Sponsors Link

7 Efek Radiasi Hp Terhadap Mata

Sponsors Link

Handphone mempunyai sebuah gelombang elektromagnetik yang satu jenis dengan radias non ionisasi dan mempunyai level golongan sangat rendah yaitu mempunyai tingkat SAR yang ada di bawah 1,6 watt per kg.

ads

Meskipun gelombang ini dinyatakan masih sangat aman untuk digunakan setiap hari namun jika penggunaannya terus saja dipakai selama seharian maka sinar radiasi yang dipancarkan akan menyebabkan permasalah pada tubuh, khususnya pada inderta penglihatan. Berikut ini adalah 7 efek radiasi hp terhadap mata yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan resiko terkena blepharitis

Jenis penyakit mata blepharitis merupakan gangguan mata yang ditandai dengan adanya kelopak mata memerah dan juga membengkak. Kondisi ini biasanya muncul karena Anda terlalu lama menggunakan hp sehingga akan menyebabkan radiasi hp pada mata yang cukup berbahaya.

Blepharitis juga biasanya akan disebabkan karena faktor penurunan frekuensi kedipan ketika seseorang terus-terusan melihat layar gadgetnya. Saat mata mengalami kekurangan kedipan, maka itu akan memicu keluarnya air mata.

2. Mata kering

Saat Anda terlalu lama menggunakan handphone maka radiasi hp akan menjadi penyebab iritasi mata merah dan gejala mata yang kering. Ini merupakan kondisi yang dinilai sangat tidak nyaman. Jika intensitas penggunaan laptop tidak dikurangi maka mata kering akan semakin parah.

3. Meningkatkan resiko terkena blurry vision

Penyakit mata yang diakibatkan karena radiasi hp selanjutnya adalah blurry vision. Ketika Anda memandangi layar handphone dalam jangan waktu yang cukup lama maka akan membuat otot mata menjadi semakin tegang.

Otot mata yang mengalami tegang ini akan membuat mata tidak bisa fokus dan untuk melihat jarak atau pun objek. Hal inilah yang dinamakan dengan blurry vision atau pandangan mata yang kabur karena radiasi hp.

4. Mengalami kerusakan pada retina

Bagian lainnya yang bisa saja terkena masalah karena efek samping dari radiasi hp pada mata adalah adanya kerusakan pada retina. Paparan langsung radiasi dan juga sinar biru yang ada pada layar hp bisa saja menyebabkan adanya kerusakan pada bagian retina atau terjadi degenerasi macula. Sehingga hal ini akan memicu terjadinya kehilangan penglihatan secara sentral atau kemampuan melihat benda yang ada di depan Anda.

5. Memicu terjadinya katarak

Penyakit mata akibat radiasi Hp selanjutnya adalah katarak. Katarak juga merupakan salah satu penyakit mata cukup berbahaya yang bisa disebakan karena radiasi handphone. Gelombang radio yang akan dipancarkan oleh handphone akan mengakibatkan jaringa pada mata semakin menggelembung yaitu salah satu dari gejala kemunculan katarak. Energi panas yang akan di pancarkan sinar radiasi juga bisa saja membuat penglihatan menjadi lebih buram dan akan salah fokus.

Sponsors Link

6. Memicu terjadinya kangker mata

Pada beberapa kasus yang lebih parah penggunaan handphone yang terlalu lama yang mengakibatkan adanya radiasi handphone maka bisa saja memicu terjadinya kangker mata yang sangat cukup parah dan menjadi  penyebab kebutaan mata.

7. Adanya kerusakan pada siklus tidur secara alami

Sinar biru pada handphone juga akan memicu pada peningkatan produksi melatonin hormone yang akan membantu untuk mengatur siklus tidur Anda. Otak seseorang juga akan mulai memproduksi melatonin saat mereka akan bersiap untuk tidur, namun sayangnya sinar radiasi yang ada di dalam handphone akan mengganggu proses produksi tersebut. Itulah sebabnya siklus tidur secara alami akan sangat terganggu.

Itulah 7 efek radiasi hp terhadap mata yang sangat membahayakan jika digunakan dalam waktu yang cukup lama sehingga intensitas penggunannya harus benar-benar dikurangi. Anda juga bisa mengkonsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata agar bisa semakin menyehatkan mata.

, , , ,