Sponsors Link

10 Ciri Ciri Retinoblastoma Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Retinoblastoma adalah kanker yang menyerang bagian retina tepatnya dinding mata bagian dalam dan biasanya mengenai anak-anak usia 5 tahun ke bawah tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menyerang orang dewasa. Penyakit ini dapat mengakibatkan kebutaan pada penderitanya bahkan juga dapat mengakibatkan kanker otak. Penyakit langka ini bisa disebabkan oleh gen yang diturunkan oleh orangtua sehingga anak dari penderita retinoblastima memiliki peluang besar untuk menderita retinoblastoma juga.

ads

Saat penyebab penyakit karena gen maka kemungkinan besar akan menyerang kedua mata tetapi jika disebabkan oleh faktor luar maka bisa saja menyerang satu bagian mata. Kanker mata yang ganas ini akan terus membesar dan menembus bola mata serta masuk ke rongga tulang bola mata hingga menonjol keluar. Knker juga dapat menyebar ke organ-organ vital di sekitarnya, seperti tulang, otak melalui syaraf, sumsum tulang belakang, serta kelenjar getah bening. Sebelumnya sudah dijelaskan jika kanker ini pada umumnya menyerang satu mata saja, tapi tidak menutup kemungkinan untuk menyerang kedua mata secara bersamaan.

Jika sudah terjadi hal semacam ini maka angka kesembuhannya sangat kecil, walaupun sembuh biasanya akan menimbulkan kebutaan permanen pada mata yang terkena. Pada stadium berat volume tumor sudah sangat membesar dan dapat menyebabkan kematian. Bisa dilihat jika penyakit ini bukan penyakit biasa, bahkan sangat berbahaya. Daripada mengobati akan jauh lebih baik mencegah, berikut ini kami beritahukan ciri-ciri dari kanker mata yang bisa anda waspadai sebagai tanda munculnya kanker mata yang menghantui kesehatan mata anak anda.

Ciri Ciri Retinoblastoma:

  1. Kemampuan Penglihatan Menurun

Sel kanker menyebabkan sel sehat tidak mampu berfungsi dengan baik sehingga kemampuan penglihatan jadi menurun bahkan makin lama akan semakin parah dan tidak jarang menyebabkan kebutaan. Selain karena sel sehat yang didesak oleh sel kanker mata juga menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Selain itu pada kelopak mata juga akan muncul benjolan yang dapat mempengaruhi penglihatan dan jika sudah parah akan muncul ulserasi benjolan.

  1. Sering Terkena Demam

Sel kanker dapat menyerang sistem imun dan menyebabkannya menjadi turun secara drastis, hal iniah yang menyebabkan tubuh jadi lebih mudah terkena demam. Demam juga dapat disebabkan oeh peradangan dan infeksi yang timbul. Jika anak anda terserang demam daalm waktu yang berdekatan sebaiknya waspadai keadalan anak anda, tidak menutup kemungkinan retinoblastoma tengah menghantuinya.

  1. Merasa Sakit pada Mata

Sel kanker yang parah dan melebar dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang semakin lama semakin parah. Jika anak anda merasa sakit di bagian mata dan munculnya sering atau berulang kali, waspadai kesehatan mata anak anda tidak menutup kemungkinan rasa sakit itu disebabkan oleh sel kanker yang tengah bersemayam dimatanya.

  1. Muncul Pembengkakan pada Mata

Retinoblastoma dapat menyebabkan munculnya benjolan merah yang disertai rasa nyeri dan akan semakin membesar jika tidak segera ditangani serta dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan pada mata.

  1. Muncul gangguan pada mata

Munculnya retinoblastoma juga ditandai dengan ketidakwajaran fungsi mata, seperti tidak teraturnya gerakan bola mata, perubahan warna mata, juling, bola mata seperti ingin keluar, waspadai jika muncul ciri-ciri seperti diatas. Saat mata anak anda sudah terlihat juling artinya kanker ini sudah masuk ke stadium 1 (intra ocula).

Sponsors Link

  1. Tekanan pada Mata

Retinoblastoma membuat penderitanya menjadi lebih mudah lelah dan tegang serta rasa sakit pada mata karena tekanan yang juga bisa menimbulklan rasa sakit di kepala. Akibatnya akan muncul rasa pusing dalam waktu yang lama dan berulang. Saat mata sudah terasa sakit segera waspadai keadaan ini karena itu artinya kanker yang menyerang anak anda sudah masuk ke stadium 2 (glaucomatou).

Gejala lain adalah mata merah mata berulang dan penglihatan yang menurun dibandingkan mata yang lain disertai rasa nyeri pada mata, fase ini disebut stadium 2 (glaucomatou )

  1. Mata Berair dan Perih

Sel kanker yang bersemayam di mata akan menyebabkan mata jadi leih mudah berair serta tidak sedikit cairan yang dikeluarkan dan dapat terjadi tiba-tiba. Disisi lain juga dicirikan dengan mata yang terasa perit serta sulit untuk digerakkan.

  1. Warna mata berbeda

Gejala ini khususnya muncul pada penderita retinoblastoma yang hanya menyerang salah satu mata, bagian mata yang terserang sel kanker akan cenderung menyerupai mata kucing. Tampak warna iris bermacam-macam serta sklera mata terlihat kemerahan. Sama seperti munculnya rasa nyeri mata pada mata, saat mata anak anda sudah terlihat merah dan terjadi secara berulang dan diikuti dengan penglihatan yang menurunn, segera waspadai keadaan ini karena itu artinya kanker yang menyerang anak anda sudah masuk ke stadium 2 (glaucomatou).

Demikian artikel megenai ciri ciri retinoblastoma. Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

, , , , ,
Oleh :