Sponsors Link

Efek Cacar Air Pada Mata

Sponsors Link

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menyerang siapa saja bukan jenis penyakit mata . Sebenarnya cacar air tidak masuk ke dalam jenis penyakit mata melainkan penyakit kulit. Namun kerap kali cacar air menimbulkan bintik berisi cairan dan bisa menyerang pada mata, khususnya pada bagian kelopak mata. Lantas, apa efek cacar air pada mata? Apakah akan sangat membahayakan atau tidak? Untuk lebih mengetahuinya lagi, berikut adalah penjelasannya.

ads

Virus Cacar Air Yang Tersimpan Dalam Mata

Bila seseorang menderita cacar air kemudian gejala bintilnya menyerang mata maka kemungkinan besar virus cacar air tersebut bisa saja tersimpan di dalam mata. Kondisi ini dinamakan herpes zoster merupakan kondisi virus cacar air akan merusak bagian sel saraf serta tidak aktif. Bila virus ini sudah muncul selama bertahun-tahun lamanya lalu muncul lagi dalam bentuk herpes zoster maka bisa mengakibatkan komplikasi khususnya lagi merusak saraf yang ada pada mata.

Kondisi herpes zoster yang menyerang bagian mata dinamaka Herpes Zoster Opthalmicu bukan efek samping operasi katarak. Sehingga sangat dianjurkan untuk penderita bisa melakukan terapi sedini mungkin, bahkan untuk orang sehat pun sebaiknya mengantisipasi sedini mungkin. Ini bukan merupakan  penyakit mata yang menular  namun bisa membahayakan.

Jadi, hampir semua orang biasanya akan mengalami kondisi cacar air ketika mereka masih kecil. Nah, kondisi herpes ini akan melakukan perusakan pada reaktivitas dari virus varisela tersebut yang nantinya akan melibatkan bagian cabang oftalmikan pada saraf pusat otak selain itu biasanya hanya akan menyerang pada satu sisi wajah saja. Namun tidak akan menyebabkan mata berbayang bintik hitam.

Saraf pusat otak sendiri mempunyai kurang lebih 12 cabang, salah satunya adalah yang terhubung langsung pada bagian wajah khususnya di ujung saraf sensoris. Serabut saraf ini juga terhubung pada kulit kelopak mata, hidung serta dahi. Ada juga serabut saraf yang masuk ke dalam kornea mata sehingga kalau infeksi virusnya menyerang kornea maka akan menyebabkan adanya bekas secara permanen.

Kondisi herpes yang disebabkan karena virus cacar air ini juga bisa saja menyebabkan gejala sisa yang berupa parut, berwarna putih sehingga pasien penderita akan semakin mengeluhkan bahwa ia mengalami silau ataupun mengalami gangguan penglihatan lainnya.

Bila penderita melakukan penanganan sejak dinin, kemungkinan besar kondisi herpes yang disebabkan virus cacar air bisa saja sembuh dan juga tidak akan menimbulkan suatu gejala sisa.

Sponsors Link

Sementara untuk bisa memprediksinya, secara medis pun belum bisa diprediksi dengan tepa kapan tepatnya virus tersebut bisa menyerang. Namun bila Anda mengalami benjola kecil dengan isis cairan pada sekitar mata atau kelopak mata kemudian Anda mengalami gejala lainnya, misalnya saja seperti demam, nyeri kepala maka bisa dipastikan virus cacar air tersebut telah berubah menjadi herpes.

Pencegahan

Untuk pencegahan kondisi herpes zoster, sebenarnya sudah cukup dengan memberikan vaksinasi. Meskipun begitu, ternyata kondisi vaksinasi yang diberikan tidak akan memberikan jaminan seseorang terbebas dari virus. Sementara itu, dampak dari vaksinasi sendiri hanya bisa mengurangi resiko yang muncul 2 sampai 3 kali saja terserang herpes zoster serta mengurangi rasa nyeri setelah herpesnya.

Itulah efek cacar air pada mata yang bisa sangat membahayakan. Sebaiknya lakukanlah pencegahan sejak dini agar kondisinya tidak semakin parah. Bila Anda mengalami gejala yang tidak biasa juga sebaiknya periksakanlah diri segera ke dokter. Di samping itu, mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan juga bisa membantu mata tetap dalam keadaan sehat sepanjang waktu.

, ,