Sponsors Link

24 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami dan Mudah

Sponsors Link

Ironis kita sering melihat anak-anak yang masih belia harus memakai kacamata. Meskipun banyak orang mengatakan bahwa kacamata juga salah satu trend di masyarakat umum. Tapi sebenarnya kesehatan mata harus diupayakan terlebih dahulu. Selain gangguan mata seperti minus, plus, silinder, dan lain sebagainya yang banyak menimpa masyarakat Indonesia. Banyak juga pemuda-pemudi yang memiliki kelopak hitam, mata sayu, dan kurang sehat. Padahal mata ialah jendela dunia yang bisa membuat seseorang menjadi lebih cantik atau tampan.

ads

Banyak orang sibuk bekerja sehingga mengabaikan perawatan mata. Sebagian besar orang hanya peduli kesehatan kulit atau rambut saja. Padahal mata juga perlu dirawat secara khusus. Perawatan tidak harus mahal karena bisa dilakukan sehari-hari dengan cara-cara yang alami. Berikut cara menjaga kesehatan mata secara alami, baik dari segi aktivitas, gaya hidup, dan obat herbal:

1. Menggunakan Kacamata Hitam

Ternyata menggunakan kacamata hitam bukan lah hal yang tidak penting. Penggunaan kacamata hitam sangat penting sehingga dapat terhindar dari paparan radiasi matahari yang sangat ganas ketika siang hari. Kacamata hitam dapat menjaga mata ketika berada di luar ruangan, khususnya saat musim panas yaitu sekitar pukul 10.00 hingga 14.00 siang.

Baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Mata.

2. Menggunakan Pelindung dari Sinar Ultra Violet

Ada baiknya Anda menggunakan topi, payung, jaket, atau selendang untuk menutupi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung sehingga tidak menyilaukan mata dan membuat mata menjadi sakit. Ada beberapa penyakit yang diakibatkan oleh adanya sengatan sinar matahari secara langsung dengan mata yaitu brown cataract atau sunshine cataract dan macular degeneration.

Selain itu sangat dianjurkan juga bagi Anda yang memakai alat transportasi mobil untuk menggunakan kaca film. Pastikan juga Anda jangan terlalu lama berjemur di area pantai dan menatap matahari dalam waktu yang lama karena akan sangat menyiksa mata.

Baca juga: Mata Bengkak Pada Anak.

3. Memakai Alat Keamanan Mata di Tempat yang Rawan dengan Allergen

Apabila setiap hari Anda bekerja di area proyek atau industri tertentu yang banyak mengandung allergen sebaiknya menggunakan alat keamanan mata. Allergen ialah debu-debu kasar, uap, dan bahan kimia. Berikut ialah area yang sangat rawan allergen dan dapat mengancam kesehatan mata ialah sebagai berikut:

  • Pekerjaan di area proyek bangunan.
  • Pekerjaan di area pabrik.
  • Pekerjaan rutin menggunakan mesin dan alat berat setiap harinya.
  • Rutin berkendara jarak jauh menggunakan sepeda atau sepeda motor.
  • Rutin melakukan olahraga offroad setiap hari.
  • Pekerjaan di area pertambangan.

Baca juga: Obat Sakit Mata di Apotik.

4. Terus Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Mungkin Anda bertanya, mengapa kita harus menjaga berat badan demi kesehatan mata? Menjaga berat badan memang sangat penting karena resiko terkena penyakit diabetes bisa dikurangi. Diabetes berpengaruh pada kesehatan mata karena bisa mengakibatkan gangguan mata bahkan kebutaan. Baca juga: Penyakit Mata Akibat Diabetes.

5. Rutin Mengkonsumsi Suplemen dan Vitamin

Jika Anda ialah orang yang sering lupa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi, maka Anda bisa menambah nutrisi dengan mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang berguna untuk kesehatan mata. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen. Kandungan yang ada di dalam suplemen dan sangat baik untuk mata seperti; Taurin, Xanthophylly, Ginko BIloba, R – Lipoic, Quercetin, Zinc, Vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin E.

6. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup sangat baik bagi kesehatan mata. Apabila sudah lelah bekerja berat setiap harinya, maka Anda membutuhkan istirahat yang cukup sehingga tubuh bisa kembali rileks dan segar. Saat Anda memiliki waktu tidur yang cukup, maka syaraf penglihatan pun juga bisa  beristirahat.

Sponsors Link

7. Rutin Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Tepat

Sebaiknya Anda mengkonsumsi nutrisi yang tepat bagi tubuh sehingga kesehatan mata bisa tetap terjaga. Beberapa nutrisi penting bagi tubuh ialah seperti; Vitamin A, Lutein, Vitamin C, Omega 3, Zinc, dan Vitamin E. Kandungan nutrisi yang membantu kesehatan mata ialah seperti; sayuran berdaun hijau, telur, Kacang-kacangan, kelompok buah jeruk, dan ikan.

Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Mata.

8. Hindari Merokok

Cara menjaga kesehatan mata secara alami selanjutnya adalah menghindari merokok. Merokok merupakan upaya menghisap racun ke dalam tubuh. Kandungan racun di dalam rokok dapat mengakibatkan penyakit katarak, kerusakan saraf penglihatan, dan degenerasi.

9. Check Up Berkala ke Dokter Mata

Ada baiknya Anda check up rutin ke dokter mata. Ada beberapa penyakit atau gangguan mata yang membutuhkan pertolongan serius dari dokter mata. Mata normal dan sehat pun tetap harus diperiksa secara rutin di dokter mata, terlebih jika sudah berusia lebih dari 40 tahun. Apabila Anda mengalami tanda-tanda mata gatal, pembengkakan, iritasi dan mata merah. Penglihatan bisa menjadi buram, kabur, dan sulit membedakan warna.

10. Jangan Mengucek Mata

Sebaiknya jangan sering mengucek mata karena gatal dan perih karena bisa menimbulkan iritasi yang berbahaya bagi mata. Mengucek mata juga bisa menyebabkan mata memerah, pendarahan, dan iritasi pada mata. Mata pun bisa terasa gatal, sehingga harus diobati dengan tetes mata yang bisa dibeli di toko obat dan mengistirahatkan mata. Baca juga: Penyebab Iritasi Mata Merah.

11. Jaga Jarak Mata dengan Televisi atau Layar Monitor

Agar tidak mengalami gangguan mata seperti minus, plus, silinder, dan lain sebagainya. sebaiknya harus menjaga jarak mata dengan layar monitor dengan ketentuan minimal 30 cm dari layar komputer dan minimal 2 meter dari layar televisi.

Sponsors Link

12. Pakailah Pelindung Layar LCD

Layar komputer dan televisi menggunakan LCD dengan paparan sinar yang bisa mengakibatkan gangguan mata minus, plus, dan silinder. Sebaiknya Anda menggunakan pelindung layar yang secara khusus dapat menjaga layar dari goresan. Pelindung juga bisa melindungi mata agar tidak terjadi radiasi.

Baca juga: Penyakit Mata Akibat Radiasi Hp.

13. Hindari Membaca Sambil Tidur

Anda bisa menghindari gangguan mata dan tetap memiliki mata yang sehat sampai tua, sebaiknya hindari membaca sambil tiduran karena dapat memberikan efek besar pada pembentukan mata silindris.  Silindris juga disebabkan oleh faktor keturunan, tapi terlalu sering membaca sambil tidur juga berpotensi membuat mata menjadi silindris.

14. Hindari Membaca di Ruangan Pencahayaan Kurang

Kebiasaan membaca di ruangan yang pencahayaan kurang dapat membuat mata bekerja lebih keras untuk menyesuaikan kurangnya cahaya di dalam ruangan. Kebiasaan membaca di ruang gelap dapat merusak kinerja mata sehingga dapat menimbulkan mata minus, silindris, dan nyeri. Sebaiknya hindari membaca di tempat gelap dan sebaiknya membaca di dalam ruangan yang pencahayaannya baik untuk membaca.

Baca juga: Penyebab Kebutaan Mata.

15. Rutin Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan berbagai gangguan pada mata dan organ kesehatan tubuh. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara rutin. Makanan yang mengandung vitamin A ialah sebagai berikut:

  • Hati sapi dan hati ayam
  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Ikan makarel

Baca juga: Penyakit Mata yang Menular.

