Sponsors Link

15 Cara Merilekskan Mata yang Lelah Paling Ampuh

Sponsors Link

Pernahkah Anda merasakan mata Anda terasa perih dan berat setelah beraktivitas? Kalau iya, itulah tanda bahwa mata Anda sudah mulai lelah. Mata adalah organ tubuh yang paling sering digunakan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terutama orang yang bekerja di depan komputer. Begitu juga ketika Anda sedang membaca, menonton televisi, atau bermain gadget, semuanya menuntut mata untuk bekerja keras. Akibatnya, mata menjadi cepat pegal dan mengganggu konsentrasi.

ads

Bahkan, sebuah survei menunjukkan 50-90% pegawai kantoran yang bekerja di depan monitor mengalami mata lelah dan gejala gangguan penglihatan lainnya. Selain itu, mata lelah juga dapat disebabkan oleh polusi, penerangan dengan kadar cahaya yang berlebihan, serta pengaruh dari Air Conditioner (AC).

Apabila tidak diatasi, keadaan mata  lelah akan memicu terjadinya gangguan penglihatan seperti terjadinya penyakit mata hipermetropi, penyakit mata astigmatisma, dan lain sebagainya yang akhirnya akan mengganggu produktivitas Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara merilekskan mata untuk mengatasi mata lelah yang dapat Anda coba.

1. Mengompres Mata

Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan ampuh untuk membuat mata Anda terasa nyaman. Gunakan handuk kecil atau tisu dan air dingin, kemudian kompreskan pada mata Anda selama beberapa menit. Selain membuat mata Anda segar dan rileks, hal ini juga akan membuat mata Anda bersih dari debu.

2. Sering Berkedip

Mata lelah sering disebabkan oleh seringnya kita memandangi monitor (baik ponsel maupun komputer) terlalu intens. Hal tersebut membuat mata kita kaku dan berair. Oleh karena itu, sering-seringlah berkedip agar mata Anda dapat beristirahat sejenak. Hal ini juga dapat mengurangi pegal pada mata.

3. Membasuh Mata

Bagi Anda yang beragama Islam, tentu sudah sering membasuh mata melalui berwudu. Membasuh mata ini sangat efektif untuk memberikan efek kesegaran dan menghilangkan mata lelah. Caranya, percikanlah air dingin pada mata Anda dan berkedip-kediplah. Cara tersebut efektif untuk melembabkan mata dan membuat mata Anda rileks kembali.

4. Gunakan Sendok Dingin

Sekilas, Anda mungkin bingung, bagaimana sendok dingin dapat membantu mengatasi mata lelah? Nyatanya, sendok dingin bisa menjadi alat yang ampuh untuk menghilangkan pegal-pegal dari mata Anda. Bagaimana caranya? Ambillah dua buah sendok dan masukan ke freezer. Setelah dirasa cukup dingin, tempelkan sendok tersebut ke kedua mata Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan merasakan sensasi kesegaran dan otot-otot mata Anda akan menjadi kendur.

5. Memanfaatkan Kantong Teh

Selain sebagai minuman, teh juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi mata lelah. Pertama, seduhlah dua kantong teh ke dalam rebusan air. Ketika sudah mendidih, angkat kedua kantong teh tersebut lalu diamkan sampai dingin. Setelah kantong teh dingin, taruh di mata Anda seperti saat sedang mengompres. Kandungan teh dapat membuat mata lelah Anda sirna.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Mata Minus.

6. Memijat Mata

Memijat mata dapat membuat mata Anda menjadi lebih rileks. Sebelum mulai memijat, usapkanlah wajah dengan handuk yang sudah direndam air hangat terlebih dahulu. Kemudian, pijatlah wajah Anda secara perlahan dengan dimulai dari daerah dahi, pelipis, lalu ke tulang pipi. Usahakan jangan mengenai area mata secara langsung karena akan membuat mata Anda perih.

Sponsors Link

7. Metode 20-20-20

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terlalu lama memandangi layar ponsel/komputer akan membuat mata Anda menjadi lelah. Untuk mengatasinya, cobalah metode 20-20-20. Setiap 20 menit, cobalah untuk mengalihkan pandangan Anda dari layar komputer dan pandanglah benda yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama kurang lebih 20 detik. Hal ini berfungsi untuk mengistirahatkan mata lelah Anda. Metode ini sangat bermanfaat bagi Anda yang bekerja di kantor.

8. Menggunakan Mentimun

Memanfaatkan mentimun untuk melakukan perawatan wajah sudah merupakan hal yang lumrah. Mentimun sudah terbukti ampuh untuk membuat mata terasa lebih segar. Siapkan dua irisan tipis mentimun. Kemudian, letakan kedua iris tersebut di mata Anda. Cobalah untuk bersantai dan menikmati sensasi segar dari mentimun selama beberapa menit. Selain menyegarkan mata, mentimun juga dapat mengurangi bengkak atau kantong mata Anda

9. Memakai Susu Murni

Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi susu murni juga ternyata mampu mengatasi mata lelah. Caranya, celupkan kapas ke dalam susu murni dingin. Kemudian, usap-usapkanlah pada sekitar mata, termasuk kelopak mata Anda. Setelah itu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih agar tidak lengket. Kandungan lemak dalam susu murni berkhasiat untuk membuat rileks serta mengurangi risiko iritasi mata. Lakukan ritual ini sekali setiap hari secara rutin agar Anda terhindar dari mata lelah.

10. Air Mawar

Selain susu murni, air mawar juga memiliki banyak manfaat untuk mengatasi mata lelah. Bahan alami ini terutama sangat digemari wanita karena terbukti berkhasiat untuk merawat kulit. Sifat penenang alami yang terdapat pada air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata lelah dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Cara merilekskan mata dengan air mawar pun juga cukup mudah.

ads

Untuk mendapatkan air mawar, tidak perlu mencari bunga mawar sungguhan. Kini sudah tersedia banyak produk kecantikan yang mengandung air mawar di toko terdekat. Menggunakan air mawar untuk merilekskan mata sama dengan ketika menggunakan susu murni. Celupkanlah dua buah kapas ke dalam air mawar, kemudian tempelkan kapas basah tersebut ke kedua mata Anda. Perawatan ini bisa dilakukan sekali hingga dua kali dalam sehari secara rutin.

11. Putih Telur

Bahan alami lainnya yang dapat dijadikan alternatif adalah putih telur. Putih telur memang sering diandalkan untuk merawat kulit karena dapat mencerahkan, mengencangkan, sekaligus menghilangkan komedo secara sempurna. Selain itu, putih telur juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi mata lelah.

Pertama, siapkan putih telur terlebih dahulu. Kemudian putih telur tersebut dapat dikocok terlebih dahulu (opsional). Lalu oleskanlah larutan putih telur tersebut ke area kelopak serta bawah mata. Diamkan kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Selain mata menjadi rileks, kulit Anda juga akan terasa lebih kencang.

12. Irisan Lemon

Pilihan selanjutnya adalah dengan menggunakan irisan lemon. Lemon mempunyai kandungan yang baik untuk mengatasi mata lelah dan tegang. Cara penggunaannya sama dengan mentimun, yaitu iris sebuah jeruk lemon dan irisannya dipakai untuk diusap-usapkan dengan lembut pada area mata. Namun, Anda harus berhati-hati agar air lemon tidak masuk ke mata karena rasanya sangat perih. Pejamkan mata Anda erat-erat ketika Anda sedang mengaplikasikan irisan lemon tersebut.

13. Kentang

Selain mentimun atau irisan lemon, kentang juga dapat digunakan untuk mengobati mata lelah, bahkan bengkak. Bukan hanya sebagai bahan pangan, kentang juga bermanfaat untuk merawat mata. Caranya, tempatkanlah kentang di kulkas hingga dingin, kemudian keluarkan dan parutlah. Kemudian, bungkuslah parutan kentang tersebut dengan menggunakan kain tipis (pastikan kain tersebut dalam keadaan bersih). Setelah itu, pakailah untuk mengompres mata Anda yang lelah. Lakukan metode ini secara rutin selama beberapa hari, maka bengkak pada mata Anda akan hilang.

14. Atur Jarak dan Pencahayaan pada Monitor Anda

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang menghabiskan sebagian besar waktu di depan monitor. Jarak yang terlalu dekat atau cahaya monitor yang terlalu terang tidak hanya akan membuat mata Anda lelah, tetapi juga berisiko merusak penglihatan. Oleh karena itu, sesuaikanlah jarak monitor dan atur pencahayaan monitor sesuai dengan kenyamanan Anda.

15. Istirahat Secukupnya

Tubuh Anda bukanlah robot yang dapat diforsir bekerja terus-menerus, begitu juga mata Anda. Ketika Anda sudah mulai merasa lelah, luangkanlah waktu 5-10 menit untuk beristirahat. Cucilah muka Anda atau lakukan senam kecil-kecilan untuk membuat tubuh dan mata Anda lebih segar. Di waktu istirahat singkat tersebut, cobalah untuk tidak menggunakan gadget agar mata Anda tidak semakin lelah.

Demikianlah cara merilekskan mata yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi mata lelah. Cara tersebut terbukti ampuh dan bebas risiko karena tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya. Namun, hal utama yang harus diingat adalah jangan bekerja di luar batas kemampuan Anda. Semakin keras Anda memaksakan diri, kualitas kerja Anda akan semakin menurun.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Gaya Hidup