Sponsors Link

3 Ciri Ciri Ablasio Retina Dan Penyebabnya

Sponsors Link

Mendeteksi secara dini ciri-ciri ablasio retina sangatlah penting. Disini akan dibahas tentang ciri-ciri dari ablasio retina dan penyebabnya.

ads

Mata merupakan organ lunak yang sangat vital, yang mana jika kita tidak jaga kesehatannya dengan baik, maka tentu akan menimbulkan beberapa penyakit tertentu.

Nah yang akan kita bahas disini adalah tentang salah satu jenis-jenis penyakit mata yaitu ablasio retina. Apa sudah ada yang pernah mendengar penyakit mata yang satu ini ? Jika belum, maka disini akan kita kupas secara tuntas tentang apa itu ablasio retina, ciri-ciri dan juga penyebabnya.

Penyakit mata Ablasio Retina ini adalah suatu keadaan dimana jaringan tipis yang melapisi dinding mata bagian dalam (retina) terlepas dari tempat perlekatannya. Hal tersebut terjadi karena adanya cairan yang masuk pada jaringan yang robek, sehingga lama kelamaan membuat retina terlepas dari tempat dimana ia melekat.

Retina sendiri memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu menangkap dan mengatur objek yang dilihat, yang kemudian akan ditransfer ke otak kita. Yang membuat kita dapat dengan jelas melihat benda-benda yang  ada di sekitar kita.

Dan jika retina ini bermasalah, tentunya akan membuat penglihatan kita terhadap sesuatu menjadi tidak fokus, kabur dan berbayang. Yang jika tidak ditangani dengan segera, maka tentunya bisa menyebabkan penderita kehilangan penglihatannya.

Oleh karena itu perlu bagi kita untuk dapat mendeteksi secara dini ablasio retina, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti disebutkan di atas. Berikut ciri-ciri dari ablasio retina :

Ciri ciri Ablasio Retina

  • Floaters

Suatu kondisi dimana penderita akan melihat benda-benda yang dilihatnya terlihat melayang-layang. Dan floaters ini memiliki variasi dalam ukurannya, ada yang berupa bintik-bintik hitam kecil hingga bayangan yang lebih besar. Dan biasanya timbul saat melihat cahaya yang terang. Hal ini terjadi karena mengkeruhnya bagian vitreus, yang disebabkan adanya darah yang masuk ke bagian vitreus ini. Darah tersebut masuk akibat adanya benturan pada mata yang mengakibatkan perdarahan. Vitreus ini adalah jaringan yang ada di bagian dalam bola mata yang bentuknya seperti gel.

Selain itu floaters juga dapat disebabkan oleh faktor usia. Seiring dengan bertambahnya usia, cairan yang berfungsi untuk menjaga bentuk bola mata bola mata  atau yang biasa disebut vitreus tersebut semakin berkurang elastisitas dan kekenyalannya. Hal ini membuat vitreus lama kelamaan menjadi mengkerut dan akhirnya timbul lah sisa-sisa kotoran (floaters) ini.

Dan beberapa penyebab lain timbulnya floaters, yaitu : rabun dekat (miopi), peradangan pada mata, komplikasi diabetes, infeksi, serta  adanya tumor pada mata.

  • Photopsia/ Flashes (Kilatan Cahaya)

Yaitu suatu keadaan dimana penderita akan melihat sebuah kilatan cahaya di depan matanya. Yang umumnya ditemui pada keadaan cahaya yang kurang dan gelap. Dan pada umumnya, flashes ini tidak disadari keberadaannya, karena tidak adanya keluhan. Namun jika flashes ini dibiarkan menetap dalam jangka waktu yang lama, dapat menjadi penyebab kebutaan mata dan penyebab mata buta mendadak.

Sponsors Link

  • Penurunan Penglihatan

Disini penderita akan merasakan penglihatan atau pandangannya seperti tertutup suatu bayangan hitam gelap, yang semakin lama semakin meluas. Maka pada kondisi seperti inilah, penderita mulai merasakan penurunan pada penglihatannya, yang hal tersebut sangat mengganggu pandangannya. Hal ini terjadi karena adanya kabut tipis yang menghalangi pandangan.

Setelah kita bahas mengenai ciri dari ablasio retina. Sekarang akan kita bahas pula tentang apa saja yang dapat menyebabkan seseorang terkena ablasio retina.

Penyebab Ablasio Retina

  • Komplikasi Diabetes Melitus

Ablasio retina juga termasuk penyakit mata akibat diabetes. Hal ini terjadi karena pada diabetes, kadar gula darah meningkat yang hal tersebut menyebabkan penggumpalan darah pada mata, sehingga menimbulkan peradangan dan sobekan pada retina.

  • Terdapat Tumor Pada Mata

Adanya tumor pada mata berpengaruh terhadap robekan pada retina. Karena hal tersebut menyebabkan pembuluh darah pada mata mendapatkan tekanan dan juga halangan dari sel tumor tersebut.

  • Trauma Pada Mata Karena Benturan Keras

Adanya benturan yang keras pada mata dapat menyebabkan perdarahan mata di bagian dalam. Yang hal tersebut mampu memicu lepasnya retina dari tempat perlekatannya.

Sponsors Link

  • Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia tentunya semakin menurunnya berbagai fungsi organ tubuh, termasuk pada mata.

  • Ada Keluarga yang Pernah Terkena

Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor keturunan merupakan salah satu penyebab seseorang dapat terkena ablasio retina. Jika terdapat ayah, ibu atau saudara yang pernah terkena, maka hal tersebut beresiko 6x lebih tinggi terkena ablasio retina.

  • Pernah Operasi Mata

Seseorang yang pernah menjalani operasi pada matanya, beresiko terkena robekan pada retina nya dan beberapa cedera mata lainnya.

Selain yang telah disebutkan di atas, ada faktor lain penyebab ablasio retina, yaitu: rabun jauh, adanya robekan pada retina, dan peradangan pada mata.

Demikian pembahasan ciri ciri ablasio retina beserta penyebabnya. Semoga bermanfaat.

, , , ,