16. Rutin Mengkonsumsi Buah yang Mengandung Vitamin A

Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sebagai kebutuhan vitamin sehari-hari. Buah yang banyak mengandung vitamin A ialah diantaranya melon, tomat, pepaya, mangga dan aprikot. Baca juga: Jus Buah untuk Kesehatan Mata.

ads

17. Rutin Mengkonsumsi Sayuran yang Mengandung Vitamin A

Sayuran merupakan makanan berserat yang sangat dibutuhkan tubuh. Ada baiknya mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A, yaitu diantaranya labu, wortel, ubi jalar, bayam, sawi, dll.

18. Tata Cara Menggunakan Lensa Kontak

Pastikan Anda membersihkan tangan terlebih dahulu dengan sabun sebelum menggunakan atau melepaskan lensa kontak. Pastikan Anda tidak menggunakan atau memasangnya dalam keadaan tangan kotor. Jangan memakai lensa kontak dalam waktu yang lama karena mata bisa menjadi kering, merah, dan terjadi iritasi.

19. Hindari Kebiasaan Minum Alkohol

Pastikan Anda menghindari kebiasaan minum alkohol. Apabila sudah kecanduan, ubahlah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat. Efek meminum alkohol ialah bisa kehilangan penglihatan secara permanen karena merusak saraf optik. Bahkan kebiasaan meminum alkohol bisa menimbulkan lemahnya fungsi otot mata.

Baca juga: Penyakit Mata Chalazion.

20. Bersihkan Riasan Mata dan Kurangi Jika Perlu

Riasan mata merupakan upaya mempercantik diri dalam waktu sementara, padahal riasan mata jika tidak dibersihkan secara tuntas dan langsung dibuat tidur hasilnya akan sangat buruk. Mata bisa menjadi iritasi karena riasan mata yang berlebihan. Riasan mata yang tidak cocok juga bisa membuat area mata terasa gatal, bahkan kelopak mata bisa terlihat hitam.

21. Rutin Melakukan Olahraga Mata

Sebaiknya Anda secara rutin melakukan olahraga mata agar mata yang lelah menjadi segar kembali. caranya ialah sebagai berikut:

  • Gerakkan bola mata ke arah jam 12, kemudian memutarnya hingga searah jarum jam. Kemudian ulangi ke arah sebaliknya.
  • Tahan posisi mata pada arah jam 12, jam 6, jam 9 dan jam 3 dalam waktu sekitar 2 detik. Secara pelan ulangi lagi hingga sebanyak 3 kali.
  • Gerakkan mata ke arah kiri dan kanan secara pelan.

Baca juga: Ciri-ciri Mata BelekanCara Merilekskan mata.

22. Pijat Kepala

Cara menjaga kesehatan mata secara alami berikutnya adalah memijat kepala. Ada baiknya Anda memijat kepala setiap sekali dalam seminggu menggunakan minyak esensial sehingga bisa meningkatkan gelombang beta otak  di bagian depan. Sehingga bisa membantu penglihatan menjadi lebih fokus. Baca juga: Cara Mengobati Sakit Mata dengan Cepat.

23. Mengkonsumsi Cokelat Hitam

Apabila Anda tidak menyukai wortel, maka Anda bisa menggantinya dengan coklat hitam karena bisa dipercaya untuk melindungi mata dari kebutaan karena di dalamnya mengandung flavonoid yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah mata, memperkuat kornea mata, dan retina.

24. Rimbang Daun Sirih

Apabila mata terasa pedih, merah, dan gatal bisa merimbang daun sirih. Daun sirih berkhasiat untuk membunuh kuman yang menyebabkan mata menjadi iritasi. Caranya dengan merebus daun sirih, kemudian airnya digunakan untuk merimbang mata. Baca juga: Manfaat Buah Rimbang untuk Mata.

Kesehatan mata bisa kita upayakan dengan kebiasaan aktivitas, gaya hidup, dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Kesehatan mata merupakan faktor penting dalam kehidupan. Sebab fungsi mata dalam hidup sangatlah vital. Jangan sampai terlambat dan menyesali jika sudah mengalami sakit mata.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup