Sponsors Link

8 Ciri Ciri Pembuluh Darah Mata Pecah Wajib Diketahui

Sponsors Link

Seperti organ tubuh lainnya, mata juga mempunyai pembuluh darah yang fungsinya adalah untuk mengalirkan oksigen dan juga nutrisi ke retina. Dan pembuluh darah pada mata ini bisa pecah tanpa kita sadari. Apakah Anda pernah melihat seseorang yang pecah pembuluh darah mata nya? Seperti apakah ciri-ciri nya ?

ads

Pecahnya pembuluh darah pada mata biasa disebut dengan perdarahan subkonjungtiva, yaitu suatu kondisi dimana terjadinya perdarahan di pembuluh darah konjungtiva. Konjungtiva sendiri merupakan lapisan tipis yang melapisi fungsi sklera pada mata dan biasanya bersifat basah. Di konjungtiva ini banyak terdapat saraf dan juga pembuluh darah kecil yang rapuh. Nah, pembuluh darah inilah yang biasanya mudah pecah, yang mengakibatkan perdarahan subkonjungtiva.

Perdarahan subkonjungtiva ini biasanya terjadi karena adanya tekanan yang berlebihan pada otot-otot mata, trauma akibat terkenal pukul atau lemparan suatu benda, konsumsi obat-obatan tertentu seperti penggunaan aspirin dan beberapa macam antibiotik tertentu, kekurangan vitamin k, pasca operasi mata hingga penyakit-penyakit seperti darah tinggi dan injeksi.

Pada perdarahan subkonjungtiva ini biasanya tidak disadari oleh penderita, karena tidak menimbulkan rasa sakit maupun gangguan pada penglihatan. Perdarahan subkonjungtiva ini mulai  disadari ketika penderita sedang bercermin dan melihat bahwa mata nya sangat merah seperti berdarah. Namun ada juga yang merasakan beberapa keluhan, hal ini jika perdarahan sudah agak meluas.

Apa Saja Sih Ciri Ciri Pembuluh Darah Mata Pecah ?

     1. Mata Sangat Merah Tanpa Disertai Keluhan

Pada penderita awal perdarahan subkonjungtiva ini, biasanya penyebab iritasi mata merah hanya tampak pada sklera mata yang memerah seperti darah dan tipis, namun ada juga yang terlihat berwarna merah tua dan tebal, dan juga tanpa adanya rasa sakit saat terjadinya perdarahan tersebut, namun mungkin Anda akan merasakan mata terasa lebih tebal dan juga mengganjal ketika tertutup. Dan biasanya beberapa orang akan mengalami iritasi ringan, pada perdarahan tingkat lanjut.

     2. Darah Berwarna Merah Segar atau Merah Tua

Perdarahan yang terjadi berwarna merah terang yang jelas dan tajam di sklera. Seluruh bagian sklera kadang ada yang tertutup keseluruhan, namun ada juga yang cuma sebagian saja.

     3. Pusing

Pada perdarahan subkonjungtiva tingkat lanjut, pasien akan merasakan pusing di bagian kepala.

     4. Berair

Gejala lain yang didapat yaitu, mata akan terasa berair.

     5. Lama kelamaan berwarna merah gelap

Awalnya sklera pada mata terlihat berwarna merah cerah dan segar seperti darah. Namun lama kelamaan berwarna agak gelap.

Sponsors Link

     6. Daerah sekitar perdarahan normal

Pada sklera penderita perdarahan subkonjungtiva terlihat memerah dan yang tidak terkena telihat putih dan normal.

      7. Tidak Ada Darah yang Keluar

Dalam perdarahan subkonjungtiva yang terjadi secara spontan, tidak ada darah yang keluar dari mata. Jika Anda menggunakan tisu untuk melihat apakah ada darah yang membekas di tisu tersebut, maka biasanya tidak ada darah yang membekas di tisu tersebut.

      8. Perdarahan Akan Lebih Besar Setelah 24 jam

Dalam 24 jam, perdarahan akan muncul lebih besar dan meluas, yang kemudian akan berkurang ukurannya. Kemudian setelah itu akan berubah warna menjadi kecoklatan dan setelah itu memudar dengan sendirinya.

Sponsors Link

Pada kasus perdarahan subkonjungtiva ini tidak menimbulkan masalah penglihatan dan tidak menimbulkan bahaya dan efek tertentu. Hanya saja mungkin Anda akan sangat terganggu pada tampilan mata Anda yang terlihat sangat merah seperti berdarah.

Kemudian biasanya akan sembuh dengan sendirinya, biasanya dalam waktu satu sampai dua minggu. Proses dan cara menyembuhkan pembuluh darah mata pecah pemulihannya juga biasanya selesai tanpa masalah jangka panjang. Seperti pada kasus luka karena memar, yang pertama-tama akan terlihat darah yang kemudian lama kelamaan kecoklatan dan kemudian mengering dan terkelupas, kemudian akhirnya hilang dengan sendirinya.

Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan obat sakit mata di apotik seperti tetes mata atau air mata buatan, untuk menyejukkan mata. Dan pergilah ke dokter jika perdarahan pada subkonjungtiva Anda disertai dengan tanda-tanda seperti:

  • Nyeri
  • Adanya gangguan penglihatan, seperti penglihatan pada mata menjadi kabur atau ganda atau bahkan sulit melihat.
  • Terdapat riwayat tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Terdapat riwayat kelainan perdarahan

Itulah tadi beberapa informasi seputar ciri ciri pembuluh darah mata pecah yang membuat tampilan dari mata Anda seperti merah berdarah.

, , ,