” menjadi kacamata hitam apabila terpapar cahaya terik. Hal ini merupakan cara agar mata minus tidak bertambah.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang dapat menyehatkan tubuh. Kandungan unsur-unsur penting didalam sayuran dan buah-buahan yang diperlukan tubuh Anda akan membuat kinerja organ-organ penting Anda semakin optimal dan terjaga.

Begitu pula dengan mata. Selain Anda perlu melindungi mata Anda dari pengaruh negatif yang datang dari luar tubuh, Anda juga perlu membentengi mata dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting yang diperlukan oleh mata.

Selain wortel yang sudah sejak lama Anda kenal sangat baik untuk mata, sayuran berwarna hijau dipercaya juga sebagai sumber-sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A. Selain itu, bahan-bahan makanan yang berwarna kuning atau orange yang kaya akan beta karoten juga sangat bagus untuk kesehatan mata. Kandungan omega 3 dalam ikan dan kacang-kacangan juga akan membantu mata Anda mendapatkan asupan nutrisi yang tepat untuk menjadi semakin sehat.

Sponsors Link

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan rutin meminum air putih dalam jumlah yang cukup juga berarti Anda peduli pada kesehatan mata Anda. Air merupakan hal penting bagi tubuh Anda, begitu juga untuk mata Anda. Karena mata butuh kelembaban agar tidak dehidrasi dan menjadi kering. Dengan minum air yang cukup, maka akan semakin terjaga kesehatan mata Anda. Mata yang sehat tentunya akan mengakibatkan bilangan minus mata Anda akan semakin berkurang.

  1. Minum Suplemen Vitamin Bila Diperlukan

Anda tidak suka makan sayuran atau buah? Hal ini memang sangat disayangkan, karena banyaknya manfaat dari sayuran dan buah yang baik bagi kesehatan mata Anda. Namun, untuk Anda yang memang tidak gemar makan sayuran dan buah, dan sulit juga untuk membiasakan diri Anda memakan sayur dan buah, Anda bisa mengganti kebutuhan vitamin yang dibutuhkan mata dengan mengkonsumsi vitamin mata terbaik bila diperlukan. Pastikan Anda mengetahui dengan seksama aturan pakainya sebelum Anda mengkonsumsinya. Imbangi pula dengan banyak minum air putih sehingga daya serap vitamin oleh tubuh Anda menjadi lebih optimal.

  1. Mengurangi Mata Minus Secara Medis

Untuk Anda dengan mata minus yang sangat tinggi, dan tidak merasa nyaman dengan menggunakan kacamata yang terlalu tebal, mungkin Anda bisa memilih jalan operasi untuk mengurangi bilangan mata minus Anda. Cara operasi memang telah terbukti mampu mengurangi minus pada mata Anda secara instan dan cepat.

Beberapa tindakan medis yang dapat menjadi pilihan Anda antara lain yaitu dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, seperti dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau melakukan Laser Assisted In situ Interlamelar Keratomilieusis yang lebih dikenal dengan nama operasi lasik. Tentunya biaya yang akan Anda keluarkan tidaklah sedikit. Namun bila dibandingkan dengan kenyamanan yang akan Anda dapati setelahnya, mungkin pilihan operasi bisa jadi adalah pilihan terbaik bagi Anda.

Itulah sepuluh cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi, dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda dan mencegah mata minus Anda semakin parah. Semoga dengan pembahasan di atas membuat Anda semakin sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan mata Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan